Rahma, Aulia (2016) Hubungan penyesuaian diri dengan kemandirian belajar pada Siswa Kelas X SMA Excellent Al-Yasini yang tinggal di pondok pesantren. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12410050.PDF - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan integrasi dijaman seperti ini telah banyak diminati kalangan orang tua yang ingin mencari sekolah untuk buah hatinya. Pendidikan integrasi merupakan perpaduan antara pendidikan yang bersifat formal dengan pendidikan informal yakni seperti adanya pondok pesantren. Masalah utama adalah siswa sekaligus santri tidak bisa memanage belajar nya, tidak tahu tujuan belajar dan tidak paham tujuan siswa belajar. Siswa kelas X yang tidak memiliki kemandirian belajar kemungkinan diakibatkan penyesuaian diri yang rendah.
Peneliti ingin meneliti: (1) bagaimana tingkat penyesuaian diri pada siswa kelas X SMA Excellent Al-Yasini yang tinggal di pondok pesantren. (2) bagaimana tingkat kemandirian belajar siswa pada siswa kelas X SMA Excellent Al-Yasini yang tinggal di pondok pesantren. (3) apakah ada hubungan antara penyesuaian diri dengan kemandirian belajar pada siswa kelas X SMA Excellent Al-Yasini yang tinggal di pondok pesantren. Tujuan penelitian untuk mengetahui (1) tingkat penyesuaian diri siswa kelas X SMA Excellent Al-Yasini yang tinggal di pondok pesantren. (2) tingkat kemandirian belajar siswa pada siswa kelas X SMA Excellent Al-Yasini yang tinggal di pondok pesantren. (3) hubungan antara penyesuaian diri dengan kemandirian belajar pada siswa kelas X SMA Excellent Al-Yasini yang tinggal di pondok pesantren.
Penelitian ini menggunakan paradigma penelitian kauntitatif dengan jenis penelitian kolerasional. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Excellent Al-Yasini yang tinggal di pondok pesantren. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Data yang diperoleh dari angket kemudian dianalisa validitas dan reliabilitasnya kemudian dikategorisasikan dan dilakukan analisis kolerasi product moment.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan terdapat hasil analisa siswa kelas X SMA Excellent Al-Yasini memiliki tingkat penyesuaian diri yang sedang dengan prosentase 74% dan memiliki tingkat kemandirian belajar yang sedang dengan prosentase 69%. Taraf signifikan kedua variabel tersebut adalah 0.000 (< 0.05) sehingga berkolerasi secara signifikan. Kolerasi antara penyesuaian diri dengan kemandirian belajar adalah 0.694 menunjukkan bahwa terjadi hubungan yang cukup signifikan antara penyesuaian diri dengan kemandirian belajar. Arah hubungan (r) adalah positif, artinya semakin tinggi tingkat dukungan penyesuaian diri maka semakin tinggi pula tingkat kemandirian belajar pada siswa kelas X SMA Excellent Al-Yasini yang tinggal dipondok pesantren.
ENGLISH:
The integration of education recently is used by the parents who want to search the schools for their children. Integrated education is a combination between formal education and informal education such as Islamic boarding school. The main problem is the students cannot manage their study and do not know the purpose of studying. The tenth graders do not have the learning independence which might be caused by low adaptation.
The researcher wants to analyze: (1) the level of adaptation of tenth graders in Excellent Al-Yasini Senior High School who stay in Islamic Boarding School. (2) the level of learning independence of tenth graders in Excellent Al-Yasini Senior High School who stay in Islamic Boarding School. (3) the relationship between adaptation and learning independence of tenth graders in Excellent Al-Yasini Senior High School who stay in Islamic Boarding School.
This research uses paradigm of quantitative research with the type of correlation research. The samples of this research all of the tenth graders of Excellent Al-Yasini Senior High School who stay in Islamic Boarding School. The data collection technique in this research uses questionnaire. The data collected from the questionnaire then is analyzed its validity and reliability and categorized and analyzed its correlation of product moment.
According to this research, the result of analysis shows that the tenth graders of Excellent Al-Yasini Senior High School have the intermediate level of adaptation of 74% and have the intermediate level of learning independence of 69%. The significance level of those two variables is 0.000 (< 0.05) means it has significance correlation. Correlation between adaptation and learning independence is 0.694 shows that there is a relationship between adaptation and learning independence. The direction of (r) relationship is positive, which means the higher support level of adaptation, the higher the level of independence of tenth graders of Excellent Al-Yasini Senior High School who stay in Islamic Boarding School.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mulyadi, Mulyadi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Penyesuaian Diri; Kemandirian Belaja; Adaptation; Learning Independence | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Ratih Novitasari | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2016 16:09 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2016 16:09 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3977 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |