Hidayati, Pipin (2014) Penerapan metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa kelas X IPA 6 SMA Negeri 9 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10110195.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK
Proses pembelajaran saat ini, khususnya Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti masih bersifat konvensional. Kebanyakan guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti menggunakan metode ceramah dan penerapannya masih dirasa kurang efektif dalam pembelajaran sebab guru mendominasi kegiatan pembelajaran. Keadaan seperti itu dimasa sekarang dipandang kurang efektif dalam mengembangkan kemampuan berfikir siswa sebab hal tersebut akan mempengaruhi proses pembelajaran yang berdampak buruk terhadap hasil belajar siswa. Kondisi yang demikian perlu dijadikan bahan pertimbangan untuk merubah paradigma pembelajaran. Guru harus mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dengan menggunakan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa, agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Menjelaskan perencanaan dan penerapan metode pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) dalam meningkatkan hasil belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa Kelas X IPA 6 SMA Negeri 9 Malang, (2). Mengetahui dampak penerapan metode pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) dalam meningkatkan hasil belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa Kelas X IPA 6 SMA Negeri 9 Malang.
Untuk mencapai tujuan di atas. Digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak tiga kali siklus. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri, prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes tulis. Data dianalisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data, dan menarik kesimpulan.
Berdasarkan data empirik dari hasil penelitian, penerapan metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan hasil belajar siswa, menunjukkan bahwa: (1) proses pelaksanaan metode TGT berlangsung sangat baik dan sesuai dengan perencanaan. (2) metode TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes individual yang dilaksanakan pra tindakan, siklus I, siklus II, dan siklus III mengalami peningkatan yang signifikan. Dari 24 siswa yang mampu mencapai standar kelulusan minimal (SKM) pada pra tindakan adalah 7 siswa atau sebesar 29,12%, meningkat menjadi 15 siswa atau sebesar 62,4% pada siklus I. Dan menjadi 20 siswa atau sebesar 83,2% pada siklus II, peningkatan terus berlanjut menjadi 22 siswa atau sebesar 91,52% pada siklus III. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan Hasil Belajar siswa.
ABSTRACT
The learning process at this time, especially Islamic religious education and Manners still conventional in nature. Most teachers of Islamic religious education and Manners using the method of lecture and its application is still considered less effective in learning for teacher learning activities dominate. In such circumstances is now considered less effective in developing students ' thinking ability because it will affect the learning process which badly student learning outcomes. Such conditions need to be consideration for changing the paradigm of learning. Teachers should be able to create an atmosphere of fun learning by using learning methods that can improve student learning outcomes, so that learning objectives can be achieved.
The purpose of this study is to: (1) Explain the application of the method of learning Teams Games Tournaments (TGT) in improving the results of the study subjects in Islamic education and Manners Class X Students IPA 6 SMA Negeri Malang, 9 (2). Knowing the impact of the application of the method of learning Teams Games Tournaments (TGT) in improving the results of the study subjects in Islamic education and Manners Class X Students IPA 6 SMA Negeri Malang 9.
To achieve the above purposes. Qualitative research approach used with this type of research action class that implemented the cycle three times. A key instrument is the researchers themselves, data collection procedures used are observation, interviews, field notes, documentation, and test. Data were analyzed by means of the reduction of irrelevant data, exposing the data, and draw conclusions.
Based on the empirical data from the results of research, the application of the method of learning Teams Games Tournament (TGT) in improving student learning, results indicate that: (1) the process of implementation of the method takes very good TGT and in accordance with the planning. (2) methods can improve learning outcomes TGT students. It can be seen from the results of the individual tests carried out pre action, cycles, the cycle I and cycle II, III experienced a significant increase. Of the 24 students are capable of achieving the minimum passing standard (SKM) on pre action is 7 students or $ 29.12%, increased to 15 students or amounted to 62.4% in cycle I. And be 20 students or of
83,2% in cycle II, the increase continued since to 22 students or of 91,52% in cycle III. This shows that by using the method of learning Teams Games Tournament (TGT) can improve student learning Outcomes.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yasin, Ahmad Fatah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Teams Games Tournament (TGT); Hasil Belajar; Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti; Method of its Teams Games Tournament (TGT); The Results of Learning; the Islamic Religious Education and Manners | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 16 Aug 2022 13:55 | ||||||
Last Modified: | 14 Jun 2023 10:36 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/40135 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |