Zohdi, Ahmad (2016) Pengaruh pola asuh orang tua demokratis dan lingkungan sekolah terhadap kemampuan literasi di MI Al Hayatul Islamiyah Kedungkandang Kota Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
14760034.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Kemampuan literasi sangat di pengaruhi oleh pola orang tua dan lingkungan sekolah, sehingga aktivitas yang dilakukan anak dan proses dapat berkesan dalam kehidupan anak apabila dibimbing dan selalu dibantu oleh orang tua. Adapun rumusan masalah penelitian yakni 1) Adakah pengaruh pola asuh orang tua demokrasi terhadap kemampuan literasi siswa?, 2) Adakah pengaruh lingkungan sekolah terhadap kemampuan literasi siswa?, 3) Adakah pengaruh pola asuh orang tua demokratis dan lingkungan sekolah terhadap kemampuan Siswa?. Adapun tujuan penelitian adalah (1) Untuk menjelaskan pengaruh pola asuh orang tua demokrasi terhadap kemampuan literasi siswa. (2) Untuk menjelaskan pengaruh lingkungan sekolah terhadap kemampuan literasi siswa.(3) Untuk menjelaskan pengaruh pola asuh orang tua demokratis dan lingkungan sekolah terhadap kemampuan literasi Siswa.
Adapun penggunaan pada penelitian ini yakni pendekatan kuantitatif, dimana membuat peneliti harus mengikuti suatu pola yang sesuai dengan karakteristik pendekatan kuantitatif, implikasi yang terjadi antara lain pola linear yang terjadi dalam tahap-tahap penelitian. Pola linear ini juga berakibat peneliti harus melakukan tahap demi tahap yang ada di dalam suatu proses penelitian.1) angket 2) Observasi Partisipan, 3) Interview (wawancara), 4) dokumentasi
Adapun kesimpulan yang dapat di peroleh dalam penelitian: 1) Pola asuh orang tua demokratis dapat dikatakan tidak berpengaruh secara parsial terhadap kemampuan literasi siswa di MI Al Hayatul Islamiyah Kedungkandang dengan nilai regresi dengan taraf signifikansi 0.120 yang artinya secara parsial 23,8%. 2) Lingkungan sekolah sangat lebih berpengaruh terhadap kemampuan Literasi Siswa, dibandingkan dengan pola asuh orang tua demokratis yakni dengan nilai regresi dengan taraf signifikansi 0.002 secara parsial lingkungan sekolah terhadap kemampuan literasi siswa sebesar 39,2% 3) Secara simultan dapat diambil kesi pulan bahwa pengaruh pola asuh orang tu demokratis dan lingkungan terhadap kemampuan literasi sangat berpengaruh dengan nilai regresi secara simultan sebesar 65,2%.
ENGLISH:
Literacy is influenced by patterns of parents and the school environment, so that the child's activities undertaken and the process can be effective in a child's life when guided and always assisted by parents. The formulation of the research problem namely 1) Is there any influence of parents' parenting democracy on the literacy skills of students ?, 2) What is the environmental impact of the school on the literacy skills of students ?, 3) Are there any influence of a democratic parenting parents and school environments on the ability of students ?. The objectives of the study are (1) To explain the influence of parents' parenting democracy on the literacy skills of students. (2) To explain the influence of the school environment to the literacy skills of students. (3) To explain the influence of democratic parenting parents and school environment on student literacy skills.
The use in this as for study the quantitative approach, where the researcher should follow a pattern corresponding to the characteristics of a quantitative approach, the implications that occur include linear patterns that occur in the stages of research. The linear pattern also lead researchers to do step by step in a process penelitian.1) questionnaire 2) Participant Observation, 3) Interview (interview), 4) documentation
The conclusions that can be obtained in the study: 1) Pattern foster parent democratic virtually no partial effect on the literacy skills of students in MI Islamiyah Al Hayatul Kedungkandang with the value of regression with a significance level of 0.120, which means partially 23.8%. 2) The school environment is very much affect the ability of Literacy Students, compared with democratic parenting parents that the value of regression with a significance level of 0.002 partially school environment towards the literacy skills of students by 39.2% 3) Simultaneously may be taken whispering gathering that influence tu democratic parenting and the environment against the literacy skills are very influential with simultaneous regression value of 65.2%.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Djakfar, Muhammad and Mahmudi, Zaenul | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Pola Asuh Orang Tua Demokratis; Lingkungan Sekolah; Kemampuan Literasi; Democratic Parenting Parents; School Environment; The Ability of Literacy | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | |||||||||
Depositing User: | Viki Alvionita Dwiningrum | |||||||||
Date Deposited: | 03 Aug 2016 14:07 | |||||||||
Last Modified: | 03 Aug 2016 14:07 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4062 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |