Al-Abqoriyah, Syahar Banu (2014) Implementasi pendekatan Multiple Intelligences (MI) dalam pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar PAI siswa di SD Plus Al-Kautsar Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10110093.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Pendekatan Multilple Intelligences adalah sebuah pendekatan yang menyebutkan bahwa setiap siswa memiliki kelebihan kecerdasan yang berbeda, oleh karena itu tidak ada siswa itu bodoh, karena Kecerdasan seseorang dapat dilihat dari banyak dimensi, tidak hanya kecerdasan verbal (berbahasa) atau kecerdasan logika. Seperti yang diungkapkan Gardner seorang psikolog dengan cerdas memberikan label “Multiple” (jama’ atau majemuk) pada luasnya makna kecerdasan, sehingga atas dasar itu dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar PAI siswa maka diperlukan pendekatan untuk mencapai hasil belajar PAI yang diinginkan. Salah satu pendekatan untuk mencapai hasil belajar sesuai keenderungan kecerdasan siswa adalah implementasi pendekatan Multiple Intelligences (MI).
Berdasarkan uraian diatas, peneliti mencoba meneliti penerapan pendekatan Multiple Intelligences dengan tujuan untuk: (1) mengetahui implementasi pendekatan Multiple Intelligences dalam pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SD Plus Al-Kautsar Malang. (2) mengetahui evaluasi implementasi pendekatan Multiple Intelligences dalam pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SD Plus Al-Kautsar Malang.
Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata, tertulis, atau lisan dari orang-orang yang dapat diamati. Yaitu melalui wawancara, observasi, dan juga dokumentasi, sehingga peneliti memperoleh data yang valid dan akurat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) pelaksanaan implementasi pendekatan Multiple Intelligences dalam pemebelajaran guna meningkatkatkan hasil belajar PAI siswa di SD Plus Al-Kautsar berjalan dengan baik, dimana guru benar-benar membantu siswa untuk mencapai hasil belajar seperti yang diharapkan. Yaitu guru menyesuaikan gaya belajar siswa, sehingga siswa merasa senang dan semagat dengan pembelajaran yang diterima yang ahirnya siswa dapat memperoleh hasil belajar sesuai yang diinginkan. (2) proses evaluasi implementasi pendekatan Multiple Intelligences dalam pembelajaran juga sangat berjalan dengan baik dimana evaluasi rutin dilakukan setiap ada pertemuan guru, yang selain itu juga sering dilakukan evaluasi ketika guru mengkonsultasikan lesson plan dan hasil dari proses pembelajaran kepada GA (guardian angle) tentang yang sudah dilakukan dikelas tanpa harus pada saat ada pertemuan guru.
ABSTRACT
Multiple intelligence approach is an approach which mentions that every student have different intelligence. So that, there is no a stupid student, because someone intelligence can be seen from many aspects or dimensions. It’s not only verbal intelligence. A psychologist, Gardner gave the word “multiple” for the scope meaning of intelligence. So, based on that statement, in order to develop PAI student learning outcomes, the teacher needs an approach to reach an expected learning outcome of learning PAI. One of the approaches that appropriate with the students intelligence is the implementation of multiple intelligence’s approach.
Based on that explanation, the researcher tried to research the application of multiple intelligence approach with some purposes. Those were : 1. Knowing the implementation of multiple intelligence approach in learning process to develop PAI student learning outcomes in SD Plus Al – Kaustar Malang. 2. Knowing the evaluation of multiple intelligence approach’s implementation in learning process to develop PAI student learning outcomes in SD Plus Al – Kaustar Malang.
To reach those two purposes above, the researcher used descriptive qualitative approach for her research. Qualitative approach is a research procedure that produces descriptive data in the form of words, written or spoken from the people that can be observed through interview, observation and documentation. So, the researcher got the valid data.
The result of the study showed that, 1. The implementation of multiple intelligence approach in learning process to develop PAI student learning outcomes in SD Plus Al – Kaustar Malang run well, the teacher really helped the students to reach the expected learning outcomes. The teacher adjusted the students’ style of study. So, they felt happy and spirit to study in their class and they could get an expected their learning outcomes. 2. The evaluation process in implementation of multiple intelligence approach in learning process also run very well because the evaluation was held every meeting. Moreover, the evaluation was also held when the teacher consulted her lesson plan and the result of this learning process to GA (Guardian Angel) about everything that had been done in the class.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Marno, Marno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Multiple Intelligences; Pembelajaran Agama Islam; Hasil Belajar; Multiple Intelligences; Islamic religious learning; learning outcomes | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2022 13:59 | ||||||
Last Modified: | 04 Aug 2022 13:59 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39792 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |