Astuti, Ainul Firda (2014) Penerapan metode Drill dalam meningkatkannkemampuan membaca Al-Qur’an pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas X Ilmu Pengetahuan Alam (MIA) 4 Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10110083.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Adapun alasan yang melatar belakangi penelitian ini yakni di SMAN 2
Malang tahun pelajaran 2013/2014 belum semua siswa di Sekolah tersebut menguasai cara belajar membaca al-Qur’an dengan baik, masih banyak yang merasa kesulitan atau bahkan tidak mampu membaca sama sekali. Sedangkan pembelajaran al-Qur’an juga merupakan program pelajaran yang penting disampaikan pada siswa agar mereka mampu dan mengerti tentang dasar-dasar membaca al-Qur’an. Dan salah satu faktor yang menyebabkan siswa tidak mampu membaca al-Qur’an adalah kurangnya perhatian dari orang tua mengenai pembelajaran al-Qur’annya, kurangnya semangat yang timbul dari dirinya sendiri, kurangnya praktek membaca al-Qur’an di Sekolah, sehingga dengan ditemukan masalah tersebut peneliti mencoba menerapkan metode drill dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an pada siswa, agar nantinya siswa akan dilatih terus-menerus, diberikan bimbingan secara mendalam, dan dibina melalui pendekatan secara individual, dan faktor penghambat tersebut dapat ternetralisir dengan baik dan berkurang sedikit demi sedikit.
Adapun tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah penerapan metode drill dapat meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an pada mata pelajaran PAI. Dan untuk mengetahui bagaimana membaca al-Qur’an setelah penerapan metode drill mata pelajaran PAI siswa kelas X MIA 4 SMAN 2 Malang tahun pelajaran 2013/2014.
Penelitian yang penulis lakukan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode obsevasi, pengukuran tes hasil belajar, interview, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan tekhnik analisis deskriptif kualitatif. Sampel yang dituju yaitu Siswa Kelas X MIA 4 yang berjumlah 26.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an siswa kelas X MIA 4 SMAN 2 Malang telah menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan metode drill berjalan secara efektif dan efisien. Hal ini dapat dilihat dari sikap dan keantusiasan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dari hari ke hari (2) Metode drill dapat meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an. Hal ini dapat dilihat dari motivasi siswa dalam belajar al-Qur’an meningkat dan tingkat kelancaran siswa dalam membaca al- Qur’an juga meningkat dari siklus I sampai III meningkat secara perlahan.
ABSTRACT
The reason of conducting this research is that in 2013/2014 at SMAN 2
Malang, there are many students who had not known yet the way to read al-qur’an well, most of students are still difficult or even not able to read at all. Whereas al- Qur’an learning is also important lesson program to be known by students in order they have skill and understand about the basic of reading al-Qur’an. And one of the factors that cause students not being able to read Qur'an are that the lack of attention from parents about learning al-Qur'an, the lack of spirit that come from them self, the lack of reading Al-Qur'an practice at school, so that by finding this problem, researcher try to implement drill learning method in Increasing Reading Al- Qur’an Ability toward students, so students will be trained continuously, provided guidance in depth, and built through individual approach, and that cumberer factor can be neutralized well and diminishing little by little.
As for the purpose of this research is to find out whether the implementation of drill learning method can improve reading skills of al-Qur'an on Islamic science subjects. And to know how to read Al-Qur'an after applying drill learning method toward Islamic science subjects of X MIA 4 class at SMAN
2 Malang in 2013/2014.
This research that’s conducted by researcher is using qualitative approach with the type of classroom action research (CAR). The sequence of research activities include to: (1) planning, (2),action (3) observations, and (4) Reflection. In the collection of data, researcher used observation method, measurement of learning outcomes, interview and documentation. As for its analysis, researcher used technique of descriptive qualitative analysis. And for the sample is students of X MIA 4 that has number 26 students.
The results research showed that (1) the implementation of al-Qur'an learning on students of X MIA 4 class SMAN 2 Malang has demonstrated that the learning process by using drill learning method was running effectively and efficiently. It can be seen from the attitude and enthusiastic of students in joining learning process in a day by day (2) drill Method can improve reading skills of al- Qur'an. It can be seen from the increasing of student’s motivation in learning al- Qur'an and fluency level of students in reading al-Qur'an is also increased gradually from cycle I until cycle III.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahyuni, Esa Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Drill; Kemampuan Membaca Al-Qur’an | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2022 13:59 | ||||||
Last Modified: | 04 Aug 2022 13:59 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39772 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |