Habibi, Muhammad Boby (2014) Pemanfaatan proyektor Liquid Crystal Display (LCD) dalam pembelajaran mata pelajaran fiqih untuk peningkatan motivasi belajar di Madrasah Aliyah Negeri Kota Kediri 3. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110160.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan saat ini perlu diposisikan kembali yaitu bagaimana sebaiknya pendidikan dirumuskan, dikelola dan dikembangan demi mencerdaskan anak bangsa. Karena sampai saat ini, pembelajaran masih dirasakan sebagai momok, sebab banyak siswa kurang mengusai kompetensi. Ketidakberhasilan siswa tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya adalah kurangnya motivasi, kurang tertarik dengan pelajaran, kurangnya kemampuan guru dalam mendesain pembelajaran dsb. Sehingga metode pembelajaran yang fleksibel sangat dibutuhkan siswa dalam mengembangkan diri secara maksimal dengan menggunakan semua potensi sumber belajar secara maksimal.
Salah satu cara untuk membantu memecahkan masalah ini adalah dengan pengenalan media pembelajaran sebagai sarana teknologi penunjang pembelajaran. Guru dan peserta didik perlu segera dibekali pendidikan teknologi guna menuju masyarakat yang “melek teknologi” sehingga peserta didik akan mampu mengenal, mengerti, menggunakan dan peduli dengan masalah teknologi.
Dalam pemanfaatannya, Proyektor LCD bukan saja sekedar barang substitusi dan alat peraga, tetapi lebih dari itu merupakan alat bantu pembelajaran untuk peningkatan motivasi belajar yang sering digunakan untuk media presentasi, karena mampu menampilkan gambar dengan ukuran besar. Serta mampu menyajikan animasi multiwarna yang sulit di bandingkan dan ditandingi oleh media konvensional.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data terkumpul dari teknik tersebut dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi (kesimpulan).
Hasil penelitian ini menunjukkan bagaimana (1) perencanaan pembelajaran dengan memanfaatkan Proyektor LCD dalam pembelajaran mata pelajaran fiqih untuk peningkatan motivasi belajar (2) pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan Proyektor LCD dalam pembelajaran mata pelajaran fiqih untuk peningkatan motivasi belajar (3) evaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan Proyektor LCD dalam pembelajaran mata pelajaran fiqih untuk peningkatan motivasi belajar (4) faktor pendukung dan penghambat pemanfaatan Proyektor LCD dalam pembelajaran mata pelajaran fiqih untuk peningkatkan motivasi belajar.
Berdasarkan hasil penelitian, Guru mata pelajaran fiqih diharapkan bisa lebih kreatif dan inovatif dalam pemanfaatan Proyektor LCD untuk peningkatan motivasi belajar siswa di MAN Kota Kediri 3.
ABSTRACT
Education today needs to be repositioned is how education should be formulated, managed and cultivated for the sake of educating the nation's children. Because until now, learning is still perceived as a scourge, because many students do not master the competencies. The student failure is influenced by many factors, such as lack of motivation, less interested in the subject, the lack of ability of teachers to design learning and etc. So the method is very flexible learning students need to develop themselves to the fullest by using all the learning resources to the fullest potential.
One way to help solve this problem is the introduction of instructional media as a means of supporting learning technology. Teachers and learners need to be equipped for technology education towards a "technological literacy" so that learners will be able to recognize, understand, use and care of technology issues.
In use, the LCD projector is not just substitutes and props, but more than that is a learning tool for the improvement of learning motivation is often used for media presentations, as capable of displaying images with large size. And be able to present a tough multicolored animation and compare matched by conventional media.
This research used a qualitative approach with descriptive design. The technique of collecting data using interviews, observation and documentation. Data collected from these techniques were analyzed using data reduction, data presentation and verification (conclusion).
The results of this research show how (1) plans of learning by using an LCD projector in study subjects increased motivation for learning fiqh (2) implementation of learning by using an LCD projector in study subjects increased motivation for learning fiqh (3) evaluation of learning by using an LCD projector in study subjects increased motivation for learning fiqh (4) factors supporting and inhibiting the use of LCD projectors in studying the subject of fiqh for increased motivation to learn.
Based on the results of the research, the subjects of fiqh Teachers are expected to be more creative and innovative in the use of LCD projectors for the increase in students motivation MAN Kota Kediri 3.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ali, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Proyektor LCD; Pembelajaran; LCD Projector; Learning | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2022 10:47 | ||||||
Last Modified: | 11 Aug 2022 10:47 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/40029 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |