Pengaruh celebrity endorse dan tagline Iklan terhadap brand awareness konsumen pada Produk Wardah dikalangan Mahasiswi UIN Maliki Malang

Andini, Lily Puspita (2016) Pengaruh celebrity endorse dan tagline Iklan terhadap brand awareness konsumen pada Produk Wardah dikalangan Mahasiswi UIN Maliki Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
12410085.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

INDONESIA:

Celebrity endorse adalah meggunakan artis sebagai bintang iklan dimedia-media, mulai dari media cetak, media social, maupun media televisi. factor yang dimiliki oleh celebrity endorse yaitu Attractiveness (Daya tarik fisik), Trustworthiness (Dapat dipercaya), Expertise (Keahlian). Tagline merupakan bagian dari iklan yag bertujuan agar iklan tersebut mudah diingat oleh konsumen. Tagline yang efektif adalah yang mampu meningkatkan brand awareness, sesuai dengan tujuan iklan untuk mengenalkan atau meningkatkan pengetahuan konsumen tentang brand yang diiklankan tersebut. Brand awareness (Kesadaran merek) adalah sebuah tujuan umum komunikasi untuk semua strategi promosi. Dengan menciptakan brand awareness pemasar berharap bahwa kapanpun kebutuhan kategori muncul, brand tersebut akan dimunculkan kembali dari ingatan kemudian dijadikan pertimbangan dalam pengambilan keputusan.
Untuk menganalisis pengaruh celebrity endorse dan tagline iklan kosmetik wardah secara persial terhadap brand awareness konsumen di kalangan mahasiswi UIN Maliki Malang. Untuk mengetahui pengaruh celebrity endorse dan tagline iklan secara simultan terhadap brand awareness konsumen di kalangan mahasiswi UIN Maliki Malang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan celebrity endorse, tagline iklan, dan brand awareness sebagai variabelnya. Kemudian untuk mengkategorisasikan celebrity endorse, tagline iklan dan brand awareness dengan menentuan mean-standart deviasi terlebih dahulu, kemudian dilakukan analisis prosentase dan teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analis regresi berganda. Subjek penelitian adalah Mahasiswi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan jumlah sampel 257.

Hasil penelitian menunjukan bahwa Pengaruh celebrity endorse dan tagline iklan terhadap brand awareness konsumen pada mahasiswi UIN Maliki Malang menggunakan analisis regresi liner berganda pada penelitian ini menunjukkan bahwa nilai p=0,000 (p<0,05), dan koefisien regresi X10,223, X2 0,484 menunjukkan adanya korelasi positif antara celebrity endorse dan tagline iklan dengan brand awareness. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi celebrity endorse dan tagline iklan semakin tinggi pula brand awareness pada konsumen.

ENGLISH:

Celebrity endorse adalah meggunakan artis sebagai bintang iklan dimedia-media, mulai dari media cetak, media social, maupun media televisi. factor yang dimiliki oleh celebrity endorse yaitu Attractiveness (Daya tarik fisik), Trustworthiness (Dapat dipercaya), Expertise (Keahlian). Tagline merupakan bagian dari iklan yag bertujuan agar iklan tersebut mudah diingat oleh konsumen. Tagline yang efektif adalah yang mampu meningkatkan brand awareness, sesuai dengan tujuan iklan untuk mengenalkan atau meningkatkan pengetahuan konsumen tentang brand yang diiklankan tersebut. Brand awareness (Kesadaran merek) adalah sebuah tujuan umum komunikasi untuk semua strategi promosi. Dengan menciptakan brand awareness pemasar berharap bahwa kapanpun kebutuhan kategori muncul, brand tersebut akan dimunculkan kembali dari ingatan kemudian dijadikan pertimbangan dalam pengambilan keputusan.
Untuk menganalisis pengaruh celebrity endorse dan tagline iklan kosmetik wardah secara persial terhadap brand awareness konsumen di kalangan mahasiswi UIN Maliki Malang. Untuk mengetahui pengaruh celebrity endorse dan tagline iklan secara simultan terhadap brand awareness konsumen di kalangan mahasiswi UIN Maliki Malang.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan celebrity endorse, tagline iklan, dan brand awareness sebagai variabelnya. Kemudian untuk mengkategorisasikan celebrity endorse, tagline iklan dan brand awareness dengan menentuan mean-standart deviasi terlebih dahulu, kemudian dilakukan analisis prosentase dan teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analis regresi berganda. Subjek penelitian adalah Mahasiswi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan jumlah sampel 257.

Hasil penelitian menunjukan bahwa Pengaruh celebrity endorse dan tagline iklan terhadap brand awareness konsumen pada mahasiswi UIN Maliki Malang menggunakan analisis regresi liner berganda pada penelitian ini menunjukkan bahwa nilai p=0,000 (p<0,05), dan koefisien regresi X10,223, X2 0,484 menunjukkan adanya korelasi positif antara celebrity endorse dan tagline iklan dengan brand awareness. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi celebrity endorse dan tagline iklan semakin tinggi pula brand awareness pada konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Mangestuti, Retno
Keywords: Celebrity Endorse; Tagline Iklan; Brand Awareness; Celebrity endorsed; Tagline Advertising; Brand Awareness
Departement: Fakultas Psikologi
Depositing User: Ratih Novitasari
Date Deposited: 01 Aug 2016 09:09
Last Modified: 01 Aug 2016 09:09
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3982

Actions (login required)

View Item View Item