Dinak, Muhammad Robbi (2016) Penerapan transformasi geometri untuk visualisasi objek maya berbasis Android. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09650181.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA:
Perkembangan teknologi di bidang grafika computer begitu pesat. Terbukti dengan banyaknya aplikasi yang menggunakan grafika komputer anatara lain video game, CAD, dan simulator. Grafika komputer sendiri tidak terlepas dari transformasi geometri. Dengan transformasi geometri, suatu objek geometri dapat dipindahkan dan diubah bentuknya. Masalah yang timbul, yaitu bagaimana mengimplementasikan transformasi geometri tersebut ke dalam suatu aplikasi. Transformasi geometri yang dapat dilakukan oleh aplikasi ini berupa translasi, rotasi, dan penskalaan. Selain itu, aplikasi tersebut dapat digunakan dengan mudah oleh pengguna untuk memvisualisasikan objek maya dan mentransformasikannya. Agar menghasilkan suatu aplikasi yang dapat mengimplementasikan transformasi geometri, aplikasi dibuat dengan bahasa pemrograman Android Studio. Library Min3D digunakan untuk menampilkan objek maya yang dibuat dan Android Studio untuk membuat antarmuka pengguna dan fungsi-fungsi transformasi. Sebagai implementasi, aplikasi dibuat dalam bentuk aplikasi Android yang dapat menerapkan transformasi 3 dimensi pada objek geometri. Pengujian dilakukan dengan melihat apakah aplikasi yang dibuat berjalan baik dalam artian dapat divisualisasikan dan ditransformasikan dengan tepat. Hasil yang diperoleh dari pengujian black box memperlihatkan bahwa program secara keseluruhan berjalan dengan baik, walaupun walaupun masih diperlukan beberapa perbaikan dibeberapa bagian.
ENGLISH:
Computer graphics technology grows rapidly. It can be seen by many application that usecomputer graphics such as video game, CAD, and simulator. Computer graphics itselves are notfree from gometric transformation. By goemetric transformation, an geometric object can bemoved and it’s shape can be changed. The problem that appear is how to implement geometrictransformation into an application. Geometric transformations that can be done by the application
are translation, rotation, and scaling. Beside that, the application can be used easily byuser to visualization virtual objects and transform them.In order to produce an application that can implement geometric transformation, theapplication is made by using Android Studio programming language.Min3D library is used toshow virtual objects and Android Studio is used to make user interface and functions oftranformation. As implementation, application is made in an Android form that can do 3 dimensiontransfomation on geometric objects. The testing is performed by seeing whether the application doing well, its means can virtualize objects andtransform correctly. The results coordinates from the black box testing show a whole application doing well,although there is need some slight improvement in some part.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Crysdian, Cahyo and Melani, Roro Inda | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Transformasi Geometri; Visualisasi Objek Maya; Android; Library Min3d; Geometric Transformation; Visualization Virtual Object; Min3D Library | |||||||||
Departement: | Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Teknik Informatika | |||||||||
Depositing User: | Kumala Inayati | |||||||||
Date Deposited: | 03 Aug 2016 10:44 | |||||||||
Last Modified: | 03 Aug 2016 10:44 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4034 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |