Mahfudho, Anisatul (2014) Implementasi metode demonstrasi dan penggunaan alat peraga untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran pengurusan jenazah di kelas XI IPS 5 SMA PGRI 1 Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10110135.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK
Metode merupakan hal yang sangat penting dalam pembelajaran. Metode bila diterapkan pada materi yang tepat akan menghasilkan prestasi belajar yang sangat baik. Metode demonstrasi merupakan salah satu metode yang sangat tepat karena melibatkan indra penglihatan, pendengaran dan peraba siswa untuk terlibat aktif dalam situasi pembelajaran, sehingga posisi guru benar-benar sebagai fasilitator. Di samping itu, penggunaan properti alat peraga yang menarik dan ideal juga merupakan penunjang signifikan agar siswa dapat memahami pembelajaran yang bersifat praktek secara komprehensif dan tidak merasa bosan.Untuk itu peneliti menerapkan Metode Demonstrasi dan Penggunaan Alat Peraga pada pembelajaran Pengurusan Jenazah.
Pembelajaran Sshalat jenazah adalah salah satu ibadah fi‟liyah dalam agama Islam yang sangat penting karena menjadi kewajiban yang ditujukan kepada orang banyak, tetapi bila sebagian sudah melaksanakan maka gugurlah kewajiban bagi yang lain. Pentingnya pembelajaran pengurusan jenazah sudah termuat dalam kurikulum pendidikan agama Islam (PAI) sejak sekolah menengah atas (SMA). Pembelajaran bernuansa konvensional dalam shalat jenazah hingga saat ini sangatlah tidak ideal karena pengurusan jenazah sendiri merupakan ibadah fi‟liyah yang mempunyai indikator penguasaan ketrampilan yang melibatkan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik.
Peneliti bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana (1) proses perencanaan pembelajaran dengan metode demonstrasi dan penggnaan Alat Peraga untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran shalat jenazah, (2) proses pelaksanaan pembelajaran shalat jenazah dengan metode demonstrasi dan penggunaan alat peraga untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, (3) proses evaluasi pembelajaran shalat jenazah dengan metode demonstrasi dan penggunaan alat peraga untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA PGRI 1 Lumajang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Tahap-tahap penelitian yaitu melakukan Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi. Kegiatan ini merupakan suatu rangkaian yang berulang sampai mencapai hasil yang diharapkan. Teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: Observasi, interview, dokumen, catatan lapangan dan pengukuran tes hasil belajar.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) perencanaan pembelajaran dalam penelitian ini dapat diterapkan dengan baik dan sesuai harapan pada pelaksanaan pembelajaran. (2) pelaksanaan pembelajaran dalam penelitian ini terlaksana dengan baik dan sesuai dengan yang direncanakan dalam perencanaan pembelajaran. (3) evaluasi pembelajaran dalam penelitian ini menunjukan terjadi peningkatan prestasi belajar siswa pada pembelajaran shalat jenazah di SMA PGRI 1 Lumajang. Secara kuanitatif, terjadi peningkatan hasil pembelajaran dari nilai rata-rata kelas dari 56,28% (Pre Tes) menjadi 78% (Siklus I) dan pada akhirnya menjadi 96,28% (Siklus II). Sedangkan secara kualitatif siswa menjadi lebih teratur, lebih bisa mengendalikan diri dan komunikatif dalam pembelajaran sehingga situasi pembelajaran menjadi lebih hidup.
ABSTRACT
The method is very important in learning. Methods when applied to the right material will yield excellent learning achievement. Demonstration method is one method which is appropriate since it involves the senses of sight, hearing and touch to engage students actively in the learning situation, so that the position of the teacher as a facilitator really. In addition, the use of props attractive properties and ideal also a significant support for students to understand that learning is a comprehensive practice and not feel bored. To the researchers applied the method Demonstration and Usage Viewer Tool Handling Bodies learning.
Learning Prayer is one of the bodies fi'liyah worship in Islam is very important because it becomes the obligation addressed to the crowd, but when the majority already have the cash to implement the obligations of the other. Learning the importance of the maintenance of the bodies has been included in the curriculum of Islamic education (PAI) since high school (SMA). Learning the nuances of conventional bodies prayer today is not ideal for the maintenance of their own bodies is an indicator of worship fi'liyah who has mastery of skill that involves cognitive, affective and psychomotor.
Researchers aim to describe how (1) the planning process of learning by demonstration and use of methods Viewer tool to improve student achievement in learning prayer bodies, (2) the implementation bodies with prayer learning demonstration methods and the use of props to enhance student achievement, ( 3) evaluation of the learning process with the corpse prayer demonstration methods and the use of visual aids to improve student achievement in high school PGRI 1 Lumajang.
This study is a qualitative research approach, action research (Classroom Action Research). Stages of the research is to do Planning, Implementation, Observations and Reflections. This activity is a recurring series to achieve the desired results. Data collection techniques used were: observation, interviews, documents, field notes and measurements of achievement test.
The results showed that (1) the planning of learning in this study can be applied very well and according to expectations on the implementation of learning. (2) the implementation of learning in this study perform well and as planned in the learning plan. (3) evaluation of learning in this study showed an increase in student achievement in learning in high school prayer bodies PGRI 1 Lumajang. Quantitatively, an increase learning outcomes of the class average value of 56.28% (pre-test) to 78% (Cycle I) and eventually becomes 96.28% (Cycle II). While qualitatively the students become more organized, more in control and communicative learning so that the learning situation becomes more alive.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hasyim, Farid | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Demonstrasi; Pebelajaran Shalat Jenazah; Method Demonstrations; Learning Prayer Bodies | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2022 10:43 | ||||||
Last Modified: | 11 Aug 2022 10:43 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39899 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |