Rohmaniyah, Lathifatur (2014) Korelasi kemampuan menghafal Al-Qur'an dengan prestasi belajar Al-Qur'an Hadits siswa kelas VIII MTS.Al-Fathimiyah Banjarwati Paciran Lamongan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text
10110036.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Kemampuan dalam menghafal Al-Qur’an bagi umat Islam adalah kemampuan yang sangat baik untuk dimiliki. Menghafal al-Qur’an yang dilakukan siswa merupakan usaha dengan sadar dan sungguh-sungguh yang dilakukan untuk mengingat-ingat dan meresapkan bacaan kitab suci al-Qur’an yang mengandung mukzijat kedalam fikiran agar selalu ingat, dengan menggunakan metode dan strategi tertentu. Prestasi belajar adalah penguasaan pengetahuan dan keterampilan yang dikembangkan oleh mata pelajaran, lazimnya ditunjukkan oleh nilai atau angka yang diberikan oleh guru. Menghafal al-Qur’an sangat menunjang prestasi belajar para siswa. Selain itu tentunya menghafal al- Qur’an itu sendiri membantu meningkatkan kesehatan mental anak dan merupakan hal yang positif.
Penelitian ini dilakukan di MTs. Al-Fathimiyah Banjarwati Paciran Lamongan yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan menghafal al-Qur’an siswa kelas VIII MTs. Al-Fathimiyah Banjarwati Paciran Lamongan tahun ajaran 2013-2014, tingkat prestasi belajar al-Qur’an hadits siswa kelas VIII MTs. al- Fathimiyah Banjarwati Paciran Lamongan tahun ajaran 2013-2014, dan ada tidaknya korelasi kemampuan hafalan Al-Qur’an terhadap prestasi belajar al- Qur’an hadits siswa kelas VIII MTs. Al-Fathimiyah Banjarwati Paciran Lamongan Tahun Ajaran 2013-2014.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional, yaitu penelitian yang dituntut menggunakan angka mulai pengambilan data hingga penampilan dari hasilnya dan bertujuan untuk menemukan ada tidaknya hubungan antar variabel yang diteliti. Dalam penelitian ini instrument yang digunakan adalah instrument berupa angket yang digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan menghafal al- Qur’an,dan instrument berupa dokumen yang diperoleh dari nilai UTS Genap pada mata pelajaran al-Qur’an hadits. Analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah editing, tabulating, scoring dan penerapan data sesuai dengan penelitian. Sedangkan pengujian hipotesis peneliti menggunakan uji korelasi.
Hasil analisis validitas dengan rumus korelasi Product Moment dari Pearson berdasarkan pada taraf signifikan 0,00 diperoleh 15 item semuanya valid. Nilai koefisien reabilitas yang diperoleh 0,952 untuk variabel kemampuan menghafal al-Qur’an dihitung dengan rumus Alpha Cronbach. Sedangkan hasil pengujian hipotesis penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,768 dengan signifikansi 0,000 maka terdapat hubungan yang kuat antara kemampuan menghafal al-Qur’an dengan prestasi belajar al-Qur’an hadits. Dari hasil penelitian yang sebesar r = 0,768 jika dikonsultasikan dengan harga tabel taraf signifikansi 5% untuk jumlah subjek 45 siswa adalah 0,294 sehingga rhitung > rtable (0,768 > 0,294) yang membuktikan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara kemampuan menghafal al-Qur’an dengan prestasi belajar al-Qur’an hadits siswa kelas VIII MTs. Al-Fathimiyah Banjarwati Paciran Lamongan.
ABSTRACT
Ability in memorizing the Quran for Muslims is a very good ability to have. Memorizing the Qur'an which the student is done with conscious effort and sincerely committed to remembering and absorbing reading the holy book which contains the miracle into mind to always remember, by using certain methods and strategies. Learning achievement is the acquisition of knowledge and skills developed by the subjects, usually indicated by a mark or grade given by the teacher. Memorizing the Qur'an strongly support the students' learning achievement. In addition of course to memorize the Qur'an itself helps improve children's mental health and is a positive thing.
This research was conducted in MTs. Al-Fathimiyah Banjarwati Paciran Lamongan which aims to determine the ability to memorize the Qur'an eighth grade students of MTs. Al-Fathimiyah Banjarwati Paciran Lamongan 2013-2014 school year, the level of achievement of learning the Qur'an hadith eighth grade students of MTs. Al-Fathimiyah Banjarwati Paciran Lamongan 2013-2014 school year, and whether there is a correlation of the ability of memorizing the Quran on the learning achievement of the holy quran hadith eighth grade students of MTs. Al-Fathimiyah Banjarwati Paciran Lamongan Academic Year 2013-2014.
The approach used in this study is a quantitative approach to the type of correlational research, the research that is required to use numbers begin collecting data until the appearance of the results and aims to find the relationship between the variables studied. In this research instrument used was a questionnaire instrument is used to determine the level of ability to memorize the Qur'an, and the instrument in the form of documents obtained from the value of UTS Even on subjects Qur'an hadith. Analysis of the data used by researchers is editing, tabulating, scoring and application data according to the research. While testing our hypotheses using correlation test.
The results of the analysis of the validity of the formula of Pearson Product Moment correlation based on the significant level of 0.00 was obtained 15 items are all valid. Reliability coefficient value of 0.952 obtained for the variable ability to memorize the Qur'an calculated by alpha Cronbach formula. While the results of hypothesis testing research showed correlation coefficient of 0.768 with a significance of 0.000 then there is a strong relationship between the ability to memorize the Qur'an by the Qur'an learning achievement hadith. From the research that was r = 0.768 if consulted with price tables significance level of 5% for 45 subjects the number of students is 0.294 so r hitung > r table (0.768> 0.294) which proves that H0 is rejected and Ha is accepted which means that there is a significant positive relationship the ability to memorize the Qur'an by the Qur'an learning achievement of students of class VIII hadith MTs. Al-Fathimiyah Banjarwati Paciran Lamongan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mujtahid, Mujtahid | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kemampuan Menghafal Al-Qur’an; Prestasi Belajar Siswa; Ability Memorizing the Quran; Student Achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2022 14:00 | ||||||
Last Modified: | 04 Aug 2022 14:00 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39794 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |