Zakaria, Muhammad (2014) Hubungan antara kemampuan membaca Ak-Quran dengan prestasi belajar mapel Al-Quran Hadist siswa kelas IX SMP Plus Hidayatul Mubtadiin Singosari Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110246.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Al-Qur’an merupakan sumber utama dalam ajaran Islam. Di dalamnya terkumpul wahyu Ilahi yang menjadi petunjuk, pegangan dan pedoman hidup manusia dalam mencapai kebahagiaan dan kesejahteraan hidup baik di dunia maupun di akhirat. Al-Qur’an adalah media komunikasi yang berisikan berbagai informasi dan pesan dari Allah swt. kepada seluruh makhluk-Nya. Di dalam upaya untuk memahami Al-Qur’an dan kemudian menyebarkan kepada siapa saja, merupakan sebuah aktivitas komunikasi yang harus memanfaatkan aspek-aspek komunikasi. Adapun membaca adalah salah satu hal yang dapat dijadikan bukti di dalam upaya memahami Al-Qur’an sebagai aktivitas berkomunikasi. Dengan membaca Al-Qur’an, disamping mendapat pahala, seseorang akan mendapatkan berbagai jenis kecerdasan yang dapat menunjang prestasi belajar para siswa.
Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan ada tidaknya hubungan antara kemampuan membaca Al-qur’an dengan prestasi belajar mapel Al-Qur’an Hadis dan arah hubungan tersebut pada siswa kelas IX SMP Plus Hidayatul Mubtadi’in Singosari Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, adapun jumlah populasinya sebanyak 40 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi.
Berdasarkan analisis data diketahui bahwa kualitas kemampuan membaca al-Qur’an siswa SMP Plus HM, 9 siswa (22,5%) memiliki kemampuan baca al- Qur’an yang sedang, 10 siswa (25%) memiliki kemampuan membaca al-Qur’an yang cukup, 13 siswa (32,5%) memiliki kemampuan membaca al-Qur’an yang baik, dan 8 siswa (17,5%) memiliki kemampuan membaca al-Qur’an yang sangat baik. Sedangkan untuk tingkat prestasi belajarnya menunjukkan bahwa tidak ada siswa yang termasuk kategori sedang dan cukup (0 %), adapun yang termasuk dalam kategori baik sebanyak 26 siswa (65%), dan kategori sangat baik sebanyak 14 siswa (35%).
Hasil analisis korelasi diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,870 dengan sig (p) = 0,000 dengan sampel 40 siswa menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat tinggi antara kemampuan baca al-Qur’an dengan prestasi belajar mapel Al-Qur’an Hadits siswa kelas IX SMP Plus HM. Hal ini diperkuat dengan analisis regresi linear sederhana dengan nilai R square = 0,757 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh kemampuan membaca Al-Qur’an siswa terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 75,7 %.
ABSTRACT
Al-Qur’an is the main source in Islamic education. There are united God revelation that become a clue, grip and guidelines for human life to achieve happiness and welfare in this world and in the hereafter. The Qur'an is a communication medium that contains a variety of information and messages from Allah SWT. to all His creatures. In the attempt to understand the Quran and then disseminate it to anyone, is a communication activity should utilize aspects of communication. The reading is one of the things that can be used as evidence in an attempt to understand the Qur'an as a communication activity. By reading the Qur'an, in addition to the reward, someone will get different types of intelligence that can support students' learning achievement.
This study was conducted to clarify the relationship between the ability to read the Qur'an with learning achievement of the Qur'an and the Hadith Subject, and the direction of the relationship in 5th grade of SMP Plus Hidayatul Mubtadi'in Singosari Malang.
This study uses a quantitative approach with type of survey research. This study is a population research, while the population are 40 students. Data collection methods used were tests and documentation.
Based on the analysis of the data found that the quality of the ability to read the Qur'an junior high school Plus HM students, 9 students (22.5%) have moderate ability to read the Qur'an, 10 students (25%) have fairly ability to read the Qur'an, 13 students (32.5%) have good ability to read the Qur’an, and 8 students (17.5%) have excellent ability to read the Qur'an. As for the level of academic achievement showed that no students were categorized as moderate and fairly (0%), while that which is included in good categories are 26 students (65%), and the excellent category are 14 students (35%).
The results of the correlation analysis shows that the correlation coefficient (r) is 0.870 with sig (p) = 0.000 from 40 students as a sample, means that there is a very high correlation between the ability to read the Qur'an and the learning achievement of Al-Qur'an Hadith Subject in 5th graders of Junior High School Plus HM. This is reinforced by a simple linear regression analysis with the value of R square = 0.757 indicates that the influence of the ability to read the Qur'an student to student achievement is 75.7%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhdi, A | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Membaca Al-Qur’an; Prestasi Belajar; Reciting Al-Qur’an; Learning Achievement. | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2022 10:46 | ||||||
Last Modified: | 11 Aug 2022 10:46 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39970 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |