Rachman, Abdul (2014) Pengembangan buku ajar untuk pembelajaran Qur'an Hadits guna meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Al-Huda Tulungagung. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110220.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Buku ajar merupakan salah satu jenis buku pendidikan. Buku ajar adalah buku yang berisi uraian bahan tentang mata pelajaran atau bidang studi tertentu, yang disusun secara sistematis dan telah diseleksi berdasarkan tujuan tertentu, orientasi pembelajaran, dan perkembangan siswa, untuk diasimilasikan.
Al-Qur’an sebagai pedoman hidup umat islam memiliki banyak fungsi antara lain, sebagai bukti atas kerasulan Muhammad SAW, Sebagai pedoman hidup manusia untuk membedakan yang hak dan yang batil (Al-Furqan).
Hadis atau al-hadits menurut bahasa al-jadid yang artinya sesuatu yang baru, yang berarti menunjukkan kepada waktu yang dekat atau waktu yang singkat seperti (orang yang baru masuk/memeluk agama islam).
Prestasi belajar merupakan kalimat yang terdiri dari dua kata ”prestasi” dan ”belajar” yang mana kata yang memiliki arti tersendiri. Dalam kamus Bahasa Indonesia disebutkan bahwasannya prestasi adalah hasil yang telah dicapai atau
diperoleh.
Metode penelitian yang dipakai yaitu metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk membuat suatu program media pendidikan dengan menggunakan media modul pembelajaran, dengan harapan agar bisa dijadikan sebagai pendukung dalam proses belajar mengajar agar bisa meningkatkan mutu pendidikan.
Berdasarkan perolehan hasil statistik nilai t hitung yang diperoleh sebesar 2,955 absolut dari -2,955 dengan derajat bebas 68 dan nilai signifikansi sebesar 0,004. Nilai t table pada taraf nyata 5% sebesar 1,995. Selanjutnya dilakukan perbandingan antara t hitung dengan t table dimana diperoleh t hitung > t table (2,955 > 1,995) dengan nilai signifikansi < taraf nyata (0,004 < 0,05) sehingga disimpulkan tolak Ho atau dengan kata lain terdapat perbedaan rata-rata nilai postest antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen, sehingga buku ajar ini terbukti dapat mempengaruhi peningkatan prestasi belajar siswa kelas VIII MTs Al-Huda Tulungagung.
Secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa pemberian eksperiment berupa buku ajar dapat meningkatkan nilai belajar siswa atau pemberian bahan ajar efektif terhadap peningkatan nilai belajar siswa. Pemberian bahan ajar dapat dijadikan alternative dalam proses belajar mengajar. Pembuatan bahan ajar yang menarik akan menarik minat siswa untuk lebih giat belajar sehingga nilai hasil belajarnya akan semakin meningkat.
ABSTRACT
Textbook is one type of educational books. Textbook is a book that contains a description of the subject matter or a particular field of study, arranged systematically and has been selected based on specific goals, learning orientation, and development of students, to be assimilated.
The Qur'an as a guide to living Muslims have many functions, among others, as evidence of the prophethood of Muhammad SAW, as a way of life humans to distinguish the right and falsehood (Al-Furqan).
Al-hadith or hadith by al-jadid language which means something new, which means showing the close time or a short time like (the new entry / Islamic religion).
Learning achievement is a phrase consisting of two words "achievement" and "learning" in which the word has its own meaning. Indonesian dictionary mentioned that achievement is the result that has been achieved or acquired.
The research method used is the method of research and development (Research and Development). This study was conducted with the intent to establish a program of educational media by using media learning modules, with the hope that can be used to support the teaching and learning process in order to improve the quality of education.
Based on the acquisition of statistical results obtained t value of -2.955 to 2.955 absolute of 68 degrees of freedom and a significance value of 0.004. T table value at 5% significance level of 1.995. Furthermore, the comparison between the t with t table where obtained t count> t table (2.955> 1.995) with a significance value <significance level (0.004 <0.05) thus concluded reject Ho or in other words there is an average difference between the posttest score control class with the experimental class, so this text is proven to affect the increase in class VIII student achievement MTs Al-Huda Tulungagung.
Overall it can be said that the provision of a textbook experiment can improve student learning value or the effective provision of teaching materials to the increase in the value of student learning. The provision of teaching materials can be used as an alternative to the learning process. Preparation of teaching materials that will attract attract students to study harder so that the value will increase learning outcomes.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Prabowo, Sugeng Listyo | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Buku Ajar; Prestasi Belajar; Qur’an Hadits; Textbook; Learning Achievement; Qur'an Hadith | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2022 10:47 | ||||||
Last Modified: | 11 Aug 2022 10:47 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39980 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |