Hafidhoh, Alfiyatul Nur (2014) Konsep pendidikan akhlak dalam Al-Qur'an: Analisis ayat-ayat Birrul Walidain surat Al-Isra' ayat 23-24 dan surat Luqman ayat 14-15. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10110010.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Seiring dengan berkembangnya zaman, masyarakat kita dewasa ini dihadapkan oleh berbagai problematika, terutama menyangkut masalah pendidikan. Fenomena yang terjadi saat ini telah banyak kita temukan bentuk penyimpangan dalam kehidupan masyarakat dan hal itu sangat memprihatinkan baik yang terjadi dalam kalangan dewasa bahkan anak-anak. Minimnya pengetahuan masyarakat terhadap pemahaman Al Qur’an, akan semakin memperparah kondisi masyarakat yang berupa kemerosotan akhlak. Kemerosotan akhlak pada anak-anak pun dapat dilihat dengan maraknya remaja yang durhaka kepada orang tuanya bahkan sampai membunuh sekalipun. Oleh karena itu, untuk memurnikan kembali nilai-nilai yang tidak relevan dengan ajaran Al Qur’an, maka satu-satunya upaya yang dapat dilakukan adalah kembali pada ajaran yang terdapat di dalamnya. Berangkat dari latar belakang itulah, penulis bermaksud membahas konsep pendidikan akhlak dalam al qur’an melalui analisis ayat-ayat birrul wâlidaini surat al isra’ 23-24 dan surat luqman 14-15.
Tujuan dilakukannya penelitian adalah untuk mengetahui nilai yang terkandung dalan kedua ayat tersebut dan mendeskripsikan konsep pelaksanaan pendidikan akhlak dalam Al Qur’an, kemudian metode apa yang digunakan untuk menerapkan pada peserta didik.
Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode Library research (riset kepustakaan) dan pendekatan tafsir mawdhu’i (tematik). metode pengumpulan data dilakukan melalui tahapan menghimpun/mencari literatur yang berkaitan dengan objek penelitian. Kemudian langkah akhir dalam analisis data, penulis menggunakan content analyze (analisis isi) dengan mula-mula melakukan telaah atas ayat-ayat al qur’an yang berkaitan dengan pendidikan akhlak yang mencakup tentang aspek birrul wâlidaini, kemudian menganalisis hasil penelitiannya dengan teori yang digunakan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung didalam surat al isra’ ayat 23-24 dan surat luqman ayat 14-15 yakni meliputi: (a) pendidikan akhlak kepada Allah SWT, dan (b) pendidikan akhlak kepada orangtua. Sedangkan konsep pendidikan akhlak dalam Al-Qur’an surat al isra’ ayat 23-24 dan surat luqman ayat 14-15 meliputi: (a) Pendidikan terhadap orangtua yang muslim, dan (b) Pendidikan terhadap orangtua yang kafir. Dan metode yang dapat digunakan untuk peserta didik dalam menerapkan nilai-nilai tersebut, yakni: (a) metode nasihat (b) hukuman (c) pembiasaan (d) keteladanan, dan (e) kisah atau ibrah.
ABSTRACT
Along times the development of our society today is confronted by various problems, especially the problem of education. The phenomenon that occurs when we find it has a lot of irregularities in the shape of people’s lives and it is very alarming that occurs in both the adults and even children. The lack of public knowledge to the understanding of the Qur’an, will further aggravate the condition of society in the form of demoralization . Deterioration of morals in children can be seen with the rise of teenagers who rebel against their parents and even to kill though. Therefore, to purify return values that are not relevant to the teachings of the Qur’an, then the only attempt to do is go back to the teachings contained in it. Departure from that background, the authors intend to discuss the concept of moral education in al Qur’an verses through analysis birrul wâlidaini Surah Al-Isra' verses 23-24 and Surah Al-Luqman verses 14-15.
The purpose of the study was to determine the t value contained role in both the verse and describe the implementation of the concept of moral education in the Qur’an, then the method used to implement the learner .
This type of research that the authors use is descriptive qualitative research method Library (library research) and mawdhu'i interpretation approach (thematic). method of data collection is done through the stages of collecting / searching the literature related to the research object. Then the final step in the data analysis, the authors analyze using the content (content analysis) to conduct initial study of the verses of the Qur’an were related to moral education that includes aspects birrul wâlidaini, then analyze the results of his research with the theory used.
The results showed that the values of moral education contained in the Surah Al-Isra' verses 23-24 and verses 14-15 Surah Al-Luqman that includes: (a) moral education to Allah, and (b) moral education to parents . While the concept of moral education in the Qur'an Surah Al-Isra' verses 23-24 and verses 14-15 Surah Al-Luqman include: (a) Education of parents are Muslim, and (b) education to parents who disbelieve. And methods that can be used for learners in applying these values, namely: (a) the method of advice (b) punishment (c) habituation (d) exemplary, and (e) the story or ibrah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Amrullah, Abdul Malik Karim | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendidikan Akhlak; Birrul Wâlidaini; Al Qur’an; Moral Education; Birrul Wâlidaini; the Qur’an | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 09 Aug 2022 14:03 | ||||||
Last Modified: | 09 Aug 2022 14:03 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39929 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |