Inayati, Mufidatul (2014) Upaya Pondok Pesantren dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui kurikulum Madrasah Diniyah: Studi kasus di Pondok Pesantren Miftahul Huda Sidorejo Ponggok Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10110103.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Pondok Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang keberadaannya sangat penting dalam sejarah perkembangan agama Islam dan juga perkembangan pendidikan Islam di Indonesia. Pada dasarnya pondok pesantren bertujuan untuk mendalami ilmu agama Islam dan mengamalkannya sebagai pedoman hidup sehari-hari. Dalam perkembangannya, pendidikan saat ini membutuhkan pengelolaan yang baik. karena, untuk mencapai hasil yang maksimal, lembaga pendidikan diharapkan harus selalu melakukan peningkatan mutu, salah satu standar mutu pendidikan adalah mutu kurikulum.
Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan Standar Mutu Kurikulum Madrasah Diniyah (2) Untuk mendeskripsikan upaya pondok pesantren dalam mengontrol mutu kurikulum madrasah diniyah (3) Untuk mendeskripsikan upaya pondok pesantren dalam meningkatkan mutu kurikulum madrasah diniyah.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan menekankan pada kekuatan analisis data pada sumber-sumber data yang ada, sehingga hasil penelitian tidak berupa angka-angka melainkan berupa interpretasi dan kata-kata. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan. Kemudian pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis adalah: (1) Standar Mutu Kurikulum Madrasah diniyah yaitu: (a) Tujuan madrasah diniyah yaitu Mendidik dan membina masyarakat untuk menjadi manusia yang beriman, bertaqwa, dan berakhlakul karimah. (b) Isi meliputi: 1) beban belajar 2) kalender pendidikan 3) secara umum, pelajaran yang diajarkan di madrasah diniyah adalah tauhid, akhlak, fiqih, hadits, tarikh Islam, nahwu dan sorof (c) metode pengajaran yang digunakan adalah dengan menggunakan sistem sorogan atau wetonan (d) Evaluasi madrasah diniyah dilakukan dua kali dalam setahun yaitu setiap bulan maulid dan bulan sya’ban. Evaluasi ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui kemampuan masing-masing santri terhadap materi pengajian yang telah disampaikan. (2) Usaha-usaha dalam mengontrol mutu kurikulum madrasah diniyah adalah dengan cara mengadakan rapat rutin setiap awal, pertengahan, dan akhir tahun ajaran. Selain itu, kiai pondok pesantren selalu mengawasi kegiatan pembelajaran di kelas. (3) Usaha-usaha dalam meningkatkan mutu kurikulum meliputi a) Aspek Tujuan b) Aspek Guru c) Aspek Siswa d) Aspek Alat e) Aspek kerjasama dengan masyarakat dan pemerintah.
ABSTRACT
Islamic Boarding School is an Islamic educational institution whose existence is very important in the history of Islam and also the development of Islamic education in Indonesia. Basically boarding school aims to explore the science of Islam and practice it as a guide to daily living. During its development, the current education requires good management. because, in order to achieve maximum results, expected educational institutions should always conduct quality improvement, one of the standard quality of education is the quality of the curriculum.
The purpose of this research are: (1) To describe the Quality Standard Madrasah Diniyah Curriculum (2) To describe efforts to control the quality of the boarding school in the madrasa curriculum diniyah (3) To describe efforts to improve quality boarding school in the madrasa curriculum diniyah.
This research was conducted using qualitative descriptive methods, with emphasis on the power of data analysis on data sources that exist, so that the research results are not of the numbers but in the form of interpretation and words. Data was collected through, observation, interviews, and documentation. Techniques of data analysis done by data reduction, data display, and conclusion making. Then checks the validity of the data using persistence observation, and triangulation.
The results of research by the author are: (1) Quality Standard Madrasah Curriculum diniyah namely: (a) The purpose of the madrasa diniyah Educate and foster human society to be a faithful, devoted, and has akhlakul karimah. (b) Contents include: 1) the burden of learning
2) education calendar 3) in general, the lessons taught in madrassas diniyah is monotheism, morality, fiqh, hadith, Islamic chronicle, nahwu and sorof (c) teaching method used is to use wetonan system or sorogan (d) Evaluation of the madrasa diniyah done twice in a year ie every month's birthday and the month of Sha'ban. This evaluation was conducted aimed to determine the ability of each of the students the material that has been delivered lectures. (2) Attempts to control the quality of the curriculum in madrassas diniyah is to hold regular meetings every beginning, middle, and end of the school year. In addition, scholars boarding school always supervise learning activities in the classroom. (3) Efforts to improve the quality of the curriculum includes a) Purpose b Aspect) Aspect Teacher c) Students aspect d) Aspects of Tool e) Aspects of cooperation with the community and government.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Aziz, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pondok Pesantren; Mutu Kurikulum; Madrasah Diniyah; Boarding Schools; Curriculum Quality; Madrasah Diniyah | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2022 14:02 | ||||||
Last Modified: | 04 Aug 2022 14:02 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39846 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |