Anisatin, Laila (2014) Peran Pengawas Pendidikan Agama Islam (PPAI) terhadap profesionalitas guru PAI dalam mengembangkan materi pembelajaran PAI di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Mambaul Ulum Wadang Ngasem Bojonegoro. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10110003.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Untuk mencapai tujuan pendidikan yang berkualitas, tidaklah mungkin suatu madrasah akan berkembang dan maju dengan sendirinya tanpa adanya komponen yang mendukung serta menjalankan proses belajar mengajar di suatu madrasah. Ada beberapa komponen pendidikan yang terlibat dalam proses pendidikan antara lain guru, siswa, metode, materi, alat, dan lingkungan. Guru merupakan faktor yang paling penting dalam memajukan pendidikan, karena guru adalah sosok figur panutan dan sebagai penentu keberhasilan siswa dalam proses belajar. Namun dalam proses pendidikan, seorang guru akan menemukan masalah dalam pendidikan (materi, media, kurikulum, dan sebagainya) sehingga dalam hal ini guru membutuhkan bantuan untuk menemukan solusi akan masalah tersebut, pengawas merupakan komponen pendidikan yang bertugas sebagai pembimbing guru dalam proses pendidikan.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendiskripsikan kinerja pengawas PAI dalam meningkatkan profesioniltas guru; (2) mendiskripsikan pembinaan pengawas PAI kepada guru PAI dalam mengembangkan materi pembelajaran PAI.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Instrumennya adalah peneliti itu sendiri, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan, data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kinerja pengawas PAI untuk meningkatkan profesionalitas guru, dalam hal ini kinerja pengawas sangat berpengaruh dalam peningkatan kualitas guru dan madrasah. Langkah pertama yang dilakukan pengawas adalah persiapan dan merancang program-program, yang kedua yakni pelaksanaan program dan yang ketiga dalam penilaian dari hasil pelaksanaan program, penilaian ini meliputi penilaian dari hasil evaluasi guru dan penilaian dari kinerja pengawas; (2) Pembinaan pengawas PAI kepada guru PAI dalam mengembangkan materi pembelajaran PAI, pembinaan yang dilakukan pengawas dalam mengambangkan materi pembelajaran dalam pembinaan dalam bidang akademik untuk guru guna mempunyai wawasan yang luas ketika proses mengajar. Pengawas dalam pembinaan menggunakan beberapa teknik untuk mempermudah dalam pembinaan yakni teknik individu dan kelompok, pembinaan individu adalah pembinaan yang dilakukan secara pribadi dengan satu guru, pembinaan kelompok seperti halnya diadakannya workshop ataupun pelatihan yang lain.
ABSTRACT
Attaining the great quality of education needs some components to support and carry out the teaching and learning process in the school. There are some components of education in the process of teaching and learning such as, students, teachers, method, subject or lesson, instrument, and environment. Teacher is the most important role in developing the education. Teachers are public figure for students who determine them to success in learning process. Sometime, many teachers find problems in their teaching such as lesson, curriculum, and others. In order to solve the problem, there is a controller whose duty is guiding teachers in educational aspect.
This study is aimed to describe (1) the activity of controller of Islamic education in developing teacher’s professionality, (2) the construction of Islamic education controller toward teachers of Islamic education in developing the subject.
This study uses descriptive qualitative method. The research instrument of this study is the writer herself. To collect the data, the writer does the observation, interview and documentation. She reduces irrelevant data, explains and concludes the study in analyzing the data.
The result of this study shows that (1) Islamic education controllers influence very much in developing teacher’s quality and school. The first step that the controllers do is preparing the programs. The second step is doing the programs. The last step is assessment in evaluating teachers and controllers activities. (2) The construction of Islamic education controller toward teachers of Islamic education in developing the subject. Teachers should have much knowledge in teaching the students. The controllers build two techniques to ease them; individual and group. The individual supervision is done privately by only one teacher while workshop and other training are done in group.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Aziz, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengawas PAI; Guru PAI; Controller; Islamic Education; Islamic Educational Teachers. | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2022 10:45 | ||||||
Last Modified: | 11 Aug 2022 10:45 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39939 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |