Hasibuan, Uya Mara Azmi (2014) Implementasi metode mentoring dalam menanamkan karakter pada siswa : Studi kasus di Yayasan Nurul Hayat Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10110169.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Kerusakan moral bangsa saat ini tidak lepas dari pengaruh kemajuan zaman yang tidak bisa dikontrol oleh masing-masing individu yang sebagain besarnya masih diusia remaja yang memiliki sifat labil dan sedang mencari jati diri dalam hidupnya. dan akhirnya melakat pada lingkungan yang dapat merusak kepribadian seseorang yang imbasnya akan terbawa kepada kehidupan masa depan. hal ini juga yang menyebabkan tidak dimilikinya karakter atau kepribadian yang baik yang melekat pada diri pelajar sebagai generasi penerus. Karena itu saat ini pemerintah menggalakkan pendidikan karakter pada sistem pendidikannya yang sedang berjalan pada saat ini. namun untuk membentuk karakter seorang pelajar tentu tidaklah muda, karena banyak faktor penghambat yang selalu menghadang, oleh karena itu tentu tidak bisa dilepaskan dari peran pendidikan agama yang mempunyai pengajaran yang kompleks didalamnya.
Sebagai seorang pendidik harus mampu dan menguasai bagaimana cara menyampaikan pegajaran agama agar dapat diterima dan menghasilkan apa yang di inginkan. oleh karena itu Metode Mentoring merupakan sebuah proses interaksi yang didalamnya terdapat transfer knowledge antara seseorang mentor dengan seorang mentee yang dilandasi atas dasar kepercayaan, saling menghargai, dan mengasihi dan mentor memberikan dukungan, dorongan, bimbingan dan semangat yang bertujuan untuk membentuk pentumbuhan, perkembangan, kompetensi dan karakter mentee ke arah yang positif. mentor tidak hanya berperan sebagai seorang pembimbing saja tetapi ia memiliki multi fungsi yaitu selain sebagai seorang guru bagi mentee-nya, juga dapat menjadi seorang pendukung, pendorong, konselor , dan sahabat.
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui secara jelas tentang pelaksanaan metode mentoring dalam menanamkan karakter pada siswa dan Untuk mengetahui sejauh mana dampak metode mentoring dalam menanamkan karakter di Yayasan Nurul Hayat Malang. Peneltian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, melalui tahap-tahap pegumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi yang dilakukan di lapangan. Sedangkan untuk melakukan analisis data peneliti melalui tiga tahapan 1) reduksi data 2) penyajian data dan 3)verifikasi data. Sedangkang untuk keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi yang meliputi; 1) triangulasi data 2) triangulasi metode dan 3) triangulasi sumber.
Hasil penelitian dari penelitian ini diantaranya; Implementasi metode mentoring dalam menanamkan karakter di Yayasan Nurul Hayat Malang. Adapun awal pelaksanaan melalui tiga tahapan, yaitu; (1) tahap kerjasama dengan pihak sekolah, (2) tahap pendataan melalui seleksi, dan (3) tahap bimbingan. Setelah itu, saat pelaksanaan pembimbingan di bagi lagi menjadi tiga tahap yaitu: (1) tahap awal berisi pembukaan, tilawah qur’an, dan hafalan surat pendek. (2) tahap kedua yaitu tahap pertengahan berisi materi, diskusi, Tanya jawab dan qodhoya (problem solving), dan (3) tahap penutupan. Sedangkan Dampak metode Mentoring dalam menanamkan Karakter di Yayasan Nurul Hayat Malang mencakup beberapa aspek yang berimbas pada perkembangan karakter diantaranya; 1) Aspek Psikologis dapat menanamkan karakter Pekererja Keras dan Mandiri 2) Aspek sosial dapat menanamkan karakter Tanggung jawab dan Bersahabat/ komunikatif 3) Aspek spiritual dapat menanamkan karakter Religius serta Jujur dalam prilaku. 4) Aspek Edukasi dapat menanamkan karakter Rasa ingin tahu dan Menghargai sebuah pencapaian prestasi.
ABSTRACT
Moral damages of the nation at this time, can not be separated from the influence of the progress of time which can not be controlled by each individual most of which are still at the age of adolescents who have unstable emotion and are looking for identity in their life and finally embedded in an environment that can damage a person's personality that the impact will carry over to future life. this is also why he did not have a good character or personality attached to the students themselves as the next generation. Because the government is currently promoting character education in the education system which is running at the moment. but to shape the character of a young student is not easy, because many inhibiting factors that are always at hand, therefore, it certainly can not be separated from the role of religious education that have a complex teaching in it.
As an educator, we must be able to master how to convey religious teaching to be acceptede by students asily and get what desired. therefore, the Mentoring method is an interaction process which there is knowledge transfer activity between a mentor and a mentee that is based on trust, mutual respect, and love. mentor with a mentee that is based on trust, mutual respect, and love. And a mentor provide support, encouragement, guidance and the spirit that aim to establish the growth, development, competence and character of the mentee in a positive direction. A mentor not only act as a guide, but also it has a multi- functions, that is as a mentor for his mentee, and also he can be a supporter, counselor, and friend.
The purpose of this research to know clearly about the implementation of mentoring method in building character in students and to know the extent of the impact of mentoring method in building character in Nurul Hayat Foundation of Malang. This study used a qualitative approach with descriptive research, through the stages of data collection by interview, observation and documentation that done in the field. To do data analysis, the researcher through three stages 1) data reduction 2) presentation of data, and 3) verification of data. While for validity of the data done by triangulation techniques which include; 1) triangulation of data 2) triangulation method, and 3) triangulation of sources.
The result of this study are; The implementation of mentoring method of in building character at Nurul Hayat Foundation of Malang. The initial implementation through three stages, namely; (1) stage of cooperation with the school, (2) stage of the data collection through the selection, and (3) guidance phase. After that, the current implementation of the guidance in again divided into three phases, namely: (1) the beginning stage contains an opening, Quran recitations, and memorizing short division. (2) The second stage is the stage mid- containing material, a discussion, question and answer and qodhoya (problem solving), and (3) the closing stages. While the impact of mentoring method in building character at Nurul Hayat Foundation of Malang includes several aspects which impact on the a character development, there are ; 1) Psychological Aspect can build Hard Worker and Independent character 2) The social aspect can build responsibility and Friendly character / communicative 3) The spiritual aspect can build religious and honest character in behavior. 4) Education aspect can build Curiosity character and Respect an achievement.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Prabowo, Sugeng Listyo | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Implementasi Metode Mentoring; Implementation of Mentoring Method | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 16 Aug 2022 13:54 | ||||||
Last Modified: | 16 Aug 2022 13:54 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/40119 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |