Nurdini, Utami (2014) Penerapan metode Inquiry dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada materi Akidah Akhlak untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 3 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10110198.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan Agama Islam adalah suatu usaha untuk membina dan mengasuh peserta didik agar senantiasa dapat memahami ajaran Islam secara menyeluruh. Dan Pendidikan Agama Islam disekolah dalam pelaksanaannya masih menggunakan metode tradisional sehingga terkadang siswa cenderung malas untuk belajar Pendidikan Agama Islam. Metode Inquiry merupakan salah satu alternatif untuk melakukan perubahan tersebut. Dengan penggunaan metode ini diharapkan membantu melatih siswa untuk lebih peka pada dirinya dan lingkungannya, serta mampu untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk : (1) Mendeskripsikan perencanaan yang dilakukan guru untuk menerapkan metode inquiry dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada materi akidah akhlak untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPS 1 DI SMA NEGERI 3 MALANG, (2) Mendeskripsikan pelaksanaan yang dilakukan guru untuk menerapkan metode inquiry dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada materi akidah akhlak untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPS 1 DI SMA NEGERI 3 MALANG, (3) Mendeskripsikan hasil prestasi belajar siswa terhadap pelaksanaan yang dilakukan guru untuk menerapkan metode inquiry dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada materi akidah akhlak untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPS 1 DI SMA NEGERI 3 MALANG.
Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) jenis kolaboratif. Tahap penelitian ini meliputi kegiatan kegiatan rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik –teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes hasil belajar,dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan, data dilapangan dapat diperoleh gambaran bahwa peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sudah lebih baik/memuaskan. Jumlah nilai rata-rata peningkatan prestasi siswa meningkat yang semula dalam pretest sebesar 70,8, pada siklus I rata-rata 85,3 sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 95,8. Jadi dapat disimpulkan bahwa prestasi siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam meningkat dari pretest sampai siklus II.
ABSTRACT
Islamic religion education is an effort to build and educate the students to understand Islamic concept comprehensively. Meanwhile, most of senior high school Islamic still use traditional method in teaching religion education that makes students lazy to learn it. Inquiry method is one of the alternatives to solve the problem. By applying this method, hopefully the schools can help the students to be sensitive about their educational environment, so that students can improve their achievement in Islamic religion education subject.
The purpose of this research is: (1) To describe teacher‟s plan in applying inquiry method in learning Islamic religion education at faith character to improve XI grade student of Senior high school 3 of Malang achievement, (2) To describe the implementation done by the teachers in applying inquiry method in learning Islamic religion education at faith character to improve XI grade student of Senior high school 3 of Malang achievement (3) To describe the result of students achievement towards the the implementation of inquiry method in learning Islamic religion education at faith character to improve XI grade student of Senior high school 3 of Malang achievement.
To achieve the purposes, this research uses collaborative type of classroom action research. The phases include action planning activities, the implementation of the action, observation and reflection, pos test, and documentation.
Based on the research that has been conducted, the students could improve their achievement in learning Islamic religion education. The average of students‟ score is also improved from 70,8 in pretest, becomes 85,3 in cycle 1 and 95,8 in cycle 2. It can be concluded that student‟s achievement in learning Islamic religion education is improved from pretest until cycle II.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nur, Muhamad Amin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Inquiry; Prestasi; Pendidikan Agama Islam; Inquiry method; achievement; Islamic religion education | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 16 Aug 2022 13:56 | ||||||
Last Modified: | 24 Mar 2023 14:37 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/40140 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |