Asrori, Muhammad (2014) Peningkatan pembelajaran fiqih ibadah materi wakaf melalui media LCD kelas X-C di MAN Gondanglegi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10110004.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran PAI memerlukan adanya suatu cara tertentu untuk mencapai hasil yang lebih maksimal baik secara teori maupun penghayatan serta pengalaman praktik bagi peserta didik. Menyiasati hal tersebut, maka diperlukan adanya suatu media yang cocok untuk digunakan dalam penyampaian materi PAI karena media merupakan penyalur informasi dari sumber kepada siswa. Salah satu media belajar yang dihasilkan oleh perkembangan teknologi adalah LCD. Media ini sangat cocok digunakan oleh guru dalam penyampaian materi fiqih ibadah karena media ini dapat digunakan untuk menampilkan tutorial (tata cara) dalam mempraktikkan materi fiqih ibadah sehingga gambar atau video yang ditayangkan dengan media ini lebih terlihat nyata, jelas dan dapat dijangkau oleh pandangan siswa di dalam kelas. Sehingga dengan media ini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PAI khususnya pada mata pelajaran fiqih yang berkaitan dengan ibadah (Fiqih Ubudiyah).
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan perencanaan peningkatan pembelajaran fiqih ibadah materi wakaf melalui media LCD kelas X- C di MAN Gondanglegi, (2) mendeskripsikan pelaksanaan peningkatan pembelajaran fiqih ibadah materi wakaf melalui media LCD kelas X-C di MAN Gondanglegi, (3) mendeskripsikan hasil peningkatan pembelajaran fiqih ibadah materi wakaf melalui media LCD kelas X-C di MAN Gondanglegi. Peningkatan pembelajaran meliputi aktifitas belajar siswa, motivasi dan semangat belajar siswa, sekaligus peningakatan nilai atau prestasi siswa.
Untuk mencapai tujuan di atas, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data antara lain: observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes tulis. Adapun tahapan penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdapat dua kali pertemuan yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, obeservasi dan refleksi.
Hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan media LCD dapat meningkatkan pembelajaran fiqih ibadah materi wakaf kelas X-C di MAN Gondanglegi. Hasil observasi di lapangan menunjukkan bahwa interaksi mengalami peningkatan dari pre test yang semula 39,47% meningkat pada siklus I menjadi 52,7% kemudian meningkat lagi pada hasil post test siklus II menjadi 81,6%.
ABSTRACT
Islamic Educational learning needs current way to reach the maximum result whether theoretically or comprehension and experience of practice for the students. For this case, so thath needed the compatible media to be used in Islamic Educational learning, because media is the supplier of information from sources to the students. One of learing media produced by developmental technology is LCD (Liquid Crystal Display). This media was very compatible to be used by teachers in transferring the material of Fiqh Ibadah because this media able to be used to show many tutorials in practicing Fiqh Ibadah, so that the pictures or videos which are shown in this media will be seems more real, clear and able to be reached out by the sight of students in classroom. So that, this media able to upgrade quality of Islamic Educational learning especially in subject Fiqh related to Ibadah (Fiqh Ubudiyah).
This research is aimed to: (1) describing the planning of upgrading Fiqh Ibadah learning in chapter Waqaf by LCD media in class X-C of MAN Gondanglegi, (2) describing the actuating of upgrading Fiqh Ibadah learning in chapter Waqaf by LCD media in class X-C of MAN Gondanglegi, (3) describing the result of upgrading Fiqh Ibadah learning in chapter Waqaf by LCD media in class X-C of MAN Gondanglegi. The upgraded learning includes learning activity of students, motivation, and learning enthusiasm of students, and upgrading the value or achievement of students.
To reach the purposes above, the researcher used qualitative method by the type Classroom Action Research. The techniques has been used in this research to gathering the data are; observation, interview, documentation, and writing test. While the steps of this research was done in two cycles. Each cycle includes twice meeting where in each cycle consist of planning, actuating, observation, and reflection.
The research result proved that the utilization of LCD media was able to upgrade the learning of Fiqh Ibadah in chapter Waqaf, class X-C of MAN Gondanglegi. The result of field collecting shows that interaction was upgraded from pre-test 39,47% to 52,7% in cycle I, then it upgrades again in post-test to 81,6% in cycle II.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sahlan, Asmaun | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pembelajaran Fiqih Ibadah; Media LCD; learning of Fiqh Ibadah; media of LCD. | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2022 10:45 | ||||||
Last Modified: | 11 Aug 2022 10:45 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39937 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |