Adhima, Akhmad Fauzan (2014) Upaya guru dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al- Hamidy Banyuayar Pamekasan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10110106.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Al-Qur‟an adalah wahyu Allah yang diturunkan kepada Nabi SAW yang berfungsi sebagai petunjuk dan sebagai rahmat bagi orang-orang yang meyakini dan mengimani. Sejak diturunkannya Al-Qur‟an sampai sekarang Allah menjanjikan tetap memelihara keaslian dan keabsahannya. Usaha-usaha pemeliharaan al-Qur‟an tersebut salah satunya dilakukan melalui “hafalan” yang dilakukan oleh para sahabat hingga saat ini. Temasuk pemeliharaan yang dilakukan oleh para santri beserta ustadz di Pondok Pesantren Al-Hamidy Banyuanyar Pamekasan ini. Namun dalam prosesnya masih banyak kendala yang dihadapi dalam menghafal. Untuk itu para ustadz selaku tenaga pengajar harus memiliki upaya-upaya yang mampu memecahkan masalah tersebut.
Bedasarkan permasalahan diatas tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) mengetahui kualitas hafalan santri Tahfidzul Qur‟an di Pondok Pesantren Al-Hamidy Banyuayar Pamekasan. (2) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur‟an bagi santri Tahfidzul Qur‟an di Pondok Pesantren Al-Hamidy Banyuayar Pamekasan.
Untuk mencapai tujuan di atas. Digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan, dimana peneliti berangkat ke lapangan dan mengadakan pengamatan secara langsung. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data, dan menarik kesimpulan.
Berdasarkan data empirik dari hasil penelitian, Upaya Guru dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur‟an Di Pondok Pesantren Al-Hamidy Banyuayar Pamekasan menunjukkan bahwa: (1) Kualitas hafalan santri Tahfidzul Qur‟an di Pondok Pesantren Al-Hamidy Banyuayar Pamekasan sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan 39 santri hafalannya sangat baik lancar dan fashih, 19 santri hafalannya sedang. Dan sebanyak 4 santri hafalannya kurang lancar (kualitas hafalan rendah). (2) Upaya guru dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur‟an bagi santri Tahfidzul Qur‟an di Pondok Pesantren Al-Hamidy Banyuayar Pamekasan yaitu pertama, dengan meningkatkan kedisiplinan waktu santri dalam menghafal al-Qur‟an dengan memberikan hukuman bagi yang tidak menjalankannya. Kedua, dengan penetapan standar kenaikan berupa perhitungan kesalahan beserta batasan-batasan satri di perbolehkan untuk menambah hafalan. Ketiga, dengan metode rangsang sebagai upaya untuk motivasi siswa secara psikis.
ABSTRACT
Al-Qur'an is the revelation of Allah as revealed to the Prophet Muhammad which serves as a guide and a mercy for people who believe and believes. Since the revelation of the Quran to this day Allah promises still maintaining the authenticity and validity. Maintenance efforts the Qur'an one is done through "rote" performed by the companions until today. Including maintenance performed by the students and their teacher at Islamic Boarding School Hamidy Banyuayar Pamekasan. But in the process, there are still many obstacles encountered in memorizing. For that ustadz as teachers should have measures capable of solving the problem.
Based on the above issues the purpose of this study is to: (1) knowing the quality of students Tahfidzul Quran in Pondok Pesantren Al-Hamidy Banyuayar Pamekasan. (2) To know the efforts made by teachers to improve the quality of the recitation of the Qur'an for students Tahfidzul Quran in Islamic Boarding School Al- Hamidy Banyuayar Pamekasan.
To achieve the above purpose. Used a qualitative research approach to the type of field research, where researchers set out into the field and conduct observations directly. A key instrument is the researchers themselves, the techniques of the collection of data used is observation, interviews, and documentation. Data were analyzed by reducing irrelevant data, describing the data, and draw a conclusions.
Based on the empirical data from the research, the efforts of Teacher in Improving Quality of memorizing the Holy Quran at Islamic Boarding School Al- Hamidy Banyuayar Pamekasan show that: (1) Quality of students Tahfidzul Quran in Islamic Boarding School Al-Hamidy Banyuayar Pamekasan was very good. The results showed 39 students have very good the memorization of the qur‟an, 19 students have middle the memorization of qur‟an. The last, 4 students have lower or less of the memorization of the qur‟an. (2) Efforts to improve the quality of teachers in the memorization of the Quran to students at boarding school Tahfidzul Quran Al- Hamidy Banyuayar Pamekasan: first, by increasing discipline time students in memorizing the Qur'an by providing punishment for those who didn‟t do so. Secondly, with determination standard increase in form of calculation error increases with limitations allowed to add rote. Third, the method of stimulation in an effort to motivate students psychologically.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hady, M. Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Guru; Kualitas dan Hafalan Al-Qur'an; Teachers; Quality and memorizing the Quran | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2022 14:02 | ||||||
Last Modified: | 04 Aug 2022 14:02 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39851 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |