Ilmi, Sofiah Rias (2014) Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pengembangan kreativitas belajar siswa SMP Negeri 1 Tutur. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110158.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Guru adalah jabatan atau profesi yang memerlukan keahlian khusus dalam tugas utamanya seperti mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi siswa pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan menengah. Untuk itu guru harus mampu meningkatkan keberhasilan belajar siswa baik dalam meningkatkan prestasi akademik maupun kreativitas belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan pendekatan 4 P yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam dalam pengembangan kreativitas belajar siswa SMP Negeri 1 Tutur, (2) Mendeskripsikan upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam pengembangan kreativitas belajar siswa SMP Negeri 1 Tutur, (3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan kreativitas belajar siswa SMP Negeri 1 Tutur.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah guru agama, dan anak didik. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data peneliti menggunakan teknik analisis data deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas belajar siswa SMP Negeri 1 Tutur dalam pemecahan masalah pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan menerapkan pendekatan 4 P (Pribadi, Proses, Produk, Press) yaitu: (1) Kreatifitas adalah ungkapan keunikan individu dalam interaksi dengan lingkungan, Dari pribadi yang unik inilah diharapkan timbul ide – ide baru dan produk – produk yang inovatif. Peran guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Tutur sebagai Motivator yaitu mampu mendorong siswa agar bergairah dan aktif belajar, Inspirator yaitu mampu menjadi inpirator/ilham bagi kemajuan belajar siswa, petunjuk bagaimana belajar yang baik, dan mengatasi permasalahan lainnya dan sebagai Pembimbing yaitu mampu membimbing siswa menjadi yang lebih baik. (2) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam pengembangan kreativitas belajar siswa SMP Negeri 1 Tutur adalah dengan memberikan dorongan dan dukungan (motivasi eksternal) yang berupa apresiasi, dalam penyampaian materi pembelajaran menggunakan berbagai macam metode, menghargai produk kreatifitas siswa dan mengkomunikasikannya kepada yang lain, misalnya guru mengumumkan di depan kelas hasil karya mind maping terbagus. (3) Faktor penghambat dalam mengembangkan kreativitas belajar siswa yaitu diri sendiri (siswa), minimnya sarana dan prasarana, dan lingkungan. Faktor pendukungnya yaitu adanya kerjasama dari semua pihak, dan peran orang tua.
ABSTRACT
The teacher is office or profession of those requiring special skill in educating, whose main duty as teaching, guiding, directing, train, judge, and evaluating students at early childhood education the formal education, primary education, and medium enterprises. For that teachers should be able to improve the success of learning students good to improve academic achievement and creativity learn students.
This research aime to: (1) described approach 4 p used teacher of islamic education in the development of creativity learn students SMPN 1 Tutur, (2 ) described the effort to the teacher for islamic education in the development of creativity learn students SMPN 1 Tutur, (3) know of supporters and inhibitors in the development of creativity learn students SMPN 1 Tutur.
This research using methods qualitative descriptive. Data source this study is a religious teacher, and student. To collect the data, the researchers used a method of observation, interview and documentation. Researchers to analyze data using the descriptive data analysis techniques aim to describe the situation.
The result showed that creativity learn students SMPN 1 Tutur in solving a problem of learning islamic education (PAI) by applying approach 4 P (personal, process, products, press) as follows: ( 1 ) an expression of individual creativity was this divine ' s uniqueness in interaction with environment from personal unique this is expected to emerge a new idea and innovative products. The role of a teacher of islamic education in SMPN 1 Tutur as motivator able to get students to be passionate and active learning, inspiration that is capable of being inpirator, the inspiration for the advancement of learning learning clue as to how to do good and overcome the problems and as other tutorship that is able to guide students became better. ( 2 ) an attempt teacher of islamic education in the development of creativity learn students SMPN 1 Tutur is by providing encouragement and support (motivation external) that, in the form of appreciation in the delivery of matter of learning using many technical methods, appreciate the product of creativity students and mengkomunikasikannya to another, for example, teachers announced in front of the class a work of one mind maping best. ( 3 ) a factor of the economy in developing creativity learn students namely yourself (students), the lack of facilities and infrastructure, and the environment. Supporting factors is the cooperation from all parties, and the role of parent.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sutiah, Sutiah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Peran Guru Pendidikan Agama Islam; Kreativitas; The Role Of Teacher Of Islamic Education; Creativity | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2022 10:47 | ||||||
Last Modified: | 11 Aug 2022 10:47 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/40058 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |