Aidiy, Muhammad Azka Ulil (2014) Penerapan metode bimbingan kelompok dalam menghafal Al-Quran di Pondok Pesantren Al- Ma’had An-Nur Bantul Yogyakarta. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10110201.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK
Pada dewasa ini para penghafal al-quran semakin sedikit jumlahnya karena menghafal al-Quran bukanlah hal mudah dan memerlukan waktu yang relatif lama, banyak pondok pesantren yang berlabel menghafal al-Quran semakin lama semakin sedikit jumlah santrinya, padahal dalam hal pemeliharaan al-quran hingga akhir zaman yang telah dijanjikan Allah SWT membutuhkan pihak ketiga atau pihak lain, pihak lain tersebut menurut mayoritas ulama tafsir adalah para Huffazh (penghafal al-Quran), berbeda dengan PonPes An-Nur yang mempunyai metode sendiri dalam menghafal al-quran melalui bimbingan yang dibagi dalam kelompok-kelompok tingkatan, Metode bimbingan kelompok tahfidz ini adalah sebuah metode yang diilhamkan oleh Allah kepada Bapak K.H. Nawawi Abdul Aziz sebagai anugerah dari-Nya, yang dengan metode ini para santri dapat dengan cepat dan mudah dalam menghafalkan Al Qur’an. Dengan metode ini, para santri mampu menghafal satu halamam Al Qur’an dengan baik hanya dalam waktu 25 menit
Adapun tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana proses penerapan metode bimbingan secara kelompok di Pondok Pesantren Al-Ma’had An-Nur Bantul dan untuk mengetahui bagaimana kualitas hafalan para santri yang mengikuti metode bimbingan kelompok ini.
Penelitian yang penulis lakukan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi data analisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan metode bimbingan kelompok yang ada di pondok pesantren an-nur adalah penggabungan antara metode sima’I (mendengar) dan metode jama’(kolektif), yaitu dilakukan secara bersama-sama dan dipimpin oleh seorang istruktur tetapi sebelum itu sang instruktur membacakan terlebih dahulu bacaan yang akan dihafalkan. (2) Tingkat kualitas hafalan santri pondok pesantren an-nur tergolong cukup tinggi tapi tidak bisa dikatakan sangat tinggi atau berkualitas baik, terbukti 49,4 % dari setiap
tingkatan kelas bimbingan yang berhasil lulus tes peringkat, karena menghafalkan al-quran tidaklah semudah membalikkan telapak tangan ditambah lagi bahwa peserta dari bimbingan kelompok tahfidz ini adalah para pelajar MTs dan MA serta Mahasiswa yang punya kesibukan belajar di sekolah dan bangku perkuliahan.
ABSTRACT
Today, quranic students are not much by count, because memorize the Quran is not easy and take a long time is necessary, whereas in the case of saving quran that has been promised by Allah Almighty until the end of time is truly needed a third party or other parties, including people who commit to memorize the Quran (Huffazh), acccording to Master of Tafsir. In this case, an-nur boarding school has a different method to memorize the Quran by guidance group and leveling step by step. This method was introduced by Mister Nawawi Abdul Aziz. By this method, quranic students could memorize the Quran by easily and quickly. In fact, quranic students could memorize one page of Quran with great, only in 25 minutes.
Goal of this research is to knowing how Application of Guidance Group Method in process, at an-nur boarding school, Bantul.
In this research, author uses descriptive qualitative approach with data collection techniques, including observation, interviews, and documentation of data analysis by reducing the irrelevant data, describing the data and take a conclusions.
Results of this research (1) Application of Guidance Group Method at an- nur boarding school is a merger between sima'i method (hearing) and jama’ method (collective), which is carried out together and are led by a instructor. But before that, the instructor read the verses to be memorized first. (2) Quality of quranic students in case to memorize the Quran at an-nur boarding school is quite high but not great or good quality, proved by only 49,4 % of each grade level guidance that successfully pass the test rankings, because memorize the Quran is not easy as look like, especially for Student of Junior High School, Senior High School, and Student of Univercity.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Prabowo, Sugeng Listyo | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Bimbingan Kelompok; Menghafal Al-Qur’an; Guidance Group Method; Memorize the Quran | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 16 Aug 2022 13:56 | ||||||
Last Modified: | 16 Aug 2022 13:56 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/40142 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |