Khotimah, Husnul (2016) Tinjauan akad ijarah terhadap sistem bisnis SMS Broadcast. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12220141.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Manusia adalah makhluk sosial dimana ia tidak dapat hidup tanpa bantuan dari manusia lain, ia harus mau bekerja sama dengan orang lain untuk dapat tetap hidup. Untuk selalu berkembang dalam bidang ekonomi, dengan memanfaatkan teknologi saat ini adalah kemudahan manusia dalam melakukan kegiatan transaksi serta kreatifitas dengan berbagai ide-ide yang membuat penggunanya mudah dan cepet, Salah satu teknologi bisnes yang bentuk jasa tengah marak di kalangan masyarakat digital, sifatnya adalah memberikan pelayanan jasa kepada pihak yang menggunakan disebut SMS Broadcast.
Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) bagaiaman praktik penyedia Short Message Service Broadcast dengan pengguna jasa Short Message Service Broadcast, dan (2) Bagaimana tinjauan akad ijarah terhadap sistem bisnis SMS Broadcast.Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui praktik antara penyedia short message servicebroadcast dengan pengguna jasa short message servicebroadcast, serta (2) untuk mengetahui tinjauan akad ijarah terhadap bisnis short message service broadcast.
Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian yuridis normatif atau penelitian kepustakaan Sebagai bahan hukum primer . Sedangkan bahan hukum sekunder menggunakan buku-buku, Al-Qur’an, hadits, jurnal dan kitab Al-Fiqhi Ala Al-Madzahib, serta kitabfiqih Islam wa adilatuhu Adapun bahan hukum tersier yang digunakan adalah kamus, yaitu Kamus Ensklopedia.
Hasil dari penelitian ini merupakan jawaban dari rumusan masalah yang diangkat,pertama, adalah tahapan yang harus dilakukan oleh pengguna jasa pada praktik bisnis SMS Broadcast(a) Mengunjungi webnya (b) Mengikuti petunjuk pada iklan SMS Broadcast (c) Mengisi formulir pendaftaran sesuai dengan tarif yang dipilih (d) mengisi form identitas dalam bentuk online (e) Penyeleksian data yang dilakukan oleh pihak penyedia jasa (f) Pengiriman informasi dari penyedia jasa kepada calon pengguna jasa yang berisi mengenai jumlah nominal biaya yang harus ditransfer, nomor rekening yang dituju, jika pihak pengguna jasa melakukan transfer maka terjadilah sebuah perjanjian yang telah disepakati yang melahirkan hak dan kewajiban.Kedua, hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa praktik yang terjadi pada SMS Broadcast dapat dikatagorikan sebagai jenis akad Ijarah jika ditinjau dari definisi, syarat dan rukun ijarah menurut mazhab hanafi.
ENGLISH:
Humans are social beings which could not live without the help of another, it must be willing to cooperate with others in order to stay alive. To always develop in the economic field, by leveraging today's technology is human convenience in conducting transactions and creativity with a variety of ideas that allow users easy and fast, One business technology that forms the service is rampant in the digital society, it is giving services to those who use so-called SMS Broadcast.
The formulation of the problem in this thesis were (1) How can practice with the SMS provider Broadcast SMS Broadcast service users, and (2) Overview of Ijarah to SMS Broadcast business systems. The purpose of this study was (1) to find out how the contract between SMS Broadcast with the provider of SMS Broadcast service users, and (2) to determine how a review of Ijarah to Broadcast SMS business practices.
In this study, researcher used a method normative juridical research or the research literature as the primary legal materials. While the secondary legal materials using books, the Qur'an, hadith, journal and book of Al-Fiqhi Ala Al-Madzahib, as well as the books of Islamic jurisprudence wa adilatuhu The tertiary legal materials used dictionaries, namely encyclopedia Dictionary.
The results of this research was the answer to the statement of problems raised, first, the steps that must be performed by a service user in business practices of SMS Broadcast (a) Visit the web (b) Following the instructions on the advertisement of SMS Broadcast (c) Fill out the registration form in accordance with the Preferred (d) fill in the form of identity in the form of online (e) Selection of the data was performed by the service provider (f) the transmission of information from service providers to prospective service users which contained the nominal amount of costs to be transferred, the destination of account number, if the service user done to transfer it caused an agreed arrangement that created rights and obligations. Second, the results of this study also showed that the practice occurred in SMS Broadcast can be categorized as a type of Ijarah contract if the terms of definitions, terms of Ijarah according to Madzhab Hanafi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hamdan, Ali | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | SMS Broardcast; Akad; Ijarah; Sistem; Bisnis; Fikih Muamlah mazhab Hanafi; Contract; Undan Book; Ijarah; Systems; Business; Muammalah Hanafi Fiqh. | ||||||
Departement: | Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Bisnis Syariah | ||||||
Depositing User: | Viki Alvionita Dwiningrum | ||||||
Date Deposited: | 03 Aug 2016 10:27 | ||||||
Last Modified: | 03 Aug 2016 10:27 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4014 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |