Nasifa, Siti Amilatun (2014) Penggunaan media dalam peningkatan kualitas pembelajaran pada mata pelajaran Fiqh di Madrasah Tsanawiyah Negeri Bangil Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10110011.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa perubahan yang sangat signifikan terhadap berbagai dimensi kehidupan manusia, baik dalam ekonomi, sosial, budaya maupun pendidikan. Oleh karena itu agar pendidikan tidak tertinggal dari perkembangan iptek tersebut perlu adanya penyesuaian-penyesuaian, terutama sekali yang berkaitan dengan faktor-faktor pengajaran di sekolah. Salah satunya adalah dengan media pembelajaran.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalahnya adalah (1) Apa saja jenis-jenis Media yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata pelajaran fiqih di MTsN Bangil Pasuruan (2) Bagaimana penggunaan media pembelajaran fiqih untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di MTsN Bangil Pasuruan. (3) Bagaimana kendala dalam penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran Fiqih di MTsN Bangil dan bagaimana upaya mengatasinya.
Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, karena dalam penelitian ini yang penulis lakukan adalah memaparkan dan melukiskan kondisi nyata. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, penulis menggunakan teknik analisa deskritif kualitatif. Teknik analisa deskriptif penulis gunakan untuk menetukan, menafsirkan, serta menguraikan data yang bersifat kualitatif yang penulis peroleh dari metode observasi, wawancara, dokumentasi. Data-data yang terkumpul, kemudian dianalisis berdasarkan pada, pemahaman wawancara secara mendalam, menganalisa data secara interaktif dialektif atau bolak-balik sesuai keperluan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Jenis media yang digunakan oleh guru Fiqih di MTsN Bangil yaitu media audiovisual dan media visual seperti LKS, buku paket dan gambar-gambar. (2) Penggunaan media audiovisual untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Fiqih di MTsN Bangil sudah berjalan baik, hal tersebut terlihat pada proses belajar mengajar di kelas yang ditunjukkan dengan materi yang disampaikan oleh guru 75% dapat dipahami, diterima, dan diterapkan, adanya pembelajaran yang menyenangkan, adanya partisipasi, materi sesuai dengan realitas kehidupan, serta dapat menumbuhkan minat belajar siswa. Begitu juga dengan media visual, namun partisipasi siswa sedikit berkurang dibandingkan dengan media audivisual. (3) Kendala yang dihadapi guru dalam penggunaan media audiovisual adalah dari keterbatasan ruang IT, sedangkan media visual dari faktor siswa, masih ada yang kurang responsif saat pengunaan media.
ABSTRACT
Developments in science and technology has brought significant changes to the various dimensions of human life, both in the economic, social, cultural and educational. Therefore, in order not to lag behind the development of education in science and technology is the need for the adjustments, particularly with regard to the factors of teaching in schools. One is the instructional media.
The study background Based on, the formulation of the problem is (1) What are the types of media that are used by teachers to improve the quality of learning in the subjects of jurisprudence in State Islamic Junior High School Bangil Pasuruan (2) How does the use of instructional media jurisprudence to improve the quality of learning in MTsN Bangil Pasuruan. (3) What constraints in the use of instructional media to improve the quality of learning in the subjects of Fiqh in State Islamic Junior High School Bangil and how efforts to overcome them.
This study used a qualitative descriptive, because in this study the authors do is explain and describe the real condition. Data collection was performed by using observation, interviews, and documentation, the writer uses descriptive qualitative analysis techniques. Descriptive analysis techniques the author uses to determine, interpret and present qualitative data that the authors gained from observation, interviews, documentation. The data collected are then analyzed based on, in -depth understanding of the interviews, analyze data interactively dialectic or back and forth as needed.
The results showed that (1) Type of media used by the teacher in State Islamic Junior High School Fiqh Bangil the audiovisual media and visual media such as worksheets, textbooks and pictures. (2) The use of audiovisual media to improve the quality of learning in State Islamic Junior High School Bangil Fiqh has been running well, it looks at the process of teaching and learning in the classroom as indicated by the material presented by the teacher 75% can be understood, accepted, and implemented, the presence of learning fun, participation, the material in accordance with the realities of life, as well as to foster student interest. So also with the visual media, but student participation is slightly reduced compared with audivisual media. (3) Constraints faced by teachers in the use of audiovisual media is of limited IT space, while the visual medium of factors of students, there are less responsive when the use of the media.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muhaimin, Muhaimin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media; Kualitas Pembelajaran; Media; Quality Learning. | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2022 10:43 | ||||||
Last Modified: | 11 Aug 2022 10:43 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39927 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |