Utari, Putri Dian (2014) Peningkatan motivasi belajar pada materi Al-Khulafau Ar-Rasyidun dengan menggunakan strategi Crossword Puzzle siswa kelas VII SMP Wahid Hasyim Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10110164.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK
Permasalahan dalam dunia pendidikan sangatlah kompleks salah satunya dipengaruhi oleh guru. Karena dalam proses pembelajaran guru tidak hanya berperan sebagai model atau teladan bagi siswa yang diajarnya, akan tetapi sebagai pengelola pembelajaran. Seorang guru tidak hanya sekedar pengajar pengetahuan atau keterampilan-keterampilan tetapi juga harus berusaha menciptakan lingkungan yang memotivasi belajar. Pelajaran PAI pada materi Al- Khulafau Ar-Rasyidun siswa hanya dijelaskan yang ada dalam buku saja. Ada banyak strategi pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru salah satunya strategi Crossword Puzzle. Strategi Crossword Puzzle ini dapat membantu peserta didik untuk mudah mengingat, dan strategi Crossword Puzzle ini digunakan untuk menyusun tes peninjauan kembali dalam bentuk teka-teki silang, startegi ini dapat mengundang minat dan partisipasi peserta didik dalam pembelajaran.
Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan penggunaan strategi Crossword Puzzle dalam meningkatkan motivasi belajar pada materi Al-Khulafau Ar-Rasyidun siswa kelas VII SMP Wahid Hasyim. (2) Bagaimana peningkatan motivasi belajar dengan menggunakan strategi Crossword Puzzle.
Penelitian ini bertempat di SMP Wahid Hasyim Malang, dengan menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Tahapan penelitian ini dilakukan dengan 4 tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Sedangkan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini adalah satu kelas, yaitu siswa kelas VII C SMP Wahid Hasyim Malang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi Crossword Puzzle. (1) pelaksanaan pembelajaran PAI pada materi Al- Khulafau Ar-Rasyidun dengan menggunakan strategi Crossword Puzzle dilaksanakan selama 2 siklus, setiap siklusnya dilaksanakan selama 2 kali pertemuan (4 JP). Pada siklus pertama materi yang diajarkan adalah pada masa khalifah Umar bin Khattab sedangkan pada siklus kedua materi yang diajarkan adalah pada masa khalifah Usman bin affan dan Abu Bakar As-Sidiq dan masing- masing siklus menggunakan strategi Crossword Puzzle. (2) peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan strategi Crossword Puzzle adalah sebelum tindakan dengan siklus I persentasenya 23,5%, peningkatan motivasi antara siklus I dengan siklus II persentasenya 37,6%, dan peningkatan motivasi antara sebelum tindakan dengan siklus II persentasenya 70%.
ABSTRACT
Problems in education are complex, one of which is influenced by the teacher. Because the teacher in the learning process not only serves as a model or example for the students he teaches, but as the manager of learning. A teacher is not just teaching knowledge or skills but should also strive to create an environment that motivates learning. PAI lesson on the material of Al-Ar- Rasyidun Khulafau students only described in the book alone. There are many learning strategies that can be used by one teacher strategies Crossword Puzzle. Crossword Puzzle Strategy can help learners to easily remember, and Crossword Puzzle strategy was used to prepare a review of the test in the form of a crossword puzzle, this strategy may invite the interest and participation of learners in learning.
The research problem is: (1) How to use the strategy implementation Crossword Puzzle in increasing motivation to learn the material Khulafau Al-Ar- Rasyidun junior class VII Wahid Hasyim. (2) How does an increase in motivation to learn to use strategies Crossword Puzzle.
This study took place in the junior Wahid Hasyim Malang, using the kind of Classroom Action Research (CAR), using a qualitative approach. Stages of the research was conducted with four stages, namely: (1) planning, (2) implementation, (3) observation, and (4) reflection. While collecting data using observation, interview and documentation. Source data from this study is one class, namely the class VII C SMP Wahid Hasyim Malang.
The results showed that learning by using strategies Crossword Puzzle. (1) the implementation of learning the material PAI Khulafau Al-Ar-Rasyidun Crossword Puzzle using the strategies implemented for 2 cycles, each cycle was carried out for 2 sessions (4 JP). In the first cycle of the material that is taught during Caliph Umar bin Khattab while in the second cycle of the material that is taught during Caliph Uthman and Abu Bakr As-Sidiq and each cycle using strategies Crossword Puzzle. (2) increasing the students' motivation to use strategies Crossword Puzzle is before the first cycle of action with the percentage of 23.5%, an increase in motivation between the first cycle to the second cycle percentage is 37.6%, and an increase in motivation between the prior act of the second cycle percentage 70% .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Fitriah, Nurlaeli | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Motivasi Belajar; Al-Khulafau Ar-Rasyidun; Crossword Puzzle; Motivation; Al-Ar-Rasyidun Khulafau; Crossword Puzzles | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2022 10:49 | ||||||
Last Modified: | 11 Aug 2022 10:49 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/40115 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |