Sarohmad, Sarohmad (2014) Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan berbasis Total Quality Management (TQM) di SMA Islam Kepanjen. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10110137.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan khususnya pada jenjang sekolah. Saat ini dunia pendidikan di kejutkan dengan adanya pengelolaan berbasis industri. Pengelolaan model ini mengandaikan adanya upaya pihak pengelola institusi pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui penerapan Manajemen Mutu di sekolah. Di antara Manajemen Mutu yang ada, Total Quality Management (TQM), ISO 9000 menuntuk kepala sekolah untuk kreatif dan inovatif dalam merencanakan sasaran mutu yang akan dicapai.
Manajemen Mutu pendidikan harus sesuai dengan semangat otonomi daerah yaitu dari Manajemen Mutu yang sentralistik menuju Manajemen Mutu yang disentralistik yang berfokus pada sekolah. Peran kepala sekolah manjadi penggerak utama dalam mewujudkan keberhasilan atau kegagalan peningkatan mutu pendidikan di sekolah.
Penelitian ini berjudul “Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Berbasis Total Quality Management (TQM) di SMA Islam Kepanjen” dengan rumusan masalah sebagai berikut: (1) apa peran Kepala Sekolah yang paling dominan dalam meningkatkan mutu pendidikan berbasis Total Quality Management (TQM) di SMA Islam Kepanjen? (2) bagaimana upaya yang dilakukan Kepala Sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan berbasis Total Quality Management (TQM) di SMA Islam Kepanjen? (3) apa faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan mutu pendidikan berbasis Total Quality Management (TQM) di SMA Islam Kepanjen?
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peran Kepala Sekolah yang paling dominan dalam meningkatkan mutu pendidikan berbasis Total Quality Management (TQM) di SMA Islam Kepanjen (2) mengetahui upaya yang dilakukan Kepala Sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan berbasis Total Quality Management (TQM) di SMA Islam Kepanjen (3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan mutu pendidikan berbasis Total Quality Management (TQM) di SMA Islam Kepanjen
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang dilakukan di SMA Islam Kepanjen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi yang bersifat terus terang atau samar, wawancara yang bersifat terstruktur dan dokumentasi resmi dari SMA Islam Kepanjen. Untuk menilai Reliabilitas dan Validitas, penelitian ini menggunakan seleksi dokumen, hasil wawancara dan chek list saat melakukan observasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) peran kepala sekolah yang paling dominan dalam meningkatkan mutu pendidikan berbasis Total Quality Management (TQM) di SMA Islam Kepanjen adalah peran kepala sekolah sebagai Leader. (2) upaya yang dilakukan sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan berbasis Total Quality Management (TQM) di SMA Islam Kepanjen diantaranya, memiliki program (sasaran) yang jelas, monitoring program, ketelatenan dan kesabaran, keterbukaan dan pelayanan kepada pelanggan dan survei kepuasan pelanggan. (3) faktor pendukung peningkatan mutu pendidikan di SMA Islam kepanjen adalah keterlibatan orang tua siswa dalam pembangunan, adanya ISO 9001:2000, dan pengalaman Kepala Sekolah; faktor penghambat peningkatan mutu di SMA Islam Kepanjen adalah pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang lama, banyak SDM yang meninggalkan SMA Islam Kepanjen karena ingin menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), waktu yang saling berbenturan antara sasaran mutu dengan kegiatan sekolah dan inkonsistensi pelaksanaan sasaran mutu.
ABSTRACT
One of the problems faced by the nation of Indonesia is the low quality of education, especially at the school level. Currently education in surprise with industry based management. Management of this model presupposes the effort of the management of educational institutions to improve the quality of education through the implementation of quality management in schools. Among the existing Quality Management, Total Quality Management (TQM), ISO 9000 requires headmasters to be creative and innovative in planning quality objectives to be achieved.
Quality Management education should be in accordance with the spirit of regional autonomy that is Centralized Quality Management to the Decentralized Quality Management which focused on school. The role of the school headmaster became the prime mover in bringing about the success or failure of improving the quality of education in schools.
The study is titled "The Role of the Headmaster in Improving the Quality of Education-Based Total Quality Management (TQM) in Islamic High school of Kepanjen". The formulation of the problem as follows: (1) What is the role of Headmaster of the most dominant in improving the quality of education based on Total Quality Management (TQM) The in Islamic High school of Kepanjen? (2) How the efforts of the headmaster in improving the quality of education based on Total Quality Management (TQM) in Islamic High school of Kepanjen? (3) What the enabling and inhibiting factors in improving the quality of education based on Total Quality Management (TQM) in Islamic High school of Kepanjen?
This study aims to: (1) determine the role of Headmaster of the most dominant in improving the quality of education based on Total Quality Management (TQM) in Islamic High school of Kepanjen (2) knowing the Headmaster efforts to improve the quality of education based on Total Quality Management (TQM) in Islamic High school of Kepanjen (3) determine the factors supporting and improving the quality of education based on Total Quality Management (TQM) in Islamic High school of Kepanjen.
This research is a qualitative study conducted a case study approach in Islamic High school of Kepanjen. Data collection techniques in this study are using observations that are honest or vague, structured interviews and official documentation of Islamic High school of Kepanjen. To assess the reliability and validity, this study uses a selection of documents, interviews and observation check list when performing.
The results of this study indicate that: (1) the headmaster’s role of the most dominant in improving the quality of education based on Total Quality Management (TQM) in Islamic High school of Kepanjen is the headmaster's role as a leader. (2) the efforts made in improving the quality of education of school
based Total Quality Management ( TQM ) in Islamic High school of Kepanjen are have a program (the target) is clear, monitoring program, diligence and patience, openness service to customers and customer satisfaction surveys. (3) the factors supporting an increase in the quality of education in Islamic high school Kepanjen is the involvement of parents in development, the presence of ISO 9001:2000 and the experience of the Headmaster; Inhibiting factor in improving the quality of Islamic High school of Kepanjen is human resource development (SDM) is long which left a lot of human resources in Islamic High school of Kepanjen for wanting to be a Civil Servant (PNS), the time between the conflicting quality objectives with school activities and the implementation of the objectives inconsistencies quality.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Supriyatno, Triyo | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Peran Kepala Sekolah; Mutu Pendidikan; Role of the Headmaster; Quality of Education | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2022 10:43 | ||||||
Last Modified: | 11 Aug 2022 10:43 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39902 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |