Chusnia, Miftachul (2014) Implikasi modernisasi sistem pendidikan Pondok Pesantren dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pada santri di Pondok Modern Al-Rifa’ie Gondanglegi – Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10110087.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK
Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan tertua yang terus tumbuh dan berkembang seiring dengan perkembangan dunia pendidikan. Eksistensi pondok pesantren sudah mendapatkan pengakuan dari masyarakat karena pesantren ikut terlibat dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Seirama dengan perkembangan zaman mengakibatkan terjadinya pergeseran nilai, struktur dan pandangan. Di satu sisi pesantren harus mempertahankan nilai nilai positif namun disisi lain pesantren harus menerima hal hal baru yang menjadi kebutuhan masyarakat modern.
Sumber Daya Manusia di Indonesia masih dikatakan rendah. Hal ini dapat
dilihat dari banyaknya angka usia produktif yang mengalami pengangguran. Apabila tidak ada upaya yang tepat maka dapat menyebabkan kemunduran dan keterbelakangan. Disinilah signifikasi pesantren dalam pemberdayaan manusia perlu ditingkatkan, agar dapat menciptakan generasi muda yang memiliki IPTEK dan IMTAQ dengan membekali santri dengan kemampuan sesuai dengan tuntutan zaman dan reformasi.
Sebagai respon dalam menjawab tantangan zaman, maka Pondok Modern Al-Rifa’ie hadir dengan sistem pendidikan yang modern sehingga tidak terpaku dengan sistem pendidikan yang tradisional. Oleh karena itu dalam penelitian ini peneliti mencoba untuk menemukan implikasi modernisasi sistem pendidikan dalam meningkatkan kualitas SDM pada santri dengan rumusan masalah: 1) bagaimana modernisasi sistem pendidikan pondok pesantren dalam meningkatkan kualitas SDM pada santri di PM Al-Rifa’ie gondanglegi malang, 2) bagaimana implikasi modernisasi sistem pendidikan pondok pesantren dalam meningkatkan kualitas SDM pada santri di PM Al-Rifa’ie Gondanglegi. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan modernisasi sistem pendidikan PM Al-Rifa’ie dalam meningkatkan kualitas SDM dan juga implikasi dari modernisasi tersebut.
Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif
dengan jenis deskriptif. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) modernisasi sistem pendidikan pondok pesantren dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia yaitu dengan upaya merekonstruksi tata susunan lama dan membangun susunan hidup kebudayaan bercorak modern dalam sistem pendidikannya antara lain: tujuan, tata nilai, struktur organisasi, lingkungan kehidupan pesantren, kiai dan ustad, santri, pengurus, interaksi pelaku, kurikulum, dana dan sarana prasarana yang mengaju kepada peningkatan potensi santri. 2) implikasi dari modernisasi sistem pendidikan pondok pesantren dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia pada santri yakni terbukti dengan : Pondok Pesantren Al-Rifa’ie dapat mencetak santri yang unggul yang memiliki potensi dalam bersaing dan tak lupa memiliki keimanan yang kokoh untuk membentengi dirinya dari pengaruh pengaruh luar. tidak hanya itu saja modernisasi juga berpengaruh terhadap sektor ekonomi yakni dengan membuka lapangan pekerjaan tidak hanya untuk santri namun juga masyarakat di sekitar pondok.
ABSTRACT
Islamic boarding school is the oldest education institution that grows continuesly and developes along with devolopment of education. The excistence of islamic boarding school has got legitimation from society because it involves in the process of educating nation life. With the development of period causes displacement of value, stucture, and opinion. On the other side islamic bording school has to bear positive value but on one side it has to recieve new things that become modern society’s necessity.
In indonesia, human resource is still classified low. It can be seen from the number of productive age that is still unemployment. If there is appropriate efforts then it can cause decline and left behind with others notion. Here is significance of islamic boarding school in human empowerment needs to be increased in order to create young generation that has IPTEK and IMTAQ by giving students with the skill that is appropriate with the era’s demand and reformation.
As the respond to answer era’s obstacles so Al-rifa’i islamic boarding school come with the education modern system so it is not sticked with the traditional system of education. Therefore, in this research, the researcher tries to find implication of education system in establishing quality of human resource for students, with the research question: 1. How can modernisation’s education system of islamic boarding school in increasing quality of human resources for students at modern islamic boarding school al rifa’i gondanglegi- malang?. 2. How implication of modernisation system of education of islamic boarding school in increasing quality of human resources for students at modern islamic boarding school al rifa’i gondanglegi- malang. This research aims to describe system modernisation of education Al rifa’i in increasing qualitty of human resources and also the implication of its modernisation. This research uses descriptive qualitative approach to achieve those goal.
The main instrument is resercher itself and for data collection uses observat ion, interview, and documentation. The data are analyzed using data reduction that are not relevant, describing data and concluding it. The result of this research shows that 1. Education of modernisation system of islamic boarding school in
increasing the quality of human resources that is with the efforts to reconstruct the old structure and build culture life nuance striped modern in the education system.
They are goal, value, organisation’s structure, life environment of islamic boarding school, scholar and teacher, students, management, interaction, curriculum, fund, and tool and infrastructure that refer to increase of students’ potention. 2. implication of modernisation system of education islamic boarding school in increasing quality of human resources for students that is proved by: al- rifai islamic boarding school can generate excellent students who are strong to embattle their selves from outside influence. Not only that but alsomodernisation influence for economic sector that is with the open job vacancy that is not only for students but also for society around islamic boarding school.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashori, Bashori | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Modernisasi Sistem Pendidikan Pondok Pesantren; Sumber Daya Manusia Pada Santri; Modernization Islamic System Education; Human Resources On Students | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2022 13:59 | ||||||
Last Modified: | 04 Aug 2022 13:59 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39774 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |