Hajjarukmana, Ana (2014) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis Inquiry untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang materi pengelolaan wakaf di SMA Negeri 4 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10110077.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Berdasarkan informasi dari jurnal, dari pengamatan siswa dan sebagian besar guru pendidikan agama Islam, mata pelajaran PAI tersebut kurang diminati oleh para siswa. Mereka kurang bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran dalam mengikuti pelajaran Pendidikan Agama Islam. Banyak faktor yang mempengaruhi rendahnya pemahaman siswa dalam belajar, antara lain dari faktor itu sendiri, misalkan dalam kegiatan proses pembelajaran, pendekatan, strategi, metode atau model pembelajaran masih bersifat konvensial, seperti siswa belajar dari membaca buku, menghafal, dan mendapatkan informasi dari guru saja. maka pembelajaran cenderung berfokus pada guru. Sehingga tidak bisa meningkatkan pemahama siswa pada materi.
Tujuan dari pengamat disini yaitu dengan menggunakan metode inquiry ini bisa menjadikan meningkatnya pemahaman siswa pada materi dan khususnya tentang materi pengelolaan wakaf. Dan menjadikan peserta didik bisa berfikir kreatif, inovatif, mandiri dan mampu berfikir kritis. Dengan siswa diberi kesempatan mengamati sesuatu seperti ( benda, manusia, peristiwa) sehingga siswa bisa lebih memahaminya dengan pengalaman yang mereka dapat.
Dalam peneliti ini peneliti memilih pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif menghasilkan data deskriptif berupa ucapan, tulisan dan perilaku orang-orang yang diamati. Melalui penelitian kualitatif, peneliti dapat mengenali subjek dan merasakan pengalaman mereka dalam kehidupan sehari-hari. Karena data yang diperoleh berupa kata-kata atau tindakan, maka jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah jenis penelitian deskriptif,
Dari hasil penelitian ini, Dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis Inquiry itu bisa lebih meningkatkan pemahaman siswa dalam materi khususnya tentang pengelolaan wakaf ketika menggunakan metode Inquiry sehingga membuat siswa bisa berfikir kritis, efektif, inofatif dan mampu berfikir kritis, karna dengan metode inquiry siswa diberi kesempatan untuk observasi, atau untuk mencari atau mengamati sesuatu sendiri. Metode Inquiry dalam kegiatan belajar tidak semua bisa digunakan. Karna ada karakteristik sendiri metode inquiry untuk bisa digunakan dalam pembelajaran PAI. Dan dilihat dari hasil evaluasi pembelajaran, baik dengan guru mengasi pertanyaan, dan bisa jugga dengan lerning log, yang dilaksanakan di akhir pelajaran, sehingga bisa mengetahui tingkat pemahaman siswa dalam materi yang disampaikan.
ABSTRACT
Based on information from the journals, observation from the students and most teachers of Islamic education, PAI (Islamic) subjects is less attractive for the students. They have less eager to enroll in the learning process of Islamic subjects. Many factors affect the students’ lack of understanding, for example in learning activities, in approach, in strategy, in method or in learning model which is still conventional, such as students are learning by reading books, memorizing, and getting information only from the teacher. So that, learning process tends to focus on the teacher. This condition makes the students cannot improve their understanding toward the study content.
The purpose of the observer who uses inquiry method is increasing the students’ understanding toward the study content, especially the content about wakaf (endowment) management. It is also for making the students able to think creatively, innovatively, independently and critically. Students are given an opportunity to observe objects, people and events, so with this experience they are expected to have a better understanding toward the study content.
In this research, the researcher applies qualitative approach. Qualitative approach generates descriptive data in the form of speech, writing and the behavior of those who are observed. By applying qualitative approach, the researcher is able to identify the subjects and their experiences in an everyday life. Since the data obtained are in the form of words or actions, the type of this research is descriptive.
The results show that learning Islam based on inquiry enhances the students' understanding toward the study content, especially on the management of wakaf (endowment). It encourages students to think critically, effectively and innovatively because the inquiry method makes possible for the students to observe something directly by themselves. Not all of the inquiry methods are able to be applied in the learning process, because there are some characteristics of this inquiry which are able to use for support PAI (Islamic subjects) learning process. Study evaluating process is done by the questions of the teachers and by learning log which is run in the end of the study. These efforts are expected to increase the students’ understanding toward the study content given.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Amrullah, Abdul Malik Karim | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pembelajaran PAI; Berbasis Inquiry; meningkatkan pemahaman siswa; PAI (Islamic Subjects) Learning; Inquiry-Based; Increase the Students’ understanding | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2022 13:57 | ||||||
Last Modified: | 04 Aug 2022 13:57 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39767 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |