Subiyarto, Nudin (2014) Pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran PAI studi di SMP Bahrul Maghfiroh Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
06110204.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA
Dalam penyelenggaraan pendidikan guru adalah salah satu faktor yang menentukan berhasilnya proses belajar mengajar tersebut, oleh sebab itu guru harus memiliki kompetensi untuk mengorganisasikan ide-ide yang dikembangkan dikalangan peserta didiknya, baik itu kompetensi profesional, pedagogik, sosial, dan pribadi, sehingga indikator pencapaian tujuan pendidikan berupa peningkatan prestasi belajar siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan ada tidaknya pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran pendidikan agama islam pada siswa kelas VII dan VIII SMP Bahrul Maghfiroh Malang, untuk menjelaskan ada tidaknya pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran pendidikan agama islam kelas VII dan VIII SMP Bahrul Maghfiroh Malang.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan explanotory (penelitian menjelaskan) yaitu penelitian menjelaskan hubungan kausal antar variabel-variabel penelitian melalui pengujian hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. Dalam penelitian ini instrumen utama yang digunakan adalah angket untuk mengukur kompetensi pedagogik guru dan dokumentasi untuk mengungkap prestasi belajar siswa. Adapun data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana.
Dari Hasil penelitian yang diperoleh bahwasannya Hasil dari analisis regresi linier sederhana diperoleh t hitung sebesar 8.106 sedangkan t tabel 1,671. Dikarenakan t tabel lebih kecil dari t hitung (1,671 < 8.106) dan nilai signifikansi 0.000 lebih kecil dari 0,05 jadi Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan penjelasan uji t tersebut, maka dapat di ketahui bahwa ada pengaruh positif yang signifikan antara variabel kompetensi pedadogik guru PAI (X) terhadap variabel prestasi belajar (Y) dari hasil penelitian ini diharapkan bagi semua pihak yang terkait dapat menjadikannya sebagai masukan dan sumber-sumber informasi yang bermanfaat dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan.
ENGLISH
In teacher education is one of the factors that determine the success of the learning process, therefore the teacher must have the competence to organize the ideas that developed among learners, be it professional competence, pedagogical, social, and personal, so that indicators of achievement goals education by increasing student achievemen.
The purpose of this study was to clarify whether there is influence pedagogical competence of teachers on student achievement Islamic religious education subjects in class VII and VIII SMP Bahrul Maghfiroh Malang, to clarify whether there is influence pedagogical competence of teachers on student achievement subjects of Islamic religious education class VII and VIII SMP Bahrul Maghfiroh Malang.
The research approach used in this study is a quantitative research approach explanotory (explaining research) is research to explain the causal relationship between the variables of research by testing hypotheses that have been formulated previously. In this research, the main instrument used was a questionnaire to measure teachers' pedagogical competence and documentation to uncover student achievement. The data used is a simple linear regression analysis.
The results obtained from that Results of simple linear regression analysis obtained t count of 8,106 while the t table 1.671. Due to smaller than t table t (1.671 <8,106) and 0.000 significance value less than 0.05 so Ho is rejected and Ha accepted. Based on the explanation of the t test, it can be in the know that there is a significant positive effect between teachers' competency variable pedagogic PAI (X) to the achievement variable (Y) of the results of this study are expected for all parties concerned can make it as input and resources useful information in order to improve the quality of education.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhdi, A | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kompetensi Pedagogik Guru; Prestasi Belajar; Teacher Pedagogic Competence; Learning Achievement. | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2022 10:49 | ||||||
Last Modified: | 11 Aug 2022 10:49 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/40105 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |