Ulum, Ahmad Syaiful (2014) Pelaksanaan pembinaan akhlak melalui pendidikan akhlak mulia di SMA Negeri 1 Turen. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10110088.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pembinaan akhlak adalah salah satu hal yang paling mendominasi dalam pembentukan kepribadiaan siswa. Pemantauan dan pemberian materi dilakukan secara maksimal oleh guru, seharusnya dapat dipastikan akhlak peserta didik akan menjadi lebih baik. Namun ternyata terdapat kesenjangan antara harapan dan kenyataan. Hampir setiap hari kita mendengar di media elektronik dan cetak, kita bisa mendapatkan bukti-bukti yang mengarah pada terjadinya degadrasi moral, khususnya para remaja yang merupakan usia produktif bagi peserta didik. Berpijak dari itulah peneliti melakukan penelitian di SMA Negeri
1 Turen dengan judul pelaksanaan pembinaan akhlak melalui pendidikan akhlak mulia di SMA Negeri 1 Turen.
Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan pembinaan akhlak melalui pendidikan akhlak mulia di SMA Negeri 1 turen. (2) Untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan pembinaan akhlak melalui pendidikan akhlak mulia di SMA Negeri 1 Turen. (3) Untuk mengetahui usaha sekolah dalam mengatasi hambatan pembinaan akhlak melalui pendidikan akhlak mulia di SMA Negeri 1 Turen.
Untuk mencapai tujuan tersebut, Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui (1). Wawancara (interview), (2). Pengamatan (observasi) dan (3). Dokumentsi. Penentuan informan dengan mengunakan tehnik purposif sampling. Selanjutnya analisa data dilakukan dengan: (1). Analisa selama pengumpulan data yakni secara induktif dengan mengunakan analisa deskriptif, (2). Teknik keabsahan data dengan mengunakan triangulasi sumber data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) proses pelaksanaan pembinaan akhlak melalui pendidikan akhlak mulia di SMA Negeri 1 Turen berjalan dengan baik, yakni dengan memberikan materi akhlak yang sesuai dengan kebutuhan remaja saat ini dan juga praktik, serta guru memberikan waktu kepada siswa untuk (sharing) bertukar pengalaman. (2) Seluruh warga sekolah mendukung dengan adanya pendidikan akhlak mulia. Faktor penghambatnya adalah faktor bawaan yang dibawa oleh masing-masing siswa, waktu untuk pendidikan akhlak mulia masih kurang, dampak negatif dari perkembangan teknologi. (3) Upaya sekolah untuk mengatasi hambatan yang ada adalah: Penggunaan metode pembelajaran yang sesuai, menciptakan lingkungan yang islami, serta pengawasan langsung dan absensi disetiap kegiatan pembinaan akhlak, seperti saat sholat berjamaah.
ABSTRACT
Moral development is one of the most dominating in the formation of the personality of students. Monitoring and provision of material have done optimally by the teacher, should be ascertained morals of students will be better. But apparently there is a gap between expectations and reality. Almost every day we hear in the electronic and mass media, we can get the evidence that led to the relegation of moral, especially teenagers who are of productive age for students. Based on that, researcher conducting research in SMAN 1 Turen with the title is Implementation of Moral Development through Noble Moral Education in SMAN
1 Turen.
The objectives of this study were: (1) To determine the moral development through the process of maximizing the noble moral education in SMAN 1 Turen. (2) To know the factors that support and hinder the moral development through the optimization of noble moral education in SMAN 1 Turen. (3) To determine the school effort in overcoming obstacles of moral development through noble moral education in SMAN 1 Turen.
To achieve these objectives, this study uses qualitative research. Data was collected through (1). Interview, (2). Observation and (3). Documentation. Determination of informants by using technique of purposive sampling. Further analysis of the data is done by: (1). Analysis during the data collection inductively by using descriptive data, (2). Validity of the data by using the technique of triangulation of data sources.
The results showed that, (1) the optimization of the process of moral development through education for noble moral in SMAN 1 Turen goes well, by giving moral material that fits the needs of today's teenagers and also practices , and teachers provide time for students to (sharing) exchange experiences. (2) The entire school community supports the presence of noble moral education. Inhibiting factor is heredity carried by each student, the time for the noble moral education is still lacking, the negative impact of technological development. (3) Efforts to overcome the obstacles that school there is: The use of appropriate learning methods, creating an Islamic environment, as well as direct supervision and attendance every moral building activities, such as during prayer in congregation.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sudiyono, Sudiyono | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pembinaan Akhlak; Pendidikan Akhlak Mulia; Moral Development; Noble Moral Education | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2022 13:59 | ||||||
Last Modified: | 04 Aug 2022 13:59 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39778 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |