Salim, Badi' Mambauddin (2014) Metode pembelajaran membaca dan menghafal Al-Qur’an pada anak usia dini di Pondok Pesantren TK Al-Qur’an Mamba’ul Hisan Kanigoro Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10110156.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (90MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Al-Qur’an diturunkan ke bumi sebagai pedoman umat manusia dalam menjalani hidup. Wajib bagi kita untuk menjaga Al-Qur’an dengan cara mempelajari dan kemudian mengamalkannya. Tidak ada tuntutan usia dalam belajar Al-Qur’an, namun yang paling tepat adalah dimulai sejak usia dini. Usia dini merupakan masa golden age untuk belajar dan waktu yang tepat untuk memberikan pondasi Islam dalam mencetak anak menjadi generasi yang Qur’any. Dalam memberikan pengajaran kepada anak usia dini diperlukan sebuah metode yang tepat supaya proses pembelajaran bisa berjalan dengan baik dan tercapainya tujuan dari pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan bagaimana penerapan metode dalam pembelajaran membaca dan menghafal Al-Qur’an pada anak usia dini, (2) mengetahui kelebihan dan kekurangan metode yang digunakan dalam pembelajaran membaca dan menghafal Al-Qur’an pada anak usia dini.
Untuk mencapai tujuan dalam penelitian, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif, di mana data dianalisis dengan cara mereduksi data yang kurang relevan, kemudian memaparkan data, dan menarik kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa: (1) penerapan metode pembelajaran membaca di pondok pesantren ini sebagaimana yang telah tercantum dalam tahapan-tahapan pada metode salafiyah dan penerapan metode pembelajaran menghafal yang dilakukan oleh santri di pondok ini sesuai dengan tahapan-tahapan yang ada pada metode wahdah dengan dibimbing oleh ustadz, (2) adapun kelebihan dan kekurangan metode salafiyah yaitu: (a) kelebihannya: cukup tepat untuk anak usia dini, memudahkan para pengasuh dalam menerapkan dan dengan metode ini dapat mengontrol tingkah laku santri saat proses pembelajaran; (b) kekurangannya: kurang inovatif dalam mengembangkan metode dan dirasakan sedikit membosankan bagi santri. Untuk kelebihan dan kekurangan metode menghafalnya sebagai berikut: (a) kelebihan: cukup efektif untuk anak usia dini, mempermudah ustadz dalam membenarkan hafalan, dan dengan metode ini hafalan anak akan kuat; (b) kekurangan: tidak adanya manajemen waktu dan kurangnya motivasi yang diberikan.
ABSTRACT
Qur'an was revealed to the earth as a guide of mankind in life. Mandatory for us to keep the Qur'an in a way of learning and practicing on it. There is no certainty of age in learning the Quran, but the most appropriate is started at an early age. Early age is a golden age for learning and the proper time to provide the foundation of Islam in forming children to become Qur'any generation. In teaching early childhood required a proper method so that the learning process can be implemented well and the achievement of learning objectives.
The purpose of this study was to: ( 1 ) Describe how the application of the method of learning to read and memorize the Quran in early childhood, ( 2 ) Know the advantages and disadvantages of the methods used in learning to read and memorize the Quran in children an early age.
To achieve the research objectives, data collection is done by using the method of observation, interview, and documentation. The approach in this research is descriptive qualitative approach, in which the data were analyzed by reducing irrelevant data, and then introduces the data, and draw the conclusions.
The results of this study can be seen as follows: ( 1 ) The application of learning method to read at this boarding school as has been stated in the stages of the method and application of Salafiyah learning method and application of memorizing method that conducted by the students at this lodge in accordance with the stages that exist in Wahdah method guided by teachers, ( 2 ) As for the advantages and disadvantages of the method Salafiyah that were: ( a) Advantages: quite appropriate for early childhood, make it easier for caregivers to implement and this method can control the behavior of the students during the learning process; ( b ) Disadvantages: less innovative in developing methods and felt a little boring for students. Advantages and disadvantages to memorize the following methods: ( a ) Advantages: quite effective for early childhood, the chaplain justify facilitate memorization and rote child with this method will be strong; ( b ) disadvantages: lack of time management and lack of motivation are given.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Marno, Marno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Pembelajaran; Membaca Al-Qur’an; Menghafal Al-Qur’an; Anak Usia Dini ; Method of Learning; Reading Quran; Memorizing the Qura; Early Childhood | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2022 10:49 | ||||||
Last Modified: | 11 Aug 2022 10:49 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/40104 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |