Setyawan, Bayu Candra (2014) Profil guru ideal dalam perspektif Al-Qur’an : Analisis Surah Al-Furqān ayat 63-77. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10110128.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Guru merupakan komponen penting dalam kegiatan belajar mengajar. Tanpa guru, mustahil proses pembelajaran akan berjalan dengan baik. Meskipun pada zaman sekarang telah banyak bermunculan berbagai sumber belajar yang lebih kaya dan beragam seperti jurnal, ensiklopedi, internet, tabloid, majalah, maupun sumber belajar yang lain. Peran guru tetap menjadi penentu optimalisasi sumber-sumber belajar yang ada. Namun, dalam beberapa tahun terkahir ini banyak pengamat pendidikan yang mengatakan bahwa wibawa dan citra profesi guru sudah mengalami kemerosotan hingga mencapai tingkat yang memprihatinkan. Hal ini dikarenakan kualitas SDM gurur yang apa adanya, proses perekrutan yang kurang baik, serta banyaknya masyarakat yang mengikuti budaya Barat.
Berdasarkan hal tersebut, skripsi ini bertujuan untuk mengupas rumusan tujuan pendidikan bagaimanakh profil guru ideal yang terkandung dalam Al Qur`an Surat Al Furqan Ayat 63-77. Penelitian yang penulis lakukan adalah studi pustaka (library research) , yaitu dengan menghimpun informasi dari bahan bacaan, khususnya tafsir dan buku lain seperti kitab-kitab klasik, buku-buku, majalah, dan sumber lain yang relevan dengan pokok bahasan. Setelah itu dipelajari dan diteliti secara cermat kemudian data-data tersebut digeneralisasi serta dipilah-pilah berdasarkan kesesuaian dengan tema kajian, lalu data yang diperoleh dari hasil pemilahan tersebut, dianalisis secara mendalam dengan metode analisis deskriptif dan analisis isi (content analysis). Sedangkan dalam pembahasannya penulis menggunakan metode tafsir tematik, deduktif, induktif, dan komparatif.
Hasil dari analisis penelitian ini menjelaskan bahwa ada sebelas hal yang harus dimiliki oleh seorang guru agar menjadi guru yang ideal berdasarkan analisis terhadap al Qur’an pada surat al Furqan ayat 63-77. Kesebelas hal tersebut adalah tawadlu’ atau rendah hati, senantiasa melaksanakan ibadah malam, yakni sholat tahajjud dan istiqomah berdoa kepada Allah, hidup sederhana dan tidak berlebih-lebihan, menjauhi perbuatan syirik, tidak melakukan pembunuhan tanpa alasan yang dibenarkan, tidak melakukan perbuatan zina, senantiasa bertaubat dari kesalahan-kesalahan, jujur dan dapat dipercaya, menjaga kehormatan diri, menerima apabila diingatkan, dan memiliki keluarga yang harmonis.
ABSTRACT
Teacher has an important role in teaching and learning activity. Absence of teacher would make teaching and learning process is impossible to do. Although nowadays learning sources are exist more such as: journal, encyclopedia, internet, tabloid, newspaper, and any other sources, teacher’s role still become a determinant in optimizing learning sources those have been exist. Yet, in this recent years it has been decreased in a degree of wistfulness. This is because of human resources of teachers are indifferent, the recruitment of teacher is defective, and the influence of western culture to society.
Based on that case, this thesis aims to reveal questions of educational purpose specifically how is an ideal teacher consist in Al-Qur’an surah Al-Furqān ayah 63-77. The research which the writer use is library research, that is with gathering information from any sources, especially tafsir and classical literature, books, newspaper, and other sources that relevant with the main study. Afterward, the writer carefully observe the data then those data are generalized and be classified based on the theme of the study. Then the classified data are critically analyzed using descriptive method and content analysis. Whereas, in the discussion the writer use thematic tafsir method, deductive, inductive, and comparative.
Findings in this research suggest that there are eleven things which should be owned by a teacher in order to be an ideal teacher based on the analysis on Al-Quran surah Al-Furqan ayah 63-77. These eleven things are tawadlu’ or humble, always doing qiyamul lail (Moslem way to pray in night) such us pray tahajjud and continuously pray to Allah, live in a simple way and not to be excessive, avoiding envious deed, keep off from untrue homicidal, keep off from zina, always repenting for mistakes, being honest and faithful, keeping respect of self, being broad minded when get a suggestion, and having a harmonious family. For those who can do these eleven things, then he will be an ideal teacher and he/ she can be an example for other teachers.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muhammad, Suaib H. | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Guru; Ideal; Guru Ideal; Ideal; Teacher; Ideal Teacher | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2022 10:43 | ||||||
Last Modified: | 11 Aug 2022 10:43 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39894 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |