Rosyidah, Chilmiyatur (2014) Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SMP Yayasan Islam Malik Ibrahim (YIMI) Fullday School Gresik. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10110183.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK
Kepala sekolah merupakan salah satu komponen pendidikan yang paling berperan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Keberhasilan suatu lembaga pendidikan sangat tergantung pada kepala sekolah, karena kepala sekolah mempunyai peranan yang sangat penting dalam mewujudkan Visi dan misi dari lembaga pendidikan yang dipegagnya. Kepala sekolah harus bertanggung jawab terhadap kelancaran dan keberhasilan semua urusan pengaturan dan pengelolaan sekolah secara formal kepada masyarakat yang telah menitipkan anak didiknya. Dan keberhasilan pendidikan pada saat ini, tidak hanya tergantung pada kepala sekolah akan tetapi juga tergantung pada kompetensi pedagogik guru dalam mengelola proses pembelajaran di kelas.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan keadaan kompetensi pedagogik guru di SMP Yimi Fullday School Gresik, (2) mendeskripsikan berbagai upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SMP Yimi Fullday School Gresik, (3) mendeskripsikan faktor apa saja yang mendukung dan menghambat upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SMP Yimi Fullday School Gresik.
Untuk mencapai tujuan di atas.Metode penelitian yang dipakai adalah deskriptif kualitatif. Sedangkan yang menjadi sumber data adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru SMP Yimi, dan kepala TU. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, interview, angket, dan dokumentasi. Sedangkan data mentah yang diperoleh, dianalisis kemudian dilakukan pengecekan keabsahan data. Penulis melakukan pengecekan data dengan cara membandingkan data dari satu sumber akan dibandingkan dengan data yang diperoleh dari sumber lain dengan berbagai teknik dan waktu yang berbeda. Dengan demikian, dapat diperoleh data yang valid.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keadaan kompetensi pedagogik guru di SMP Yimi sudah baik karena guru yang ada disana dalam melaksanakan KBM sudah memanfaatkan media yang ada serta melaksanakan KBM sesuai dengan RPP yang sudah dibuat. Dan upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SMP Yimi yaitu mengikut sertakan guru-guru dalam MGMP dan workshop selain itu kepala sekolah ikut serta membimbing guru dalam membuat PTK dan menyiapkan RPP. Faktor pendukung dan penghambat peningkatkan kompetensi pedagogik guru di SMP Yimi yaitu adanya kesadaran dari guru itu sendiri.
ABSTRACT
Headmaster is an educational component who has big role in improving the quality of education. The success of an educational institution is highly depending on the headmaster who has an important role in realizing vision and mission of the institution. Headmaster has responsibilities to run and to success all of business and arrangements in formal school management for communities who has entrusted their students. Now successful of education not only depends on headmaster but also depends on the pedagogical competence of teacher in managing the learning process in the classroom. Teaching and learning process will run well if the teacher has a basic ability (competence), especially regarding pedagogical competence.
The purposes of this stud yare: (1) to describe the situation of pedagogical competence of the teacher in Yimi Fullday Junior High School Gresik, (2) to describe the efforts undertaken headmaster in improving pedagogical competence of the teacher inYimi Fullday Junior School Gresik, (3) to describe any factors that support and hinder the efforts of headmaster in improving pedagogical competence of the teacher inYimi Fullday Junior High School Gresik.
Indeed to achieve the purpose above, this research use descriptive qualitative method. Whereas, the sources of data are headmaster, curriculum waka, waka student, Junior High School teachers Yimi PAI, and the Head of Administration. In collecting the required data, the authors use the method of observation, interviews, questionnaires, and documentation. While the raw data is collected, next is analyzing and then validating the data. The author checked the data from a single source than compare to other sources with different techniques and different times. So it can be accepted as valid data.
The result of this study shows that the pedagogical competence of teacher in Yimi Junior High School is good because teachers are employing media and applying KBM as in RPP in the learning process. The efforts of the headmaster in improving the pedagogical competence of teacher in Junior High School Yimi, such as involving the teacher in MGMP and workshop. Besides, the headmaster guides the teacher in making a teaching method and preparing lesson plan. Support and hinder factors in improving pedagogical competence of teachers in Yimi Fullday Junior High School is background and awareness of the teacher.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Marno, Marno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kepala Sekolah; Kompetensi Pedagogik Guru; Headmaster; Teacher Pedagogic Competence | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 16 Aug 2022 13:54 | ||||||
Last Modified: | 16 Aug 2022 13:54 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/40126 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |