Ningsih, Lutfi Okvita (2014) Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar PAI kelas VIII di SMP Negeri 2 Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10110136.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK
Prestasi belajar merupakan hal yang tidak terpisahkan dari kegiatan belajar mengajar, karena kegiatan belajar merupakan proses, sedangkan prestasi merupakan hasil dari proses belajar. Namun kenyataannya tidak semua siswa mendapatkan prestasi belajar yang tinggi dan terdapat siswa yang mendapatkan prestasi belajar yang rendah. Tinggi dan rendahnya prestasi belajar yang diperoleh siswa dipengaruhi banyak factor. Yang mempengaruhi prestasi belajar siswa terdiri dari dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor eksternal terdiri dari lingkungan alam dan lingkungan sosial serta instrumental yang didalamnya seperti kurikulum, guru, sarana, fasilitas. Sedangkan faktor internal terdiri dari fisiologi yang didalamnya terdapat komponen kondisi fisik dan kondisi panca indera, serta psikologi yang di dalamnya terdapat komponen bakat, minat, intelegensi, motivasi. Karena banyaknya faktor yang mempengaruhi maka dalam penelitian ini peneliti hanya mengambil keterampilan guru dalam manajemen kelas, lingkungan sekolah dan motivasi belajar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah benar ada pengaruh secara partial dan simultan pada keterampilan guru dalam manajemen kelas, lingkungan sekolah, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar sebagaimana yang dikatakan oleh pada ahli. Maka disusunlah hipotesis Ho: tidak ada pengaruh pada keterampilan guru dalam manajemen kelas, lingkungan sekolah, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar, dan Ha: ada pengaruh antara pada keterampilan guru dalam manajemen kelas, lingkungan sekolah, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar.
Untuk menguji hipotesis tersebut maka digunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Dan analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda.
Dan hasil penelitian menunjukkan bahwa, secara partial keterampilan guru dalam manajemen kelas, lingkungan sekolah, dan motivasi belajar tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar dengan hasil bahwa masing-masing nilai Sig>Alpha(0,05). Sedangkan secara simultan (bersama-sama) keterampilan guru dalam manajemen kelas, lingkungan sekolah, dan motivasi belajar tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar dengan Sig (0,254) > alpha (0,05).
ABSTRACT
Learning achievement is inseparable from teaching and learning, because learning is a process, while achievement is the result of the learning process. In fact, not all students receive high academic achievement and there are students who get low achievement in learning process. High And Low Achievement of the students is affected by many factors. There are two factors that affect student’s achievement, namely internal and external factors. External factors consist of the natural environment and social environment as well as instrumental in it such as curriculum, teachers, and also facilities. While internal factors consist of a physiological condition in which there are physical components and conditions of the five senses, as well as psychology include a component of talent, interest, intelligence, and motivation. Because of the many factors that influence the researchers in this study only took the skills of teachers in classroom management, school environment and learning motivation.
The purpose of this study is to determine whether there is partial and simultaneous influence on teachers' skills in classroom management, school environment, and motivation toward learning achievement as indicated by the experts. Thus, formulated the hypothesis is Ho: no effect on teachers 'skills in classroom management, school environment, and motivation toward learning achievement, and Ha : there is the influence of the teachers' skills in classroom management , school environment , and motivation toward learning achievement .
To test this hypothesis the researcher used a quantitative research approach to the type of correlation research. Research instrument used is a questionnaire and documentation. Moreover, analysis of the data used is multiple linear regressions.
Furthermore, the results showed that, in partial skills of teachers in classroom management, school environment , and motivation to learn has no effect on the learning achievement with the result that each of the Sig > Alpha (0.05 ). While simultaneously (together) skills teachers in classroom management, school environment, and motivation to learn has no effect on learning achievement with Sig ( 0,254 ) > alpha (0.05 ) .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hasyim, Farid | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Keterampilan Manajemen Kelas; Lingkungan Sekolah; Motivasi Belajar; Prestasi Belajar; Classroom Management Skills; School of Environment; Motivation; Learning Achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2022 10:43 | ||||||
Last Modified: | 11 Aug 2022 10:43 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39901 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |