Jumaatin, Lailatin (2014) Fungsi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Nurul Yaqin Sumberanyar Paiton Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10110173.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Kepemimpinan kepala madrasah yang sesuai yaitu mampu untuk mempengaruhi, mengarahkan, membimbing kepada bawahan dengan cara memperkuat keyakinan, dukungan, dorongan dan kerjasama dalam rangka mencapai sasaran dan tujuan lembaga pendidikan. Dengan judul Fungsi Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTs Nurul Yaqin Sumberanyar Paiton Probolinggo.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami: 1) kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Nurul Yaqin, 2) hambatan- hambatan yang dihadapi oleh Kepala Madrasah sebagai Pemimpin dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTs Nurul Yaqin Sumberanyar Paiton Probolinggo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Lokasi penelitian di MTs Nurul Yaqin Sumberanyar Paiton Probolinggo. Teknik pengumpulan data menggunakan, 1) wawancara terstruktur dan wawancara tidak terstruktur. 2) observasi non partisipasi, dan 3) studi dokumentasi. Analisis data melalui tiga proses yaitu: 1) reduksi data, 2) penyajian data, dan 3) penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data melalui ketekunan pengamatan dan triangulasi sumber dan teori.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa fungsi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Nurul Yaqin adalah bahwasanya kepala madrasah sebagai pemimpin yaitu mengikutsertakan guru- guru dalam penataran. Kepala madrasah sebagai pemimpin juga berperan sebagai supervisi yaitu melakukan kunjungan kelas untuk mengontrol kegiatan belajar mengajar di kelas antara guru dan anak didik di kelas kepala madrasah sebagai pemimpin memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan. Kepala madrasah juga sebagai manajer dan administrator yaitu dalam bekerjasama, berkoordinasi dan perencanaan. Selain itu kepala madrasah sebagai motivator yaitu memberi penghargaan serta kepala madrasah sebagai inovasi yaitu berupa kedisiplinan. Hambatan-hambatan yang dihadapi oleh kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru yaitu adanya kesulitan dalam membimbing dan mencapai harapan ke depan yaitu mengharapkan para guru untuk lebih baik lagi kedepannya.
ABSTRACT
A good leadership of headmaster is able to influence, direct, advice to the underling through strengthen belief, support, encouragement and cooperate to achieve target and purpose institute of education. Under the title the function of headmaster in improving teacher activity at Islamic Junior High School Nurul Yaqin Sumberanyar Paiton Probolinggo.
The purpose of this research is to understand: 1) leadership of headmaster in improving teacher activity at Islamic Junior High School Nurul Yaqin Sumberanyar Paiton Probolinggo, 2) obstacles of headmaster in improving teacher activity at Islamic Junior High School Nurul Yaqin Sumberanyar Paiton Probolinggo
This research used qualitative approach with case study. Research place at MTs Nurul Yaqin Sumberanyar Paiton Probolinggo. Technique of collecting the data, 1) structures interview and not structure. 2) Observation non participant, and 3) documentation study. In analyzing the data used three steps: 1) data reduction, 2) data display, and 3) Conclusion. Validating data used by monitoring and triangulation from the source and theory.
The result of this research show that, the function of headmaster in improving teacher activity at Islamic Junior High School Nurul Yaqin which is the head master as a leader includes the teachers in workshop. The head master as a leader is also being a supervisor to do class visiting for control learning teaching activity between teacher and students in the class. The head master has ability to take the decision. The headmaster has functions to be manager and administrator in coordinating and planning cooperation. Besides, the head master as innovation that is discipline. Obstructions is faced by the head master in improving teachers working is difficulty in lead and achieve expectation to the future that is expect the teachers to be better in the future.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mujab, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kepemimpinan; Kinerja Guru; leadership; teacher’s working | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 16 Aug 2022 13:54 | ||||||
Last Modified: | 16 Aug 2022 13:54 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/40121 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |