Himi, Muhammad (2014) Kepemimpinan kepala TPQ dalam mengembangkan motivasi belajar siswa membaca Al-Qur'an di Taman Pendidikan Qur'an Dzurriyyatul Jannah Ploso Krembung. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (FULLTEXT)
09110120.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA
Secara ilmiah Al-Qur’an merupakan firman Allah SWT., yang mengandung mu’jizat, diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW., dan tertulis dalam mushaf (kitab). Al Qur’an diterima oleh umat secara mutawatir (memenuhi keabsahan multak suatu berita) dan beribadah membacanya.
Dari sini kita dapat memperoleh gambaran bahwa isi dari Al Qur’an itu mengandung kebenaran yang mutlak tanpa diragukan dari penyelewengan maupun ketidaksempurnaan. Kandungan Al Qur’an itu kaya akan informasi ilmu baik mengenai manusia, alam semesta maupun Tuhan. Karena itu Al Qur’an disebut juga “hudal lin naas” dan pedoman hidup bagi umat Islam.
Fokus masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kepemimpinan kepala TPQ dalam mengembangkan motivasi belajar siswa membaca AL-Qur’an ditaman pendidikan Qur’an Dzurriyatul jannah Ploso Krembung.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif karena fokus penelitian ini diarahkan untuk mengetahui Bagaimana kepemimpinan pendidikan yang dikembangkan di TPQ Dzurriyyatul Jannah, Usaha-usaha apa yang telah dilakukan dalam pengembangan TPQ Dzurriyyatul Jannah, Faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat terhadap pelaksanaan kepemimpinan pendidikan di TPQ Dzurriyyatul Jannah. Adapun prosedur pengumpulan data yaitu dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi dan interview.Untuk menganalisis data peneliti menggunakan analisis reduksi data, penyajian data, verifikasi, pengecekan keabsahan data, dan triangulasi.
Dari hasil analisis data penelitian di lapangan diperoleh bahwa 1) Dalam menjalankan kepemimpinannya, Kepala TPQ Dzurriyyatul Jannah Ploso krembung sebagian besar menerapkan tipe kepemimpinan demokrasi. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan bagi Kepala TPQ Dzurriyyatul Jannah Ploso krembung untuk menjalankan kepemimpinannya dengan menerapkan tipe otokrasi. 2) Usaha Kepala TPQ Dzurriyyatul Jannah Ploso krembung dalam meningkatkan kualitas Pendidikan di TPQ Dzurriyyatul Jannah Ploso krembung antara lain dilakukan usaha-usaha sebagai berikut: Mengadakan Pelajaran tambahan baai siswa yang akan melakukan ujian kekorcap. Mengadakan program remedial khusus. Membangun gedung tingkat 2. Membeli alat drumband buat pendidikan seni. Meningkatkan kualitas guru. Menambah mata pelajaran khusus. Pembiasaan sholat berjamaah. 2. Adapun Peran Kepala TPQ Dzurriyyatul Jannah Ploso krembung dalam meningkatkan kualitas pendidikan di TPQ Dzurriyyatul Jannah Ploso krembung meliputi 2 peran, yaitu: Kepala TPQ Dzurriyyatul Jannah Ploso krembung sebagai administrator, Kepala TPQ Dzurriyyatul Jannah Ploso krembung sebagai supervisor.
ENGLISH
Scientifically, Qur’an is Allah’s saying that contain a miracle, descended to Muhammad saw and written in the mushaf (bible). Qur’an is absolutely (in term of validity) accepted by the people and reputed as a pray.
Here, we can take a vision that the content of Qur’an contains the absolute truth and distant from either deviation or imperfect. The content in Qur’an is reach of science like humanity, nature and divinity. Thus, Qur’an is also called “hudal lin naas” and the guidline of life for moslem.
The focus of this research is to getting know how is the leadership of the head master of the TPQ in developing the students motivation in reading Qur’an in the Qur’an school of Dzurriyatul Jannah, Ploso, Krembung.
The method of the research is using descriptive qualitative approach. Because, the focus of this research is directed to know how the leadership of the education that is developed in the Qur’an school of Dzurriyatul Jannah. What are the efforts that have been done in the developing of the Qur’an school of Dzurriyatul Jannah. What are the factors that being the support and the obstacles towards the implementation of the leadership of the education in the Qur’an school of Dzurriyatul Jannah. The procedure of the data collection is using the observation, documentation and interview method.to analize the data, the researcher uses data reduction analysis, data presentation, verivication, data validity checking, and triangulation.
The result of the data analysis in the field, there are found that 1) in implementing the leadership, the head master of TPQ Dzurriyatul Jannah, Ploso, Krembung, generally apply the democratic leadership. But, it’s still possible for the head master of TPQ Dzurriyatul Jannah, Ploso, Krembung to run the leadership in using the autocracy leadership. 2) the effort of the head master of TPQ Dzurriyatul Jannah, Ploso, Krembung in emerging the educational quality of the Qur’an school of Dzurriyatul Jannah. Those are: arranging the extra class for the students who will have the examination, organizing a special remedial program, building 2 floors building, buying the drum band set for art learning, increasing the teacher’s quality, adding some special courses, habituating mass praying. The role of the head master of the Qur’an school of Dzurriyatul Jannah in emerging the educational quality in the Qur’an school of Dzurriyatul Jannah including 2 roles. Those are: the headmaster of the Qur’an school of Dzurriyatul Jannah as the administrator and as the supervisor.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Walid, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | kepemimpinan kepala madrasah; motivasi belajar Al-Qur’an; the leadership of the headmaster; motivation in Al-Qur’an. | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2022 10:48 | ||||||
Last Modified: | 11 Aug 2022 10:48 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/40073 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |