Azizah, Nur (2014) Implementasi metode ceramah bervariasi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Dukun Gresik. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10110117.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK
Metode merupakan hal yang sangat penting dalam pembelajaran. Metode bila diterapkan pada materi yang tepat akan menghasilkan motivasi belajar yang sangat baik. Untuk itu peneliti menerapkan Metode Ceramah Bervariasi pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada pokok bahasan Sejarah Nabi Muhammad Periode Madinah. Dalam Metode Ceramah Bervariasi ini peneliti menerapkan empat unsur (1) Variasi Metode, (2) Variasi Media, (3) Variasi Penampilan, dan (4) Variasi bahan sajian.
Peneliti bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai motivasi belajar siswa kelas VIII pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap penggunaan metode ceramah bervariasi. Sub variabel motivasi belajar siswa dalam penelitian ini adalah (1) keaktifan siswa, (2) keberanian dalam mengemukakan pendapat, (3) kemandirian siswa, dan (4) mengerjakan tugas. Sedangkan indikator dalam motivasi belajar siswa dalam skripsi adalah (1) sikap terhadap belajar, (2) kegigihan dalam belajar, (3) rasa ingin tahu, (4) berpendapat dalam kelompok, (5) sikap mandiri dalam belajar, dan (6) konsistensi dalam belajar.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Tahap-tahap penelitian yaitu melakukan Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi. Kegiatan ini merupakan suatu rangkaian yang berulang sampai mencapai hasil yang diharapkan. Teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: Observasi, tes hasil pre test dan post test, dokumen, dan catatan lapangan. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan pendekatan eksperimental. Data pretest dan postest diperoleh dari 25 siswa kelas eksperimen (VIII A) dan 24 siswa dari kelas control (VIII C) di SMP Negeri I Dukun. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi motivasi yang meliputi (1) keaktifan siswa, (2) keberanian mengemukakan pendapat, (3) kemandirian belajar, dan (4) mengerjakan tugas. Analisis data dilakukan mengunakan rumus t- test yaitu one sample t-test yang menggunakan program spss 16 dengan taraf signifikan 95 % dan validitas 0,05. Hal ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari penerapan metode ceramah bervariasi terhadap keaktifan siswa, keberanian
mengemukakan pendapat, kemandirian belajar dan mengerjakan tugas.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata hasil pretes yang diperoleh kedua kelas menunjukkan bahwa (1) sebelum menggunakan metode ceramah bervariasi keaktifan, keberanian mengemukakan pendapat, kemandirian siswa, dan mengerjakan tugas masih rendah. Rata-rata skor pretes pada motivasi belajar siswa yang diperoleh kelas eksperimen adalah 1,03, sedangkan skor pretes pada kelas kontrol adalah 1,12, (2) setelah diterapkan metode ceramah bervariasi di kelas eksperimen keaktifan siswa, keberanian dalam mengemukakan pendapat, kemandirian belajar, dan peningkatan dalam mengerjakan tugas sangat berbeda yaitu rata-rata hasil postest (Siklus II) kelas eksperimen adalah 2,45 dan rata-rata hasil postest (Siklus II) kelas control adalah 1,96, dan (3) selisih peningkatan motivasi antara kelompok kontrol dan eksperimen cukup mencolok, yaitu 0,49. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan metode ceramah bervariasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam benar-benar berpengaruh pada peningkatan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri I Dukun Gresik.
ABSTRACT
A method is the important thing in learning. The method that is applied in the appropriate subject will bring the student motivation well. So the researcher applies the varied speech method for the study of islamic education especially topic discussed of Mohammad history in Madinah period. In this method, the researcher applies four component (1) method variation (2) media variation (3) performance variation (4) presenting material variation.
The researcher aim to gain the knowledge about the student learning motivation on the first grade of junior high school in learning the Islamic education by using the varied speech method . The sub variable of the student learning motivation in this study is (1) the student activeness (2) the bravery of giving opinion (3) the independence of the student (4) doing the task. While the indicator of student learning motivation in thesis is attitude towards learning, (2) persistence in learning (3) the curiosity (4) opining in the group (5) the independence in learning, and (6) the consistence in learning.
This research is the classroom action research. The steps of the study is planning, implementation, observation, and reflection.This activity is the series of recurrent until achieving the expected results. The data collection technic that is used is observation , the result of pre test and post test, documents, and the open note. The classroom action research use the experimental approach. The data of pre test and post test are obtained by 25 students experimental class (VIII A) and 24 students of control class (VIII C) in State Junior High School 1 Dukun. The instrument hat is used in this study is the motivation observation paper included (1) student activeness (2) learning independence (3) doing task. The data analysis undertaken using t-test formula is one sample t-test used SPSS 16 program with significant version 95 % and validity 0,05 %. The purpose is to know the effect from the implementation of varied speech method to the student activeness, the bravery of giving opinion, the learning independence, and doing the task.
The result of data analysis shows that the average of pretest result that is obtained by both classes show that (1) before using the method of the activeness varied speech , the bravery of giving opinion, the student independence, and doing the task is still low. The pre test score average in student learning motivation is gained by the experimental class is 1,03, while the pretest score in control class is 1,12, (2) after applying the varied speech method in experimental class of the student activeness, the bravery in giving opinion, the leaning independence m and improving of doing task is different, the average of post test result (second step) in experimental class is 2,45 while the control class is 1,96, an (3) the quarrel of motivation improving between control and experimental group is different enough, it is 0, 49. It proves that the method using of varied speech is the learning of islamic education influence on improving the student learning motivation of the first grade in State Junior high school 1 Dukun Gresik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Abubakar, Istianah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Ceramah Bervariasi; Motivasi Belajar Siswa; The Varied Speech Method; The Student Learning Motivation | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 05 Aug 2022 13:20 | ||||||
Last Modified: | 05 Aug 2022 13:20 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39872 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |