Nirwana, Khusnia (2014) Peran orang tua pekerja industri dalam membentuk disiplin belajar anak di Desa Wonokoyo Beji Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10110125.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Disiplin adalah suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, keteraturan, dan atau ketertiban. Kediplinan tidak bisa tertanam bila dilakukan dengan kedisiplinan oleh setiap anak. Oleh karena itu, besarlah peran orang t ua dalam membentuk disiplin belajar anak, agar selanjutnya anak terbiasa untuk selalu belajar untuk mandiri. Keterlibatan orang tua tersebut sangat menunjang anak belajar dengan disiplin. Karena pada dasarnya keluarga merupakan lingkungan pertama yang dikenal oleh anak, dan juga memberikan pengalaman pendidikan yang pertama.
Berpijak dengan latar belakang di atas maka permasalahan yang timbul adalah: 1) Bagaimana peran orang tua pekerja industri dalam membentuk disiplin belajar anak, dan 2) Apa faktor pendukung dan penghambat orang tua dalam membentuk disiplin belajar anak. Adapun penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui Upaya orang tua pekerja industri dalam membentuk disiplin belajar anak, dan 2) Mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat orang tua dalam membentuk disiplin belajar anak.
Penelitian ini dilaksanakan di Desa Wonokoyo Beji Pasuruan dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Informan dalam penelitian ini berjumlah delapan orang. Penentuannya menggunakan purposive sampling (sample bertujuan). Pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan kamera. Sedangkan analisa datanya peneliti menggunakan kualitatif deskriptif, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Kemudian untuk mneguji keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya orang tua pekerja industri dalam membentuk disiplin belajar anak di Desa Wonokoyo Beji Pasuruan adalah dalam berbagai hal, yang meliputi dengan pembiasaan, dengan contoh dan tauladan, penyadaran, pengawasan dan bimbingan anak ketika belajar, mengikutkan tambahan belajar di luar rumah dan sebagainya. Sedangkan faktor pendukung dan penghambat orang tua pekerja industri dalam membentuk disiplin belajar anak adalah aspek intern yaitu pribadi anak serta pribadi orang tua sendiri. Adapun faktor ekstern meliputi sarana prasarana dan faktor lingkungan yang saling mendukung dalam kegiatan belajar.
ABSTRACT
Discipline is a condition that created and formed through process of behavior series which shows loyalty, obedience, regularity, and or orderliness values, discipline does not accrue on the child self. Because of it, parent role is great effect to form discipline learning of child for constructing independent learning habitually. Basically, family is the first educational environment known by child and is the first giving educational experience.
Base on the background above thus, appearing problem is: 1) How does parent of employee role to form discipline learning of child and 2) What is supporting and obstructing factor on parent of employee to form discipline learning of child.
This research fulfilled in the Wonokoyo village Beji Pasuruan by using descriptive approach. The informant on this research is eight persons. The selecting uses purposive sampling. The data collecting uses interview, observation and camera. And data analyzing is using qualitative descriptive, data re duction, data presenting and conclusion. Then, testing validity data uses extension of participation, observation and triangulation.
The result of this research shows that parent of employee role to form discipline learning of child in the Wonokoyo village Beji Pasuruan on the various thing, including on habit, illustration, model, awareness, control, guidance when studied, and following course etc. Whereas, supporting and obstructing factor on parent of employee role to form discipline learning of child are internal aspect, it is personal child and parents and external factor, it is facility and infrastructure and also environment factor gives contribution on learning process mutually.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muhammad, Suaib H. | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Orang Tua pekerja industry; Disiplin Belajar; Parent of employee role; discipline learning | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2022 10:46 | ||||||
Last Modified: | 11 Aug 2022 10:46 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39889 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |