Rohmaniyah, Farichatur (2014) Implementasi Pendidikan Agama Islam bagi narapidana di lembaga pemasyarakatan kelas 1 Surabaya Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10110118.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan agama Islam merupakan pengetahuan yang berhak untuk diterima oleh siapa saja, khususnya umat muslim. Bahkan mereka yang pernah melakukan sebuah kejahatan sekalipun layak untuk menerima pendidikan agama Islam. Seorang narapidana yang berada di Lembaga Pemasyarakatan juga layak untuk mendapatkan sebuah pendidikan. Pendidikan Agama Islam dimaksudkan untuk penyadaran serta memberi bekal kepada narapidana supaya nantinya dapat diterima oleh masyarakat kembali dan berguna dalam kehidupannya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan agama Islam bagi narapidana di lembaga pemasyarakatan kelas I Surabaya kecamatan Porong kabupaten Sidoarjo
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan tujuan untuk mendapatkan gambaran yang aktual mengenai masalah-masalah pelaksanaan pendidikan agama Islam yang ada di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Surabaya. Instrumen penelitiannya adalah peneliti sendiri dan teknik pengumpulan data yang digunakan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis dengan cara mereduksi data, memaparkan data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan agama Islam di lembaga pemasyarakatan kelas 1 Surabaya meliputi dua kegiatan, pesantren dan madrasah. Materi yang disampaikan dipesantren meliputi materi fikih, materi al- qur’an dan hadits, materi tasawuf, serta materi sejarah Islam. Kegiatan lainnya meliputi tahlil, istighosah dan tartil alqur’an. Materi yang disampaikan dimadrasah meliputi materi fikih, tafsir al-qur’an, materi bahasa arab dan sejarah Islam. Kegiatan lainnya juga membaca al-qur’an. Metode yang digunakan untuk menyampaikan materi pendidikan agama Islam dalam pesantren dan madrasah adalah metode ceramah, metode tanya jawab, dan metode personal approach.
ABSTRACT
Islamic education is the knowledge which is entitled to received by anyone, especially Muslims. Even those who once committed a crime even if eligible to receive Islamic education. A convict who are in correctional institutions are also eligible to get an education. Islamic education meant for awareness and give provision to inmates that would be accepted by the community go back and useful in his life.
Research purposes is todescribe the Implementation Islamic Education for Inmates at Correctional Institution 1st class Surabaya Porong sub-district Sidoarjo
This research used a qualitative research approach and the use of descriptive research with the aim to get a clearer picture of the actual implementation on matters of Islamic Education for Inmates at Correctional Institution 1st class Surabaya Porong sub-district Sidoarjo. A key Instrument is the researcher himself, and data collection techniques that are used by the method of observation, interview and documentation. The Data collected are then analyzed by means of reducing data, exposing the data and draw conclusions.
The results showed thatthe implementation of Islamic education in correctional institutions class 1 Surabaya include two different activities, are boarding school and Islamic school. Material presented material includes jurisprudence of boarding school, al-Qur'an materials and Hadith, Sufism, as well as material the material history of Islam. Other activities include tahlil, istighosah and tartil al-Qur'an. Material presented includes materialjurisprudence of Islamic school, tafsir al-Qur'an material, Arabic and Islamic history. Other activities also read al-Qur'an, the methods used for delivering Islamic education in a boarding school and Islamic school is a method of lecture, question and answer method, and personal approach method.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Aziz, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Implementasi; Pendidikan Agama Islam; Narapidana; Lembaga Pemasyarakatan; Implementation; Islamic Education; Inmates; Correctional Institut | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 05 Aug 2022 13:20 | ||||||
Last Modified: | 05 Aug 2022 13:20 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39877 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |