Dwilaksono, Erry Fujo (2014) Telaah buku ajar PAI SMP kelas VII berdasarkan kurikulum 2013. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10110160.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Berdasarkan peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 71 tahun 2013 tentang buku teks pelajaran dan buku panduan guru untuk Pendidikan Dasar dan Menengah Menetapkan Buku Teks Pelajaran sebagai buku siswa yang layak digunakan dalam pembelajaran. Buku disebut berkualitas untuk meningkatkan pendidikan jika isi/ materi buku ajar tersebut relevan dengan tuntutan kurikulum, harus relevan dengan kompetensi yang harus dimiliki lulusan pendidikan tertentu dan harus relevan dengan tingkat perkembangan dan karakteristik siswa yang akan menggunakan buku ajar tersebut.
Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan bahan ajar PAI dalam buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas VII dilihat dari aspek kesesuaiannya dengan SKL, KI, dan KD yang terumuskan dalam kurikulum 2013. Mendeskripsikan Bagaimana bahan ajar PAI dalam buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas VII dilihat dari penerapan pendekatan scientific. Mendeskripsikan bahan ajar PAI dalam buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas VII dilihat dari penerapan penilaian autentik.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian studi dokumentasi atau biasa disebut dengan library research, teknik penelitian dengan mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan berbagi macam materi yang terdapat dalam kepustakaan dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif karena dalam penelitian ini peneliti mendeskripsikan atau menganalisis buku ajar, semua disajikan dengan apa adanya tanpa menambah dan mengurangi data yang ada dalam buku. Adapun buku yang dijadikan sebagai objek penelitian adalah buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII Kurikulum 2013 yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas VII dilihat dari aspek SKL, KI, dan KD yang terumuskan dalam kurikulum 2013 telah sesuai dengan bahan ajar yang disajikan. (2) Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas VII belum sepenuhnya menerapkan pendekatan scientific dalam bahan ajar PAI yang disajikan. (3) Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas VII menerapkan penilaian autentik dalam bahan ajar yang disajikan.
ABSTRACT
Based on the regulation of the Minister of Education and Culture of the Republic of Indonesia Number 71 of 2013 on textbooks and teachers' guidebooks for Primary and Secondary Education Setting Textbooks as students eligible books used in teaching . The book is called to improve the quality of education if the content / the textbook material relevant to the demands of the curriculum , should be relevant to the competencies required of graduates of certain education level and should be relevant to the development and characteristics of students who will be using the textbook .
The purpose of the implementation of this study was to describe the teaching material in a book PAI Islamic Education and Manners of Junior Class VII seen from the aspect of compliance with SKL , KI , and KD are formulated in the curriculum in 2013 . Describe How PAI teaching materials in the books of Islamic Education and Manners of Junior Class VII seen from the application of a scientific approach . Describe the teaching material in a book PAI, Islamic Education and Manners of Junior Class VII application of authentic assessment .
This study is included in the technical documentation, that the research study research by collecting data and sharing of information with the help of the material contained in the literature and documentation . In this study, researchers used a qualitative descriptive approach because in this study the researchers describe or analyze textbooks , all presented with as it is without adding and subtracting the data contained in the book . The books that serve as the object of research is textbooks Islamic Education and Manners of Junior Class VII Grade Curriculum 2013 issued by the Ministry of Education and Culture of the Republic of Indonesia.
This study can be summarized as follows : ( 1 ) The book of Islamic Education and Manners of Junior Class VII from the aspects SKL , KI , and KD are formulated in accordance with the 2013 curriculum teaching materials are presented . ( 2 ) Books Islamic Education and Manners of Junior Class VII not fully implement the scientific approach in teaching materials PAI presented . ( 3 ) The book of Islamic Education and Manners of Junior Class VII implement authentic assessment in teaching materials are presented .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimunah, Siti Annijat | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Telaah Buku Ajar PAI SMP Kelas VII; Kurikulum 2013; Assessing Textbook PAI junior Class VII; Curriculum 2013 | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2022 10:49 | ||||||
Last Modified: | 11 Aug 2022 10:49 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/40111 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |