Tohirowati, Siska (2014) Implementasi pembelajaran kooperatif model Student Team Achievement Division dalam meningkatkan interaksi edukatif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI SMA Negeri 1 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10110185.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah atau madrasah masih menunjukkan berbagai permasalahan yang kurang menyenangkan. Pengajaran pendidikan agama Islam yang masih didominasi dengan hafalan dan metode ceramah. Pembelajaran agama yang berkaitan dengan nilai kurang mendapatkan perhatian yang penuh dari penggelola pendidikan utamanya guru. Hal tersebut menyebabkan muncul sederet respon kritis dari berbagai pihak. Kondisi yang demikian perlu dijadikan bahan pertimbangan untuk merubah paradigma pembelajaran. Guru harus mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dengan menggunakan model-model pembelajaran yang dapat meningkatkan interaksi edukatif siswa, agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.
Bedasarkan permasalahan diatas tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Kooperatif model Student Team Achievement Divison dalam meningkatkan Interaksi Edukatif siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI SMA Negeri 1 Malang, (2). Mendeskripsikan hasil pembelajaran Kooperatif model Student Team Achievement Divison dalam meningkatkan Interaksi Edukatif siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI SMA Negeri 1 Malang.
Untuk mencapai tujuan di atas. Digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak tiga kali siklus. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan tes tulis. Data dianalisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data, dan menarik kesimpulan.
Berdasarkan data empirik dari hasil penelitian, penerapan pembelajaran Kooperatif model Student Team Achievement Divison dalam meningkatkan interaksi edukatif siswa, menunjukkan bahwa: (1) Implementasi pembelajaran Kooperatif model Student Team Achievement Divison berlangsung sangat baik dan sesuai dengan perencanaan dan dalam penerapannya juga diadakan inovasi seperti es breaking, penggunaan media, pemutaran video yang sesuai dengan materi. (2) Implementasi pembelajaran Kooperatif model Student Team Achievement Divison dapat meningkatkan Interaksi Edukatif siswa sebesar 42,86 % pada siklus pertama, 50 % pada siklus kedua, dan 20 % pada siklus ketiga.
ABSTRACT
Learning Islamic Education in schools or madrasah still shows less pleasant issues. Teaching Islamic education is still dominated by rote and lecture method. Learning religion associated with values less get the full attention of penggelola primary education teachers. This causes a series appear critical response from various parties. Such conditions need to be considered to change the paradigm of learning. Teachers should be able to create a fun learning environment using models of learning that can enhance students' educational interaction, so that the goal can be achieved with good learning.
Based on the above problems purpose of this study was to: (1) Describe the implementation of Cooperative Learning Model Student Achievement Team Divison in improving student interaction Educational Subjects Islamic Education Class XI Senior High School Negeri 1 Malang, (2). Cooperative learning models describe the results of the Student Achievement Team Divison in improving student interaction Educational Subjects Islamic Education Class XI Senior High School Negeri 1 Malang.
To achieve the above objectives. Used a qualitative research approach with classroom action research is conducted three times a cycle. Key instrument is the researcher's own, data collection techniques used were observation, interviews, and written tests. Data were analyzed by means of reducing irrelevant data, explained the data, and draw conclusions.
Based on empirical data from the research, the application of Cooperative Learning Model Student Achievement Team Divison in improving student educational interaction, indicate that: (1) Implementation of Cooperative Learning Model Student Achievement Team Divison going very well and in accordance with the planning and implementation are also held in innovations such as ice breaking, use of media, video playback according to the material. (2) Implementation of Cooperative Learning Model Student Team Achievement Educational Divison can increase student interaction by 42.86% in the first cycle, 50% in the second cycle, and 20% in the third cycle.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Fannani, Bakhruddin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pembelajaran Kooperatif; Student Team Achievement Division; Interaksi Edukatif; Cooperative Learning; Student Team Achievement Division; Educational Interaction | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 16 Aug 2022 13:54 | ||||||
Last Modified: | 14 Apr 2023 14:44 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/40127 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |