Ardianti, Yunita Dwi (2014) Pemanfaatan media pembelajaran dalam mengembangkan kreativitas guru Pendidikan Agama Islam di SDN Semen 05 Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10110028.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Pemanfaatan media pembelajaran yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam hendaknya disesuaikan dengan karakteristik siswa, tujuan pembelajaran, bahan ajar, karakteristik media itu sendiri, dan sifat pemanfaatan media. Kreativitas adalah suatu kemampuan untuk menciptakan hasil yang sifatnya baru, inovatif, belum ada sebelumnya, menarik, dan berguna bagi masyarakat. Guru merupakan pembangkit dan pengembang daya kreativitas siswa. Seorang guru perlu mengembangkan kreativitas sebagai upaya pembaharuan proses pembelajaran di sekolah. Kreativitas siswa dalam belajar sangat bergantung pada kreativitas guru dalam mengembangkan materi dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Guru dapat menggunakan berbagai pendekatan dalam meningkatkan kreativitas siswa.
Permasalahan secara umum yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu: (1) media apasajakah yang digunakan guru pendidikan agama Islam di SDN Semen 05 kecamatan Gandusari kabupaten Blitar? (2) bagaimana pemanfaatan media pembelajaran dalam mengembangkan kreativitas guru pendidikan agama Islam di SDN Semen 05 kecamatan Gandusari kabupaten Blitar? (3) apakah faktor yang menjadi pendukung dan penghambat pemanfaatan media pembelajaran dalam mengembangkan kreativitas guru pendidikan agama Islam di SDN Semen 05 kecamatan Gandusari kabupaten Blitar?
Untuk mencapai rumusan masalah di atas, penelitian yang penulis lakukan di SDN Semen 05 menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Intrumen kunci adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, interview, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, menyajikan data, dan menarik kesimpulan atau generalisasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, disetiap kelas disediakan media pembelajaran alat peraga. Akan tetapi pemanfaatan media tersebut tergantung dengan materi yang akan disampaikan oleh guru dalam proses pembelajaran. Guru pendidikan agama Islam di SDN Semen 05 dalam proses pembelajaran memanfaatkan media pembelajaran yang telah disediakan oleh sekolah. Disamping itu, guru juga memiliki kreativitas dalam memanfaatkan media-media pembelajaran yang ada dan menggunakan metode yang sesuai dengan materi yang akan sampaikan, yaitu disesuaikan dengan materi, tujuan, metode, karakteristik siswa dikelas. Hal ini dimaksudkan agar pemanfaatan media pembelajaran tidak melenceng dari materi, tujuan, metode, karakteristik siswa sehingga pemahaman siswa dengan pemanfaatan media pembelajaran tersebut dapat lebih mudah dicapai.
ABSTRACT
The utilization of media learning conducted by the teacher for islamic education, should be adapted to characteristic student, the purpose of learning, teaching materials, characteristic of media itself, and the nature of the use of the media. The creativity is to a the ability to create new results, by its very nature innovative, has not before existed, exciting, and useful to the community.The teacher is a power and the developer resources creativity students.A teacher need to develop creativity as an effort to a renewal of a learning process in school. Creativity students in learning relied based on the creativity teacher in develop matterial of learning and create conducive learning environment. The teacher could use some approaches in increase their students.
Problems in general that is formulated in research is: (1) what is media used by teacher of islamic education teacher at SDN Semen 05 Kecamatan Gandusari kabupaten Blitar? (2) how the utilization of media learning in developing creativity for islamic education teacher at SDN Semen 05 Kecamatan Gandusari kabupaten Blitar? (3) if any factor that being stalwart and inhibitors of the utilization of media learning in developing creativity for islamic education teacher in SDN Semen 05 kecamatan Gandusari kabupaten Blitar?
To achieve the formulation the matter above, research who writers do at SDN Semen 05 using research qualitative approach with the kind of research descriptive. Intrumen of a key is researchers own, and techniques of collecting data is by observation, interview, and documentation. Data analysis by means of reducing the data irrelevant; presenting data, and draw a conclusion or generalization.
The results show that, every a classroom reserved media learning props.But the use of the media based on with material that is to be delivered by the teacher in the process of learning. Islamic education teacher at SDN Semen 05 in the process of learning utulizing media of learning that has been provided by the school. Besides, teachers also have creativity in the utulizing of media learning that is existing and use the method appropiate with the material that will be delivered, that is adapted to subject; the purpose, method and characteristic of students in classroom.This be intended to make the use of the media learning not drift apart from subject; the purpose, method, characteristic of students so understanding the student with the use of the media of learning is easy to be accomplished.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Baharuddin, Baharuddin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media Pembelajaran; Kreativitas; Guru; Media of Learning; Creativity; Teacher | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2022 14:01 | ||||||
Last Modified: | 04 Aug 2022 14:01 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39811 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |