Aulani, Lutvia Nur (2014) Efektivitas pendidikan akhlak di Pondok Pesantren Matholibul Huda Jenu Tuban. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10110001.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan pada hakekatnya tidak sekedar mengarahkan anak didik pada aspek kognitif saja, akan tetapi aspek-aspek lain juga perlu dikembangkan termasuk kemampuan anak didik dalam hal akhlakul karimah. Berkenaan dengan pembinaan akhlakul karimah, pondok pesantren merupakan salah satu lembaga yang paling relevan untuk membina akhlakul karimah anak didik (santri). Pembelajaran yang dikembangkan oleh pondok pesantren adalah upaya dalam menciptakan kader-kader bangsa yang memiliki integritas tinggi dalam bidang akhlak dan moral.
Berdasarkan latar belakang tersebut maka penulis mengangkat judul Efektivitas Pendidikan Akhlak di Pondok Pesantren Matholibul Huda Jenu Tuban. Sehubungan dengan pembinaan akhlakul karimah ini penulis memilih pondok pesantren Matholibul Huda Jenu Tuban sebagai lokasi penelitian. Hal ini dikarenakan pondok pesantren ini merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam yang arah pengajarannya mengakar pada nilai-nilai Islam dan mempunyai konsep pondok pesantren yang berbentuk tipe salafi. Dimana dalam pengajaran maupun dalam strategi pengajarannya masih klasik atau masih menggunakan metode lama. Sehingga santri yang tinggal di lingkungan pondok pesantren Matholibul Huda terbiasa mendapat lingkungan yang Islami, yang sangat dibutuhkan dalam pembinaan akhlakul karimah.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan akhlak di pondok pesantren Matholibul Huda Jenu Tuban, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pendidikan akhlak di pondok pesantren Matholibul Huda Jenu Tuban.
Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendektan kualitatif dan jenis penelitiannnya menggunakan deskriptif. Sedangkan metode yang digunakan untuk teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan bahwasannya pelaksanaan pendidikan akhlak di pondok pesantren Matholibul Huda Jenu Tuban sudah efektif karena santri telah mengaplikasikan akhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari secara bertahap. Hal ini tercermin dalam interaksi santri yang baik dalam arti akrab baik dengan pengasuh, asatidz/ah, para pengurus dan para santri lainnya; taat pada pengasuh; berbicara baik kepada orang tua atau pun kepada asatidz/ah; sopan dan dalam berpakaian sudah menutup aurat.
ABSTRACT
Education is essentially just directing students on cognitive aspects, but also other aspects also need to be developed including the ability of their students in terms of noble character. Relating with coaching noble character, boarding school is one of the most relevant institutions to foster noble character of students. Learning developed by the boarding school is an attempt to create a cadre of the nation that have high integrity in the field of character and morals.
Based on this background, the authors raised the title Effectiveness of Moral Education in Islamic Boarding School of Matholibul Huda Islamic at Jenu Tuban. In connection with this coaching karimah akhlakul authors chose Matholibul Huda Islamic boarding Jenu Tuban as a research location. This is because this boarding school is one of the educational institutions towards the teaching of Islam is rooted in Islamic values and concepts have shaped boarding school type of salafi. Where in teaching and in the teaching strategy is still a classic or still using the old method. So that students who live in the boarding school environment of Matholibul Huda accustomed got Islamic environment, which is needed in the coaching noble character.
The purpose of this study is to investigate the implementation of moral education in boarding school Matholibul Huda Jenu Tuban, and to determine the supporting factors and inhibitors of moral education in boarding school Matholibul Huda Jenu Tuban.
The methods of research used a qualitative approach with descriptive research.. While the data collection techniques used interviews, observation, and documentation.
The results of research by the author can be delivered that implementation of moral education in Islamic Boarding School of Matholibul Jenu Tuban Huda have been effective because the students have to apply noble characters in their daily life gradually. This is reflected in the interaction of students with the supervisor, teachers, the administrators and other students; obedient to the caregiver; good talking to parents or teachers; politely and in a dress already close the genitals.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimun, Agus | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Efektivitas; Pendidikan Akhlak; Pondok Pesantren; Effectiveness; Moral Education; Boarding School | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2022 10:45 | ||||||
Last Modified: | 11 Aug 2022 10:45 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39947 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |