Fitriana, Luluk (2014) Pelaksanaan kompetensi inti siswa pada mata pelajaran PAI sebagai implementasi kurikulum 2013: Studi kasus di SMP Negeri 1 Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10110002.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Dalam rangka mensukseskan program pemerintah di bidang pendidikan melalui penerapan Kurikulum 2013, maka Kompetensi Inti yang menjadi sasaran utama dari Kurikulum tersebut harus diupayakan untuk dapat dikembangkan secara maksimal. Adapun dalam proses pengembangan tersebut dibutuhkan dukungan dari semua pihak yang terkait guna memaksimalkan seluruh potensi yang ada sehingga akan mampu mencapai tujuan yang diharapkan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan pelaksanaan pencapaian kompetensi inti siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di kelas VII SMP Negeri 1 Kediri, (2) mendeskripsikan usaha yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan kompetensi inti siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kediri, (3) mendeskripsikan kendala yang dihadapi dalam peningkatan kompetensi inti siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas VII SMP Negeri 1 Kediri serta upaya yang dilakukan guna mengatasinya.
Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) tingkat kompetensi inti siswa kelas VII pada mata pelajaran PAI secara umum sudah menampakkan hasil yang cukup baik yang mana dapat diketahui dari sikap keseharian para siswa yang memperlihatkan perubahan perilaku yang semakin baik dari waktu ke waktu baik itu dari aspek spiritual, sosial, pengetahuan maupun ketrampilan, (2) usaha yang dilakukan oleh guru PAI guna meningkatkan kompetensi inti siswa kelas VII yakni melalui pemberian praktek dan latihan, pemberdayaan masjid, pengadaan ekstrakurikuler BTQ dan program khatam Al-Qur’an, pemberian motivasi, serta modifikasi dan inovasi dalam pengembangan materi serta strategi pembelajaran, (3) kendala yang dihadapi dalam peningkatan kompetensi inti siswa adalah ketrampilan siswa dalam membaca Al-Qur’an yang masih kurang serta kurangnya motivasi dari orang tua, adapun guna mengatasi kendala tersebut dilakukan bimbingan khusus serta pemberian arahan tentang pentingnya pembelajaran PAI kepada orang tua.
ABSTRACT
In order to succeed the government programs in the field of education through the implementation of Curriculum 2013, the core competencies are the main target of the curriculum should be sought to be developed to full potential. As in the development process required the support of all stakeholders in order to maximize the full potential of existing so it will be able to achieve the expected goals.
The purpose of this research was to : (1) describe the realization of students core competence in subjects of Islamic education (PAI) in the VII class of state junior high school 1 Kediri, (2) describe the efforts that have done by PAI teacher in improve the students core competence at VII class of state junior high school 1 Kediri, (3) describe the obstacles encountered in increasing the students core competence in the subject of Islamic Education (PAI) at VII class of state junior high school 1 Kediri and the efforts made to overcome them.
To achieve the above objectives, the research used a qualitative approach with descriptive research. Key instrument is the researcher 's own, and data collection techniques used were observation, interviews, and documentation. Data were analyzed by means of reducing irrelevant data, explained the data, and draw conclusions.
The results of research show that, (1) the level of students core competence at VII class in the PAI subjects generally had good results reveal that which can be known from the daily attitude of students who exhibit behavioral changes are getting better over time both from the aspect of spiritual, social, knowledge and skills, (2) the effort done by PAI teachers in order to enhance the students core competence at VII class namely through the provision of practice and training, empowering mosque, acquisition of BTQ extracurricular and the Qur'an seal programs, motivation, and modification and innovation in the development of instructional materials and learning strategies, (3) the constraints faced in improving students core competence are the skills of students in reading the Qur'an which is still lacking and the lack of motivation of the parents, while in order to overcome these obstacles made specific guidance and giving directions about the importance of PAI learning to parents.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimunah, Siti Annijat | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kompetensi Inti; Mata Pelajaran PAI; Implementasi Kurikulum 2013; Core Competence; Subject PAI; Implementation of Curriculum 2013. | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2022 10:45 | ||||||
Last Modified: | 11 Aug 2022 10:45 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39946 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |