Halimah, Laila Nur (2014) Implementasi pengembangan modul pembelajaran baca tulis Al-Qur’an berbasis rekreatif untuk siswa kelas 2 di MI Sunan Giri Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10110158.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pengembangan modul pembelajaran baca tulis Al-Qur’an berbasis rekreatif untuk Siswa Kelas 2 di MI Sunan Giri ini didasarkan pada kenyataan bahwa belum tersedianya suatu modul pembelajaran yang berbasis rekreatif. Hasil pengembangan ini dimaksudkan untuk dapat memenuhi tersedianya modul pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga dengan siswa termotivasi dalam belajar akan berdampak pada hasil belajarnya.
Dalam pengembangan ini, pengembang mengadopsi model pengembangan Borg dan Gall (1983), yaitu (1) Analisis Kebutuhan (2) Pengembangan Produk (3) Penyusunan Prototype Modul Pembelajaran (4) Uji Coba (5) Revisi Produk, dan (6) Hasil Akhir.
Hasil akhir dari kegiatan pengembangan ini adalah “ Modul Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Berbasis Rekreatif Untuk Siswa Kelas 2 terdiri dari (1) Buku Pegangan Siswa dan (2) Buku pegangan Guru. Produk pengembangan ini diuji cobakan melalui beberapa tahap secara berurutan yakni (1) Uji Coba ahli yang terdiri dari (a) Ahli Materi (b) Ahli Desain/Media, (2) Uji coba perorangan (3) Uji coba kelompok kecil (4) Uji coba lapangan kepada guru AL-Qur’an dan siswa- siswi Kelas 2 di MI Sunan Giri.
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan kepada guru al Qur’an hendaknya produk bahan ajar yang dihasilkan ini dapat ditindak lanjuti dalam kegiatan pasca pengembangan dengan menggunakan Modul Pembelajaran Baca Tulis Al Qur’an Berbasis Rekreatif untuk Siswa Kelas 2 dalam pembelajaran baca tulis Al Qur’an. Bagi pengembang berikutnya, diharapkan dapat melakukan uji coba dengan subyek yang lebih besar dan waktu pembelajaran yang lebih lama untuk mendapatkan tingkat kemerakinan dan keefektifan bahan ajar yang lebih
baik.
ABSTRACT
The development of literacy learning module Qur'an based recreation for students in Grades 2 Giri MI is based on the fact that the unavailability of a learning module based recreation.
The result of this development is intended to meet the availability of learning modules which can increase students' motivation so that the students are motivated to learn will have an impact on learning outcomes In this development , the developers adopted a development model Borg and Gall (1983 ) , namely ( 1 ) Requirements Analysis ( 2 ) Product Development ( 3 ) Preparation of Prototype Learning Module ( 4 ) Trials ( 5 ) Revised Product , and ( 6 ) Final Results .
The end result of this development activity is " Literacy Learning Module Based Qur'an recreational For Students Class 2 consists of ( 1 ) Student Handbook and ( 2 ) Teachers Handbook . This development of products tested through several stages in sequence ie ( 1 ) Trial of experts consisting of ( a) Content Experts ( b ) Expert Design / Media , ( 2 ) individual trials ( 3 ) small group trial ( 4 ) Test try field Qur'aan teacher and the students in the Class 2 MI Sunan Giri
Based on these results, it can be suggested to Koranic teachers should be teaching materials produced products can be followed up in the post- development activities using Learning Module Based Literacy Qur'an Class 2 recreation for students learning to read and write in the Qur ' 's. For the next developer , is expected to conduct trials with subjects that are larger and longer learning time to get the level and effectiveness of teaching materials interesting better .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Asrori, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengembangan; Modul; Baca Tulis Al-Qur’an; Siswa kelas 2; Rekreatif; Development; Modules; Read Write Qur'an; Grade 2; recreational | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2022 10:49 | ||||||
Last Modified: | 11 Aug 2022 10:49 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/40107 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |