Dewi, Eva Diana (2014) Penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas X di MAN Kota Kediri 3. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10110200.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Dalam keseluruhan proses pendidikan di sekolah, kegiatan belajar mengajar merupakan kegiatan yang paling pokok. Keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan ditentukan oleh proses belajar mengajar yang dialami peserta didik. Peserta didik yang belajar diharapkan mengalami perubahan yang positif dalam pengetahuan, pemahaman, nilai dan sikap. Untuk mewujudkan adanya perubahan- perubahan tersebut, maka diperlukan suasana pembelajaran yang melibatkan keaktifan peserta didik.Salah satu caranya adalah penerapan model pembelajaran yang dapat menjadikan suasana belajar siswa lebih menyenangkan. Dengan menerapkan model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa untuk aktif dalam kegiatan belajar, pencapaian tujuan pembelajaran akan lebih efektif dan prestasi pembelajaran akan lebih nyata hasilnya. Salah satu model pembelajaran yang bisa diterapkan untuk melibatkan partisipasi aktif siswa dalam kegiatan belajar adalah pembelajaran dengan model Team Assisted Individualization (TAI). Dengan menerapkan model pembelajaran ini, diharapkan kualitas pembelaajran meningkat, sebab pada pembelajaran ini keaktifan siswa lebih diutamakan.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menerapkan model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadits kelas X di MAN Kota Kediri 3 (2) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization)pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadits kelas X di MAN Kota Kediri 3. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian PTKkolaboratif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data antara lain:observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan peneliti menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Urutankegiatan penelitian mencakup 4 tahap meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan,(3) pengamatan dan (4) refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadits ada 2 tahap yang di dalamnya meliputi pembagian kelompok, penyajian materi, diskusi kelompok, pengerjaan soal tes individu, dan pemberian reward kelompok dan individu. Penerapnnya sangatlah bagus dan efisien meskipun banyak hambatan yang didapat pada pelaksanaannya, akan tetapi pada hal ini mendapatkan respon yang baik dari siswa. (2) penerapan model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) ini sangat efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa karena dalam model ini siswa terlibat aktif secara langsung, dan siswa menjadi belajar saling menghargai satu sama lain, memiliki rasa peduli dan
bertanggung jawab terhadap teman yang lain, serta materi yang dipelajari oleh siswa lebih cepat dan mudah dipahami karena ada pemeberian soal tes di setiap pembelajaran. Peningkatan prestasi belajar siswa juga terlihat dari persentase hasil peningkatan yang diperoleh, hal ini dibuktikan pada hasil tes pada sebelum diadakannya penelitian, siklus I, siklus II dan siklus III yang prosentasenya mulai dari 78%, 78%, 82% dan 87%.
ABSTRACT
In overall educational process in schools, teaching and learning is the most basic activities. Success in achieving the goal of education is determined by teaching-learning process experienced by learners. The students are expected to be improved in their knowledge, understanding, value, and attitude. To realize the improvement requires learning situation that involves students‟ active participation. One of the ways to involve student‟s participation is applying learning model that create an interesting atmosphere for the students. By applying that model, the goal of learning will be achieved effectively and the learning achievement will be achieved obviously. One model that can be applied to involve student‟s participation is TAI (Team Assisted Individualization) learning model. By applying this model of learning, hopefully the learning quality will be improved because this model prioritizes student‟s active participation.
The purpose of this research is: (1) To apply TAI (Team Assisted Individualization) learning model in improving student achievement at Koran Hadith subject in X grade students of State Islamic Senior high school 3 of Kediri, (2) To improve student achievement by using TAI (Team Assisted Individualization) learning model at Koran Hadith subject in X grade students of State Islamic Senior high school 3 of Kediri.The researcher uses qualitative approach type collaborative classroom action research. The technique used in collecting data is: observation, interview, test, and documentation which are analyzed in descriptive qualitative. The sequence of research includes: (1) planning, (2) implementation, (3) observation, and (4) reflection.
The research resulted: (1) There are two phases in the application of TAI (Team Assisted Individualization) learning model in Koran Hadith subject, including dividing groups, presenting material, group discussion, doing individual test, and giving reward. The application is very good and efficient although there are many obstacles in implementing the model. However, it evokes good responses from the students. (2) The application of TAI (Team Assisted Individualization) learning model is very effective in improving student achievement because by this model, the students are directly participate actively, learning to respect each other, care and responsible to their friends, and also the material learnt by students is easy and fast to be understood because there is a test in every learning process. The improvement of students‟ achievement can also be reviewed from percentage of the result of improvement. It is proven by the result of pre-test, cycle I, cycle II, and cycle III with the percentage: 78%, 78%, 82%, and 87%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nur, Muhamad Amin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Model Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization); Prestasi; dan Al-Qur’an Hadits; TAI (Team Assisted Individualization) learning model; achievement; and Koran Hadith | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 16 Aug 2022 13:56 | ||||||
Last Modified: | 16 Aug 2022 13:56 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/40141 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |