Sifaturrahmah, Sifaturrahmah (2014) Penerapan Quantum Teaching dalam meningkatkan prestasi pembelajaran akidah akhlak di MTs Yaspuri Merjosari Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10110035.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan memegang peranan penting yang menyangkut kemajuan dan masa depan bangsa, tanpa pendidikan yang baik mustahil suatu bangsa akan maju. Berhasil atau tidak suatu pendidikan dalam suatu negara salah satunya adalah karena guru.
Perbaikan kualitas pembelajaran haruslah diawali dengan perbaikan desain pembelajaran. Pembelajaran dapat dijadikan titik awal dari upaya perbaikan kualitas pembelajaran. Hal ini dimungkinkan karena dalam desain pembelajaran, tahapan yang akan dilakukan oleh guru dalam mengajar telah dirancang dengan baik, mulai dari mengadakan analisis dari tujuan pembelajaran sampai dengan pelaksanaan evaluasi sumatif yang tujuannya untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran perlu diterapkan pembelajaran yang bersifat kontekstual dan siswa siswi menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Penerapan Quantum Teaching Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Akidah Akhlak Di MTs Yaspuri Merjosari Malang.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana penerapan Quantum Teaching dalam pembelajaran Akidah Akhlak kelas VII di MTs Yaspuri Merjosari Malang? 2) Apa faktor pendukung dan penghambat serta solusinya pada penerapan Quantum Teaching dalam pembelajaran Akidah Akhlak kelas VII di MTs Yaspuri Merjosari Malang? 3) Bagaimana dampak penerapan Quantum Teaching dalam pembelajaran Akidah Akhlak kelas VII di MTs Yaspuri Merjosari Malang? Sedangkan tujuan peneliti di sini untuk mengetahui bagaimana penerapan Quantum Teaching dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Akidah Akhlak, karena di dalam penerapannya pasti ada faktor pendukung, penghambat serta solusinya.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa datanya adalah deskriptif kualitatif. Menetapkan keabsahan data, dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data yaitu, teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan berbagai sumber diluar data tersebut sebagai bahan pebandingan.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Yaspuri sudah cukup baik dengan cara guru dalam melakukan interaksi dengan siswa, dan menggunakan pendekatan pembelajaran sudah cukup efektif. Dan melihat data di lapangan siswa lebih aktif dalam mengemukakan pendapat dan semangat ketika melakukan kegiatan belajar mengajar. Dengan penerapan Quantum Teaching siswa lebih antusias mengikuti pembelajaran, karena terdapat berbagai cara atau metode yang dapat mengembangkan, membangkitkan semangat dan gairah belajar siswa. 2)faktor pendukung adalah kemampuan guru, sarana prasarana dan potensi siswa itu sendiri, sedangkan yang menjadi faktor penghambatnya adalah keterbatasan guru, sarana prasarana, minimnya waktu yang tersedia dalam proses belajar mengajar. Solusinya adalah pemanfaatan sarana prasarana semaksimal mungkin. 3) dampak dari penerapan Quantum Teaching dapat di lihat dari nilai hasil ulangan harian dan nilai tugas yang diberikan oleh guru kepada para siswanya dan rata-rata mendapat nilai di atas KKM yang telah ditentukan.
Aplikasi Quantum Teaching dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Yaspuri Malang belum bisa dikatakan utuh, karena masih mengalami beberapa hambatan, akan tetapi ini bukan berarti menafikan keberhasilan penerapan Quantum Teaching dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Yaspuri Malang karena walaupun mengalami beberapa kendala, penerapan Quantum Teaching dalam pembelajaran Akidah Akhlak telah menunjukkan hasilnya yaitu kegairahan dan kesenangan siswa dalam belajar, suasana yang terlihat dinamis dan siswa menjadi aktif.
ABSTRACT
Education has an important role concerning the progress of a nation‟s future. Without a good education, it is impossible for a country able to develop. One of the causal factors whether the education in a country success or not is because of the teacher.
The improvement of the quality of learning shall be begun from a fixing of learning design. The learning can be the starting point of an effort to repair the learning quality. This has been more feasible because in the design of learning, the steps which are done by the teacher have been design properly, started by doing analysis of learning process up to the evaluation summative for averaging the attainment of learning purpose which has been set.
One of the efforts to improve the quality of learning which contextual need to be applied and students will apply it in their daily life. Nevertheless, researchers are interested in conducting research under tittle “Application of Quantum Teaching in Improving the Quality of Learning Akidah Akhlak at MTs Yaspuri Merjosari Malang”.
The formulations of the problem in this research include: 1). How to apply the Quantum Teaching in learning Akidah Akhlak in grade VII at MTs Yaspuri Merjosari Malang? 2). What are the supporting factors and the inhibiting factors along with the solutions in applying Quantum Teaching in learning Akidah Akhlak in grade VII at MTs Yaspuri Merjosari Malang? 3). How is the impact of Quantum Teaching application in learning Akidah Akhlak in grade VII at MTs Yaspuri Merjosari Malang? Whereas the goal of the researchers is to find out how is the Quantum Teaching application in improving the learning quality of Akidah Akhlak, because in its application there must have been a supporting factor, inhibiting factor as well as the solution.
Qualitative is the kind of this research, while the technique of data collecting is done by the way of observation, interview and documentation. The technique of data qualitative analysis is descriptive. Establishing the validity of data, this research uses triangulation data technique like the technique of examination the validity of data using various sources beyond the data as a comparison.
The results of this research are: 1) the learning of Akidah Akhlak at MTs Yaspuri has been fairly effective by looking at the teachers‟ way in not only doing interaction with the students, but also using the learning approximation. Looking at the field collecting, students more active in giving opinion and having spirit when learning activities run. Through the application of Quantum Learning, students are more enthusiastic in following learning process, because there are various ways or methods which can increase the students‟ spirit to learn. 2) The supporting factors are the skill of teachers, the facilities, and the potential of students itself. Whereas, the inhibiting factors are the restrictiveness of teachers, the facilities, and the minimization of time available in learning process. The solution of those problems is the usage of facilities as maximum as possible. 3) The impact of Quantum Teaching can be seen from the result of tests and assignments given by the teacher to students. They can get the higher KKM (scores) determined.
The application of Quantum Teaching in learning Akidah Akhlak at MTs Yaspuri Malang is not complete enough, because it still has some resistivity. But then this does not mean to disown the success of Quantum Teaching application in learning Akidah Akhlak at MTs Yaspuri Malang. Even though it still has some problems, Quantum Teaching application has shown the results, such as the fervor and the happiness in learning, the dynamic of situation and the students become
more active.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mulyono, Mulyono | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Quantum Teaching; Pembelajaran Akidah Akhlak; Penerapan Quantum Teaching; Quantum Teaching; Learning of Akidah Akhlak; Application of Quantum Teaching. | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2022 14:00 | ||||||
Last Modified: | 04 Aug 2022 14:00 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39797 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |