Sari, Sri Resmini Lupita (2014) Metode drill dengan media puzzle untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah pada siswa Tunagrahita kelas X SMALB Putra Jaya Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10110171.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Mempelajari kitab suci Al-Qur’an merupakan acuan utama dan pertama dalam pendidikan. Allah SWT telah menjadikan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan semesta alam bukan ditunjukkan untuk satu bangsa tertentu atau kalangan tertentu, tetapi untuk semua tingkatan atau semua golongan manusia. Karena itu Al-Qur’an senantiasa dipelajari oleh setiap muslim, baik laki-laki maupun perempuan, anak-anak maupun dewasa. Mereka berupaya memberikan perhatiannya, mulai dari belajar membaca, mengetahui maknanya dan memahaminya, serta mengaji segala aspek yang berkaitan dengannya. Sebelum belajar membaca Al-Qur’an, bagi pemula wajib hukumnya mempelajari huruf- huruf hijaiyah. Karena huruf hijaiyah adalah huruf-huruf yang dijadikan sebagai dasar mempelajari Al-Qur’an. Tidak menutup kemungkinan bahwa di sekolah- sekolah diajarkan cara membaca huruf hijaiyah, sesuai kurikulum sekolah tersebut. Untuk itu pemilihan metode tertentu akan lebih baik untuk menunjang siswa dalam mempelajari huruf-huruf hijaiyah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan metode drill dengan media puzzle untuk meningkatkan kemampuan menyebutkan huruf-huruf hijaiyah pada siswa tunagrahita kelas X SMALB C Putra Jaya Malang, (2) Mendeskripsikan metode drill dengan media puzzle untuk meningkatkan kemampuan membedakan huruf-huruf hijaiyah pada siswa tunagrahita kelas X SMALB C Putra Jaya Malang, (3) Mendeskripsikan metode drill dengan media Puzzle untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah bagi siswa tunagrahita kelas X di SMALB C Putra Jaya Malang.
Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan penelitian kauntitatif dengan desain penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Urutan kegiatan penelitian ini mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, serta dokumentasi.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Pengunaan metode drill dengan media puzzle ini dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyebutkan huruf-huruf hijaiyah pada siswa tunagrahita kelas X SMALB Putra Jaya Kota Malang. Hal ini dikarenakan materi huruf hijaiyah terus diulang dan ditunjang dengan media puzzle, sehingga siswa lebih mudah dalam menyebutkan huruf hijaiyah, (2) Pengunaan metode drill dengan media puzzle ini dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membedakan huruf-huruf hijaiyah pada siswa tunagrahita kelas X SMALB Putra Jaya Kota Malang. Hal ini dikarenakan dengan metode drill yang ditunjang dengan media puzzle siswa terus dilatih untuk mengulang dalam membaca dan menulis huruf hijaiyah. Sehingga siswa mampu membedakan huruf hijaiyah yang peneliti ajarkan, (3) Pengunaan metode drill dengan media Puzzle ini dapat meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah bagi siswa tunagrahita kelas X di SMALB Putra Jaya Kota Malang. Hal ini dikarenakan dengan metode drill dan media puzzle siswa terus dilatih untuk membaca huruf hijaiyah secara berulang-ulang. Sehingga kemampuan membaca huruf hijaiyah siswa terlatih, dan hal ini memudahkan siswa untuk mengingat huruf hijaiyah yang diajarkan. Hal tersebut terbukti adanya peningkatan disetiap test yang dilakukan oleh peneliti. Perolehan skor pada pre test yaitu 23 dengan prosentase 51,1 % dan standarisasi ketuntasan tidak lancar. Kemudian pada siklus I adalah skor keseluruhan 31 dengan prosentase 68,8% dan dengan standariasi kelancaran sedang. Pada siklus II skor keseluruhan siswa 39 dengan prosentase 86,6 % dan standarisasi kelancaran lancar. Selanjutnya pada siklus III skor keseluruhan siswa 40 dengan prosentasi kelancaran 88,8 % dan standarisasi kelancaran lancar.
ABSTRACT
Study the holy Qur'an is the primary reference and the first point in education. Allah has made the Qur'an as a guidance for mankind and universe. It was not indicated for a specific nation or a specific community, but for all levels or human races. There for, the Qur'an constantly studied by every Muslim, whether male or female, children and adults. They seek to give their attention beginning learning to read, know and understand their meaning, and mengkaji all aspects that related with it. Before learning to read the Qur'an, it was obligatory for the beginners to learn about hijaiyah letters, because hijaiyah are the letters that serve as the basic of studying the holly Qur'an. it can gives some possibelities that schools are taught how to read hijaiyah according to the curriculum of the schools. there for, the selection of a particular method would be better to support students in learning the letters of hijaiyah.
The purpose of this research are : (1) Describe the drill method by media puzzle to improve the students of class X mental retardation SMALB C Jaya Putra Malaysia in reading hijaiyah letters, (2) Describing the drill methode by puzzle media in order to improve the way of students class X mental retardation SMALB C Jaya Putra Malaysia in inflicting the hijaiyah letters, (3) Describing the drill methode by media puzzle to improve hijaiyah reading skills for students of class X mental retardation in Putra Jaya SMALB C Malang.
To achieve the objective of the studies , the research was classified as kauntitatif method with the research design that is Classroom Action Research. The sequence of research activities are includes: (1) planning, (2) implementation, (3) observation and (4) reflection. the technique in collecting data was using the method of observation, interviews, and documentation.
The results showed that, (1) Using the drill method by this puzzle media can improve the ability of students class X mental retardation SMALB Jaya Putra Malang. This is because the material of hijaiyah was repeated and supported by the media puzzle so that, the students are easier mentioning hijaiyah, (2) The use of drill method by puzzle media can improve students' ability to distinguish letters hijaiyah . it happened because the drill method which supported by puzzle media can make students have trained in repeating of reading and writing hijaiyah. So that, the students are able to distinguish hijaiyah which researchers taught, (3) The employing of the drill method by puzzle media can improve the reading ability in hijaiyah letters for students of class X mental retardation in Putra Jaya SMALB Malang. it is because by drill method and puzzle media, the students are trained to read hijaiyah repeatedly until the students' ability in reading hijaiyah to be case harden, and it is ease them to remember hijaiyah letters that taught before. It was proved by the existence of increasing in every test conducted by the researcher. the acquisition of scores at pre-test was 23, with a percentage about 51.1% and standardization was not good enough. Then, in the first cycle is an overall score of 31 with a percentage of 68.8% with medium standarzitation . In the second cycle, all 39 students with the percentage about 86.6% and tse tandardization was fast. Finally, in the third cycle, 40 students whose score was 88.8% had the fast standardization.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Prabowo, Sugeng Listyo | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode drill, Media Puzzle; Membaca Huruf Hijaiyah; dan Tunagrahita; Drill Method; Media Puzzle; Reading Hijaiyah Letters; and Tunagrahita | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 16 Aug 2022 13:54 | ||||||
Last Modified: | 16 Aug 2022 13:54 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/40120 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |