Ichromi, Rohma Nur (2016) Konsep pendidikan pranatal dalam pandangan Dr. Mansur, MA dan Ubes Nur Islam. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12110005.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Anak merupakan generasi penerus bangsa, maka baik buruknya seorang anak dalam masa depan ditentukan oleh anak di masa sekarang. Mereka akan mampu menjadi hijab api neraka manakala dididik dengan kegungan serta keindahan Islam. Pendidikan yang baik berawal dari keluarga, sebab dari mereka lah kelak ganerasi berkualitas akan mengubah wajah dunia. Untuk itu Islam telah memberikan petunjuk kepada orang tua terutama ibu yang sedang hamil agar memperhatikan pendidikan anak yang masih dalam kandungannya. Masa kanak-kanak merupakan masa yang paling subur dan penting. Pada masa inilah seorang pendidik dapat menanamkan prinsip-prinsip yang lurus dan orientasi yang baik dalam jiwa dan perilaku anak didiknya. Kesempatan pada masa ini terbuka luas dan semua potensi tersedia dengan adanya fitrah yang suci, masa kanak-kanak yang masih lugu, kepolosan yang begitu jernih, kelembutan dan kelenturan jasmani, hati yang belum tercemari , dan jiwa yang belum terkotori.
Penelitian ini bermaksud untuk menjawab permasalahan : 1) Bagaimana konsep pendidikan prenatal dalam Pandangan Dr. Mansur, MA dan Ubes Nur Islam, 2) Bagaimana Metode pendidikan Pranatal dalam Pandangan Dr. Mansur, MA dan Ubes Nur Islam, 3) Bagaimana langkah-langkah pendidikan pranatal dalam Pandangan Dr. Mansur, MA dan Ubes Nur Islam. Permasalahan tersebut dibahas menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Library Research sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis bukan angka. Dengan demikian, laporan penelitian ini akan berisi kutipan-kutipan data untuk memberikan gambaran laporan tersebut.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa : Konsep pendidikan prenatal adalah proses stimulasi edukatif terhadap janin selama dalam kandungan ibunya dengan menggunakan metode serta langkah-langkah yang tepat serta sistematis. Sedangkan Metode pendidikan prenatal yang digunakan dalam pendidikan islam maliputi, 1) Metode do’a, 2)Metode Ibadah, 3) Metode Membaca dan menghafal, 4) Metode Zikir, 5) Metode Instruktif, 6) Metode dialog, 7) Metode Aktivitas Bersama, 8) Metode Bermain dan bernyanyi, 9) Metode Kondusif Alamiah. Adapun langkah-langkah pendidikan prenatal ialah: 1) Tahap pemilihan pasangan, yang meliputi a. berdasarkan pondasi agama, b. keturunan dan kemuliaan, c. bukan kerabat dekat, d. memilih yang gadis, e. subur. 2) Menikah, tahapan penanaman benih. 3)Prahamil, tahap benih mulai bereaksi di dalam uterus (pembuahan berhasil). 4)Kehamilan, mulai tumbuhnya janin dalam kandunagn ibu serta dimulainya pendidikan prenatal.
ENGLISH:
Children are the future generation, thenthe merits of a child in the future is determined by the children at present. They are capable of being hijab hellfire when educated with a greatness and the beauty of Islam when educated with the majesty and beauty of Islam. Good educated starts from the family, becausethey are the future qualified generation that will change the world. Therefore, Islam has provide guidance to parents, especially pregnant women to pay attention to children’s education when still in the womb. Childhood is the most fertilate and important periode. At this time a teacher can embed the straight principles and good orientation in the psyche and behavior of their students. Opportunity at this time open widely and all potential provided by the presence of the scare nature, childhood who are innocent, innocence that so clear, softness and suppleness of the body, a heart that has not been contaminated and the soul that has not been defiled.
This research aims to answer the question: 1) How does the concept of prenatal education in Education in view of Dr. Mansur, MA and UbesNur Islam.. 2) How does the methode of prenatal education in Education in view of Dr. Mansur, MA and UbesNur Islam., 3) How about steps of prenatal education in Education in view of Dr. Mansur, MA and UbesNur Islam.These problems are discusse using a qualitative approach with the type of research is Library Research as a research procedue that produces descriptive data in the form of words, not a number. Thus, this research report will contain excerpts of data to provide an overview of the report.
The result of research show that the concept, methode, and steps in prenatal education, include: The concept of prenatal education is educational stimulation to the fetus duringpregnancy the mother by using methods and measures appropriate and systematic. While prenatal education methods that used in Islamic education, include 1) method of dua 2) method of worship 3) method of reading ang memorizing 5) instructive method6) method of dialog 7) method of joint activity 8) method of playing and singing 9) method of natural coducive. The steps of prenatal education are 1) Stageof selection of mate, which includes a. Based on the foundation of religion, b. descent and glory, c. not a close relative, d. choose the girl, e. fertile. 2) Married, is planting the seed stage. 3) Pre-pregnancy, seed stage start reacting in the uterus (fertilization was successful). 4) Pregnancy, started growing fetus in the mother’s womb and the growth of the fetus in the mother as well as the commencement womb prenatal educationcommencement of prenatal education.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahyuni, Esa Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendidikan Pranatal; Pendidikan Islam; Prenatal Education; Islamic Education | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Dimas Andika Putra | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2016 16:03 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2016 16:03 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3980 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |