Ulfa, Mariya (2014) Pandangan masyarakat terhadap pendidikan pondok pesantren di Desa Madiredo Kecamatan Pujon. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10110017.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Dalam kehidupan di zaman modern sekarang ini, pendidikan sangat di utamakan. Karena dengan pendidikan manusia mampu bersaing dalam keeksistensian hidup di bumi ini. Pendidikan merupakan suatu proses di dalam menemukan transformasi dalam diri manusia, maupun masyarakat. Oleh sebab itu, proses pendidikan yang baik adalah pendidikan yang tidak terpaku oleh suatu pendidikan umum saja tetapi pengalaman dalam menjalani suatu kehidupan juga merupakan ilmu serta landasan dan tolak ukur dalam kita mengambil suatu kebijakan dalam berilmu.
Melihat fenomena yang terjadi pada saat sekarang ini banyak kalangan yang lebih mulia melihat sistem pendidikan pesantren sebagai salah satu solusi untuk terwujudnya produk pendidikan yang tidak saja cerdik, pandai, lihai tetapi juga berhati mulia dan berakhlakul karimah.
Adapun yang menjadi fokus dari penelitian ini adalah mencari data-data tentang: (1)Bagaimana pandangan tokoh masyarakat terhadap pendidikan pondok pesantren di desa Madiredo kecamatan Pujon, (2) Bagaimana pandangan orang tua santri terhadap pendidikan pondok pesantren di desa Madiredo kecamatan Pujon.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, yaitu pengumpulan data yang berupa kata-kata bukan angka, bertujuan untuk menggambarkan keadaan atau kegiatan yang terjadi di lapangan dan dipilih secara sistematis menurut kategorinya dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh masyarakat umum. Peneliti memilih informan dari 10 orang masyarakat Desa Madiredo Kecamatan Pujon, yaitu: 5 Tokoh masyarakat, 5 orang tua santri. Dalam rangka memperoleh data yang dibutuhkan, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Dari analisis data yang diperoleh dapat diambil kesimpulan bahwa pandangan masyarakat terhadap pendidikan pondok pesantren, dilihat dari sistem model pondok pesantren yang diantaranya adalah pondok pesantren tradisional dan pondok pesantren modern. Dari dua model tersebut masyarakat lebih mengutamakan pendidikan pondok pesantren yang modern, karena dalam pendidikan pondok pesantren modern anak-anak tidak hanya mendapat materi keagamaan saja tetapi mereka juga mendapat ilmu umum. Untuk menghadapi era globalisasi saat ini anak-anak atau bahkan para remaja membekali dirinya dengan kedua ilmu tersebut, tidak cukup hanya ilmu agama saja atau ilmu umum saja akan tetapi harus menyeimbangkan atara ilmu agama dengan ilmu umum.
ABSTRACT
In the life of modern era, that education is a priority. Because of education that humans being always be able to compete by the existenceof life on the world. Education is the process of finding a transformation on human, and society. Therefore, a good of educational process is education that is not fixated by a general education, but the experience on living of life that is a knowledge also foundation and benchmark for us to take of knowledgeablepolicy.
Showwing at the phenomenon that occur at the present time many people more be noble look at the system of islamic boarding school education as one of them solution for realization of educational products which are not only clever, smart, but also noble and berakhlakul karimah.
The focus of this research is to find of data: (1) How the view of figure society about the islamic boarding school education in Madiredo village Pujon, (2) How the views of student parent about the islamic boarding school education in Madiredo village Pujon.
This research used a qualitative approach by descriptive research, namely the collection of data in the form of words not numbers, the purpose to describe about the condition that occur in the field and systematically selected according to category by using of language that is easily understood by the general society. Researchers chose for the informants of 10 people Madiredo village Pujon, namely: 5 of public figures , 5 parents of students. In order to obtain the required of data, the researchers used a technique of collecting data through observation, interviews, and documentation.
From analysis of the data it can be conclusion that the view of society on islamic boarding school education, showwing from the system of models islamic boarding school which of them is traditional and moderislamic boarding school. From the two models of society they are priority by modern islamic boarding school education, because in the modern islamic boarding school education that students not only getting of religious subject but they also getting of general subject. For the preparation of this globalization erathe childrens or adolescent themselves always complete itby the secong of them knowledge, is not enough just religion knowledge it self or general knowledge but must be balance between religious knowledgeor general knowledge with general knowledge.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muhaimin, Muhaimin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendidikan Pondok Pesantren; Masyarakat; Islamic Boarding School Education; Society | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2022 14:01 | ||||||
Last Modified: | 04 Aug 2022 14:01 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39834 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |