Impelementasi asas kemanusiaan dalam pelayanan terhadap peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) tinjauan Undang-undang no. 24 tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial dan maslahah mursalah: Studi kasus Puskesmas Ketawang Gondanglegi Malang

Sholikhah, Nur Afifatus (2016) Impelementasi asas kemanusiaan dalam pelayanan terhadap peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) tinjauan Undang-undang no. 24 tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial dan maslahah mursalah: Studi kasus Puskesmas Ketawang Gondanglegi Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
12220039.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 Tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) diselenggarakan untuk menjamin kesejahteraan kesehatan dan pekerjaan seluruh warga Indonesia. Dalam Pasal 2 Undang-Undang Nomor 24 tahun 2011 disebutkan bahwasanya dalam pelayanannya kepada peserta BPJS harus memenuhi tiga asas sebagai berikut: Kemanusiaan, Kemanfaatan, danKeadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.Namun masih banyak pelayanan yang belum maksimal terhadap peserta BPJS.

Penelitian ini membahas tentangImplementasi asas kemanusiaan dalam Pelayanan di Puskesmas Ketawang Gondanglegi Kabupaten Malang terhadap peserta BPJS. Penelitian ini lebih memfokuskan pada pelayanan BPJS apabila ditinjau dari Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang BPJS danal-Maslahah al-Mursalah.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini meliputi jenis penelitian Hukum Empiris. Kemudian pendekatan yang digunakan adalah penedekatan Yuridis Sosiologis. Sumber data yang digunakan adalah data primer yaitu data yang diperoleh dari hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya metode pengolahan data yang peneliti gunakan adalah Editing, Klasifikasi, Verifikasi, analisis data, dan kesimpulan.

Hasil penelitian yang peneliti peroleh adalah pertama, Implementasi asas kemanusiaan belum sesuai dengan Undang-undang No 24 tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, hal ini dikarenakan adanya perbedaan pendapat antara petugas puskesmas dan peserta BPJS. Kedua, tinjauan Maslahah Mursalah terhadap Pelayanan kesehatan pada peserta adalah hal yang bersifat Dharuriyah (Keharusan) yang harus dipenuhi. Pelayanan kepada peserta termasuk Maslahah Mursalah dalam kategori memelihara jiwa dalam peringkatdharuriyat yang mana pelayanan kesehatan termasuk kebutuhan pokok agar manusia dapat bertahan hidup, jika kebutuhan pokok ini diabaikan maka akan berakibat terancamnya eksistensi jiwa manusia.

ENGLISH:

Legislation No. 24 of 2011 about the Social Security Administering Agency (BPJS) was organized to ensure the health welfare and the employe all of Indonesian citizens.In of Article 2 of Legislation No. 24 of 2011 is mentioned that in his ministry to BPJS participants must meet the following three principles: Humanity, usefulness, and social justice for all the people Indonesia.But there are still a lot of services that has not been maximized to the BPJSparticipants.

This research discusses aboutimplementation of humanitarian principles in service in Community Health Center KetawangGondanglegi Malang district of the participants Social Security Administering Agency (BPJS). This research focused on servicing BPJS when viewed from the legislation No. 24 of 2011 about BPJS and al-Maslahah al-mursalah.

The method that used in this research include the type of Empirical Legal Research.Then approaches is sociological juridical approach.Source data that used is primary data obtained from interviews conducted by the researcher, Data collection methods used were interviews and documentation. Further data analysis method that researchers use is editing, clasifying, verifying, data analysis, and conclusions.

The results of that is research is first authors obtained,Implementation of humanitarian principlesin Service toSocial Security AdministratorAgency (BPJS). This is because there differences of opinion between the health center (puskesmas officers) and BPJSparticipants.Second, a review Maslahah mursalah to health services on the participants is things that are Dharuriyah (Mandatory) that must be met.Services to participants in the category included Maslahahmursalah nourishes the soul in the dharuriyat level which health services are essential for humans to survive, if these basic necessities are ignored it will result in endangerment of the existence of the human soul.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Huda, Alamul
Keywords: Asas Kemanusiaan; BPJS; Maslahah Mursalah; Pelayanan; Jaminan Sosial; Humanitarian Principles; Social Security Administrator Agency (BPJS); Service; Soccial Assurance
Departement: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Bisnis Syariah
Depositing User: Viki Alvionita Dwiningrum
Date Deposited: 01 Aug 2016 09:01
Last Modified: 01 Aug 2016 09:01
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3989

Actions (login required)

View Item View Item